Kumpulan Cerita Hewan : Anjing Dan Kuda

No comment 4625 views

Cerita Fabel Anjing dan Kuda diambil dari kumpulan cerita hewan yang kami miliki. Cerita rakyat fabel ini sangat sederhana sehingga mudah diambil hikmah pesan moralnya. Cerita fabel terbaru ini cocok untuk anak usia anak dibawah lima tahun

Kumpulan Cerita Hewan : Kisah Anjing dan Kuda

Disebuah lumbung padi terdapat seekor anjing dan seekor kuda sebagai binatang peliharaan seorang petani, anjing sering sekali digunakan untuk menjaga lahan pertanian dan lumbung petani dari pencuri dan hewan pengganggu. Lalu sang kuda digunakan sebagai kendaraan dan tempat membawa peralatan petani ketika pergi ke sawah maupun pulang ke sawah. Sang anjing dan sang kuda ini tinggal dalam satu kandang yang cukup besar untuk mereka berdua, kandang ini terletak tidak jauh dari rumah petani. Karena mereka sudah lama saling kenal mereka menjadi teman yang sangat baik mereka terkadang bermain bersama sedang tidak bertugas.

Kumpulan Cerita Hewan Anjing Dan Kuda

Kumpulan Cerita Hewan Anjing Dan Kuda

Suatu malam petani pergi ke luar rumah sambil membawa kayu bakar yang banyak dan petani ini dibantu oleh temannya, mereka akan membuat sebuah pembakaran seperti api unggun sambil berbincang-bincang. Api itu tidak besar seperti api unggun, apinya digunakan oleh petani untuk membakar ikan dan ubi. Setelah selesai petani dan kawannya berbincang mereka meninggalkan perapian itu, anjing dan kuda melihat dan mencium aroma sedap dari luar mereka lalu keluar kandang dan menghampiri perapian itu.

Namun si petani hanya meninggalkan kacang kastanye dan itupun karena petani lupa membawanya. Sang anjing dan sang kuda saat itu merasa lapar sekali kemudian sang kuda mempunyai ide untuk membakar kacang katsanye itu, sang kuda meminta untuk sang anjing memasukan kacang katsanye itu dengan mendorong-dorong menggunakan kakinya. Lalu sang anjingpun melakukannya dengan baik, dia mendorong-dorong kacang hingga masuk ke perapian.

Ketika semua kacang katsanye itu dimasukan kedalam perapian mereka menunggu dan menunggu sambil duduk berdampingan, lalu kedua hewan itu saling tengok dengan bingung dan sang kuda mengatakan “bagaimana cara mengeluarkan kacang katsanye itu dari perapian, aku akan sangat senang jika memiliki kaki seperti dirimu, akan aku tarik kacang katsanye itu keluar dari perapian.” sang anjing menjawab “kau ini hanya alasan saja yang kau bicarakan padaku, baiklah akan aku keluarkan seluruh kacang katsanye itu dari perapian.” lalu sang anjing mendekati perapian itu sambil mengulurkan kaki depannya ke arah perapian.

Sang anjing mengeluarkan satu persatu kacang katsanye itu dengan kaki depan yang melepuh namun ketika sang anjing mengeluarkan kacang itu satu persatu, di belakang sang kuda mengambil dan mengunyahnya dengan sangat tenang dan asik sambil berkata: ”ayo terus keluarkan kacang itu dari perapiannya.” tidak lama kemudian selesailah sang anjing mengeluarkan kacang katsanye itu, lalu dia menoleh ke belakang dan melihat sang kuda menghabiskan kacang katsanye itu.

Saat itulah sang anjing marah kepada sang kuda dan dia tidak mau lagi berurusan dengan sang kuda, karena sang kuda telah menipunya.

Pesan moral dari Kumpulan Cerita Hewan : Anjing Dan Kuda adalah orang yang licik dan curang lambat laun akan ditinggalkan oleh teman-temannya. Oleh karena itu hidarilah sifat curang seperti yang ditunjukan si Kuda.

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.