Fabel Dongeng Cerita Kancil dan Harimau

Kamu pasti sudah tidak asing kan dengan si Kancil yang cerdik. Cerita Kancil dan Harimau akan mengisi waktu kalian sebelum tidur. Dongeng Kancil dan Harimau ini akan bercerita tentang harimau yang suka berbohong bertemu dengan Kancil yang cerdik. Apakah kali ini si Harimau berhasil memangsa si Kancil? Yuk kita sama-sama ikuti cerpen kancil yang kakak ambil dari kumpulan cerita kancil berikut ini.

Kumpulan Dongeng Cerita Kancil dan Harimau (Fabel Terbaik)

Suatu hari seekor Harimau terjebak oleh perangkap para Pemburu. Ia di masukkan kedalam kandang yang sangat kuat. Kandang tersebut di kunci dengan gembok. Sementara si Pemburu kembali ke dalam hutan mencari hewan lainnya. Pemburu menyuruh seekor Kera untuk mengawasi Harimau dalam kandang. ‘’ Ingat, jangan sampai lepas Harimau ini!’’. Kata si Pemburu setelah itu langsung kembali ke dalam hutan.

Harimau melihat yang mengawasinya hanya seekor Kera, ia pun mendekat dan berusaha merayu agar si Kera dapat membebaskannya, dengan alasan ingin menghirup udara segar sebentar.

‘’ Maap Harimau! Aku tidak berani melawan perintah majikanku!’’ kata si Kera.

‘’ Hanya sebentar saja ko. Aku pasti langsung kembali ke dalam kandang ini, kau tidak usah khawatir teman! Jika kau melepaskanku meskipun hanya sekejap, aku akan mengumumkan untuk tidak ada yang memangsa bangsa Kera. Sehingga kau bebas keluar masuk hutan’’ jawab si Harimau menyakinkan.

Mendengar yang di katakana Harimau, Kera pun mulai terpengaruh namun ia masih takut. Tak lama kemudian ia langsung mengambil kunci dan membukakannya. Harimau langsung keluar dengan sangat senang.

‘’ Ayo, sekarang kita pergi jalan-jalan untuk mencari udara segar. Aku akan memperkenalkanmu dengan teman-temanku, agar tidak ada yang berani mengganggumu!’’ Ujar si Harimau.

‘’ Baiklah. Tapi, jangan terlalu lama. Aku sangat takut majikanku segera kembali.’’ Kata Kera.

‘’ Kau tenang saja!’’ kata Harimau.

Kera hanya mengikuti ajakan Harimau. Tanpa terasa ia dan Harimau berjalan cukup jauh dari kandang.

‘’ Sepertinya kita berjalan sudah sangat jauh. Ayo kembali ke kandang!’’ kata Kera.

‘’ Kau tidak perlu khawatir. Sebentar lagi kita akan kembali.’’ Jawabnya

‘’ Harimau, waktunya kita kembali.’’ Ajak Kera.

‘’ Ah sebentar lagi! Kita belum bertemu dengan teman-temanku.’’

‘’ Ingat janjimu! Kau aku ijinkan keluar hanya untuk mencari udara segar! Ayo sekarang kita kembali ke tempat majikanku. Mungkin majikanku sudah kembali.’’

‘’ Hahaa. Dasar kau Kera bodoh! sudah berhari-hari aku ada dalam kandang, kau dan majikanmu sama sekali tidak memberiku makan, sekarang perutku sangat lapar. Dan aku akan aku jadikanmu sebagai santapanku siang ini.’’ harimau langsung menerkam si Kera.

‘’ Kau sudah berjanji!’’ protes Kera.

‘’ Hahaa, aku tidak pernah berjanji. Kau yang terlalu bodoh gampang aku tipu! Saat ini aku kelaparan dan ingin mengisi perutku!’’ kata Harimau

‘’ Dasar kau pembohong! Ini tidak adil.’’ Sahut Kera.

‘’ Hahaa. Tidak adil kau bilang? Aku bisa melakukan apapun di sini. Siapapun tahu Harimaulah raja hutan! Hahaa’’ ujarnya.

‘’ Aku sudah menolongmu, sekarang kau mau mencelakaiku?’’

‘’ Hahaa, aku tidak peduli!’’ jawabnya.

Beberapa menit kemudian, Kancil lewat sambil bersenandung. Namun, ia berhenti sejenak karena mendengar Kera meminta tolong. Ia pun langsung melihat, ternyata Kera yang sedang di terkam Harimau. Ia mengerti akal busuk Harimau.

Kancil pun menghampiri mereka dan bertanya.

‘’ Sedang apa kalian di sini? Kenapa kau menerkam Kera?’’ kancil pura-pura tidak tahu.

‘’ Haha, kenapa kau ada disini Cil? Kau tidak tau aku sedang apa?’’ kata Harimau.

‘’ Aku kan baru saja sampai. Bagaimana aku tahu! Sekarang kalian jelaskan apa yang kalian lakukan.’’ Jawabnya santai.

Kera langsung menjelaskan situasinya. Mendengar penjelasan Kera, Kancil langsung mempunyai ide. Namun, ia pura-pura tidak mengerti dan meminta mereka memeragakan langsung kejadian tersebut. Kancil langsung mengajak Kera dan Harimau kembali ke kandang. Awalnya Harimau sangat menolak. Namun, Kancil terus menyakinkannya. Akhirnya, Harimau setuju.

‘’ Baiklah. Setelah tiba di kandang aku akan memakan kau dan Kera bodoh ini!’’

Ketika tiba di tempat majikan Kera. Kancil meminta Harimau memeragakan kejadian tersebut.

‘’ Ayo Harimau, kau peragakan. Supaya aku dapat mengerti dan kau segera memangsaku.’’ Kata si Kancil

Kera dan Harimau setuju. Harimau langsung masuk kedalam kandang. Setelah Harimau masuk kedalam kandang. Kera langsung menggembok kembali kandang tersebut.

‘’ Akhirnya selesai juga masalah ini’’ kata si Kancil senang.

‘’ Selesai? Apa yang kau maksud Cil?’’ protes Harimau.

Kancil sama sekali tidak mempedulikan Harimau. Ia langsung menghampiri Kera.

‘’ Hei Kera, Lain kali kau jangan mudah terpengaruh rayuan binatang! Apalagi Harimau.’’ Ujarnya .

‘’ Baiklah Cil. Lalu bagaimana dengan Harimau?’’ Tanya Kera.

‘’ Kau akan membuka gemboknya lagi? Setelah kau lepaskan ia langsug menerkamu lagi? Jawab Kancil.

‘’ Tentu saja tidak Cil. Aku tidak akan mengulangi kebodohanku lagi. Aku akan mematuhi perinta majikanku saja.’’

‘’ Baiklah. Sekarang ayo kita pergi. Kau jangan dekat-dekat dengannya. Jangan dengarkan rayuannya biarkan dia berada di dalam kandang.’’ Kata Kancil.

‘’ Hei Kancil. Mau kemana kau? Lepaskan aku.’’ Harimau menggeram sangat marah.

‘’ Ada apa kau memanggilku Harimau?’’ Tanya Kancil mendekat

‘’ Kau sudah menipuku! Ini tidak adil.’’ Jawab Harimau sangat marah.

‘’ Yang kau lakukan apa adil? Kau sudah di tolong Kera tapi kau malah mengancam akan memakannya! Apakah itu adil? Kata Kancil santai.

‘’ Kancil. Aku akan membunuhmu!’’ jawabnya semakin marah.

‘’ Ayo coba saja jika kau bisa!’’

Sebelum Kancil melanjutkan perjalanannya. Kera mengucapkan terima kasih karena Kancil sudah menolongnya. Kera memberikan tiga buah Pisang. Kancil menerimanya dan langung pergi.

Pesan moral dari Fabel Dongeng Cerita Kancil dan Harimau adalah tepati janji yang telah kita ucapkan maka kita akan dihargai oleh orang lain. Orang yang suka berbohong pasti dibenci oleh orang disekitarnya.

Baca cerita dongeng pendek menarik lainnya pada artikel kami Fabel Rakyat : Dongeng Cerita Kancil dan Harimau dan Cerita Rakyat Fabel : Kancil Menipu Buaya

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.