Judul Cerita Dongeng Terkenal dari Meksiko

34 views
Advertisements

Kami memiliki beberapa judul cerita dongeng terkenal yang berasal dari Meksiko. Salah satu yang paling kami sukai adalah Katak Penyanyi. Cerita rakyat Meksiko ini mengajarkan kita untuk mencintai dan tidak menyakiti binatang. Yuk kita baca dongeng rakyat Meksiko ini agar bisa mengambil hikmah yang ada didalamnya.

Judul Cerita Dongeng Terkenal Meksiko : Katak Penyanyi

Setiap pagi, petani selalu mengamati perkembangan ladang jagungnya. Ia melihat pohon jagungnya sudah mulai menguning.

"Sebentar lagi aku akan memanennya," ucap si petani dalam hati.

Keesokan harinya, saat petani melihat ladang jagungnya, ia sangat terkejut. Ada yang sudah merusak ladangnya itu. Betapa marahnya si petani.

Advertisements

Ia segera menyuruh ketiga putranya untuk menjaga ladang jagung setiap malam secara bergantian.

Putra pertama pergi ke ladang dengan membawa bolu jagung dan senapannya. Di perjalanan, dia melihat sebuah sumur, dan duduk di dekat sumur tersebut. Tiba-tiba, seekor katak datang dan meminta secuil bolu jagung milik putra pertama itu.

Judul Cerita Dongeng Terkenal
Judul Cerita Dongeng Terkenal

Tetapi, putra pertama tak menghiraukan Si katak.

Katak kemudian menyanyi dengan sangat keras.

"Hai, katak penganggu! Kamu berisik sekali! Diamlah. aku sedang mengintai siapa pencuri jagung-jagung milik ayahku.” bentak putra pertama.

Namun, katak terus menyanyi. Hal itu membuat Si putra pertama marah. Ia pun melemparkan katak ke sumur.

Advertisements

Sudah beberapa malam si putra pertama duduk di tepi ladang, tetapi dia tidak menemukan apa pun. Namun putra pertama sangat terkejut ketika pada pagi hari dia menemukan banyak jagung yang telah dimakan dan dirusak.

Akhirnya, dia pulang dengan bersedih karena tidak berhasil menangkap pencuri itu.

Kemudian, sang ayah menyuruh putra keduanya untuk menjaga ladang jagung itu. Setibanya di dekat sumur, si putra kedua bertemu dengan seekor katak yang sedang menyanyi.

"Kamu sangat berisik. Diamlah! Jika kamu tak mau diam, aku akan menendangmu ke sumur!' bentaknya kepada si katak.

Sepanjang malam putra kedua itu mengawasi, tetapi dia tidak melihat apa pun. Anehnya, pagi harinya dia melihat banyak jagung telah dimakan dan dirusak.

Besok malamnya, si petani menyuruh anak ketiganya untuk menjaga ladang jagung itu. Putra ketiga berjalan hingga sampai di dekat sumur. Ia pun bertemu dengan katak yang sedang menyanyi.

"Suaramu begitu indah,” ujar si putra ketiga.

Advertisements

"Terima kasih. Bolehkah aku meminta sedikit bolu jagungmu?" tanya si katak.

"Tentu saja, makanlah bolu ini.” kata putra ketiga sambil memberikan bolunya.

Karena kebaikan Si putra ketiga, katak jadi ingin menolongnya. Katak lantas memberi tahu si putra ketiga bahwa di dalam sumur, terdapat zamrud ajaib. Zamrud tersebut bisa mengabulkan permintaan.

"Kamu boleh mengajukan tiga permintaan kepada zamrud ajaib itu. Caranya, kamu menunduk dan menatap air sejuk itu. Apa pun dan siapa pun yang kamu minta akan dikabulkan," jelas katak.

Dengan suara yang keras, si putra ketiga meminta seorang istri yang cantik, sebuah rumah yang megah di dekat sumur, dan ia bisa menangkap pencuri jagung itu. Lalu, pemuda itu pergi ke ladang sembari membawa katak yang dia letakkan di bahunya.

Matahari memunculkan sinarnya. Si putra ketiga melihat seekor burung putih turun ke ladang. Si katak memberi tahu si putra ketiga, bahwa burung putih itu adalah seorang putri cantik yang telah disihir.

Putra ketiga pun segera mengambil burung putih tersebut dan dibawanya pulang ke rumah.

"Burung ini yang telah mencuri jagung kita," lapornya kepada sang ayah.

Putra pertama dan kedua berniat jahat kepada burung putih itu, tetapi si putra ketiga dengan sigap mencegahnya. Dia ingin memelihara dan menjaga burung putih itu.

Esok paginya, si putra ketiga membawa si katak dan burung putih untuk hidup di dekat sumur. Olala, di dekat sumur sudah berdiri sebuah rumah yang indah. Putra ketiga sangat takjub melihatnya.

Tak lama kemudian, burung putih berubah menjadi putri yang cantik. Si putra ketiga seketika jatuh cinta kepadanya.

Akhirnya, mereka menikah. Dengan demikian. seluruh permintaan si putra ketiga sudah terkabulkan.

Pesan moral dari Judul Cerita Dongeng Terkenal adalah jangan pernah menyakiti makhluk lain, maka Tuhanpun akan menyayangimu dan membantumu disaat kamu sedang kesusahan.

Baca judul dongeng cerita rakyat terbaik lainnya yaitu:

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.