Fabel Cerita Dongeng Kancil dan Serigala

8247 views

Cerita dongeng kancil yang cerdik sudah sering kakak ceritakan di blog kesayangan kita ini. Pada cerita dongeng si kancil kali ini, dia bertemu dengan serigala yang kelaparan. Apakah si Kancil berhasil memperdayai Serigala yang kuat, atau justru dia menjadi santapan lezat sang serigala? Untuk tahu jawabannya, adik-adik harus membaca cerita ini sampai selesai. Selamat membaca.

Fabel Anak : Cerita Dongeng Kancil dan Serigala

Suatu hari, ada seekor Serigala yang sedang asik duduk di tepi sungai. Ia bersandar di akar pohon, kerena kelelahan mencari makanan. Akhirnya, ia pun tertidur. Namun, tiba-tiba ia mendengar suara Krakk…

Sang Serigala pun terbangun dari tidurnya. Ia melihat ke sekeliling. Ia pun segera mencari asal suara tersebut. Ternyata, suara tersebut berasal dari sebuah ranting yang jatuh dan terinjak oleh si cerdik Kancil. Melihat si Kancil, Serigala yang sedang kelaparan itu sangat senang. Ia pun perlahan mendekati Kancil.

Kancil mengetahui dirinya dalam bahaya, ia pun langsung melarikan diri dan bersembunyi di balik semak-semak. Serigala langsung mengejarnya

Dongeng Cerita Si Kancil Mencuri Timun

Dongeng Cerita Si Kancil Mencuri Timun

. Karena Kancil terus berlari. Akhirnya, serigala memanggilnya.

‘’ Kancil kemarilah! Ayo berhenti, aku tidak akan menyakitimu!.’’ teriak Serigala.

Kancil tidak mendengarkan teriakan Serigala. Ia terus berlari sampai kelelahan. Akhirnya, Serigala sudah bisa menyusulnya. Melihat Serigala sudah berada di hadapannya, Kancil pun merasa ketakutan. Ia langsung mencari akal untuk mengelabui sang Serigala.

Karena Kancil adalah binatang yang sangat cerdik. Ia pun segera mendapatkan akal untuk meloloskan diri dari Serigala.

‘’ Ada apa Tuan Serigala? Sudah lama kita tidak bertemu.’’ Kancil bertanya dengan santai.

‘’Sudah lama aku mencarimu kesana kemari. Sekarang jangan banyak omong lagi. Sudah saatnya kau menjadi santapanku hari ini. Aku adalah raja hutan. Siapa saja harus tunduk di bawah perintahku.’’

‘’ Raja hutan? Siapa ? kau Raja hutan ini? Sebelum aku sampai kesini, aku pergi untuk mencari minum di sebuah danau. Aku bertemu dengan seekor Seigala yang sangat gagah perkasa. Ia mengaku sebagai Raja hutan. Serigala tersebut pun ingin memangsaku seperti kau saat ini. Namun, karena aku kehausan. Akhirnya, aku meminta ijin untuk minum dan kembali menemui dia. Jika kamu ingin memangsaku, sebaiknya kamu mengalahkannya. Karena dagingku terlalu sedikit untuk di bagi menjadi dua.’’ Kata Kancil menjelaskan

‘’ Benarkah? Siapa yang berani mengaku sebagai Raja di hutan ini? Di mana dia sekarang?’’ Tanya Serigala geram.

‘’ Raja hutan tinggal di sebuah sumur yang sangat dalam di tengah hutan.’’ Jawab Kancil.

‘’ Antarkan aku kesana! Aku akan mengalahkannya. Setelah aku mengalahkannya, kau harus berjanji tidak akan melarikan diri dan menjadi santapanku hari ini.’’ Kata sang Serigala.

‘’ Baiklah baik Serigala. Ayo ikuti aku!’’ jawab si Kancil.

Akhirnya, si Kancil berjalan berjalan di depan Serigala. Mereka berjalan dengan jarak yang cukup jauh. Mereka pun sampai di tempat tujuan. Terlihat sebuah sumur yang tidak terurus dan di penuhi dengan rumput-rumput yang sangat tinggi. Mereka mendekati sumur tersebut.

‘’ Ini sumur tempat tinggal Raja Serigala yang aku ceritakan. Ia sangat gagah dan tangguh. Aku ragu kau dapat mengalahannya. Kau bisa langsung bertemu dengannya’’ Kata si Kancil.

Serigala pun berjalan lebih mendekat dengan sumur tersebut. Ia menengok ke bawah dengan sangat berhati-hati. Ia sangat terkejut melihat seekor Serigala berada dalam sumur tersebut. Serigala pun langsung ‘’Mengauuungg’’ dengan sangat keras. Namun, ia pun mendengar suara ‘’ Aungan’’ dari dalam sumur. ‘’ Aungan’’ tersebut terdengar lebih keras darinya.

Mendengar suara ‘’ Aungan’’ Serigala di dalam sumur. Membuatnya sangat marah. Tanpa pikir panjang, karena sangat marah. Ia pun langsung melompat kedalam sumur.

Terdengar suara yang menggema dari dalam sumur. Tiba-tiba, dalam sekejap air yang awalnya sangat jernih berubah menjadi keruh. Di dalam sumur yang sangat dalam tersebut, Serigala tidak dapat menemukan Serigala lainya selain dirinya sendiri. Seigala pun menyadari bahwa dirinya lagi lagi tertipu dengan ucapan binatang yang cerdik si Kancil.

‘’ Hei Kancil!! Ternyata kau menipuku! Awas kau nanti.’’ Kata Serigala yang marah.

‘’ Hahaa, Bagaimana Raja hutan? Apakah sudah berhasil mengalahkannya?’’ jawab Kancil dan meninggalkan Serigala di dalam sumur.

Serigala terus berusaha untuk keluar dari dalam sumur. Ia pun berenang sampai kehabisan tenaga. Karea kelelahan dan usahanya tidak membuahkan hasil. Akhirnya, tubuhnya tengelam ke dalam sumur. Sementara Kancil dengan gembira melanjutkan perjalanan

Pesan moral dari Fabel Cerita Dongeng si Kancil dan Serigala adalah gunakan akal pikiranmu untuk bisa mengatasi setiap masalah yang kamu hadapi. Jangan mudah menyerah dan putus asa, pada dasarnya setiap masalah pasti ada solusinya.

Baca dongeng sikancil lainnya pada artikel berikut ini Cerita Anak Indonesia : Petualangan Si Kancil Yang Cerdik dan Fabel Cerita Rakyat : Kisah si Kancil Mencuri Mentimun

 

 

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.