Dongeng Pendek Bulgaria : Putri Rose Berambut Merah

Dongeng pendek dari negara Bulgaria kali ini adalah cerita rakyat Bulgaria yang sangat populer. Dongeng pendek anak ini sangat terkenal dan di ceritakan dari mulut kemulut sampai tersebar ke seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu sangat sayang jika kalian tidak membaca terjemahan dongeng pendek bahasa inggris ini sampai selesai.

Kumpulan Dongeng Pendek Bulgaria : Putri Rose Berambut Merah

Pada jaman dahulu di sebuah kerajaan di negara Bulgaria, hiduplah seorang putri yang sangat cantik. Putri itu bernama Putri Rose. Ia memiiiki rambut merah yang indah. Putri Rose juga bersuara merdu dan baik hati. Penghuni istana sangat suka dengan suaranya yang merdu itu.

Setiap sore, Putri Rose berdiri di balkon istana untuk bernyanyi. Saat itulah, burung emas akan datang dan menemani Putri Rose. Burung itu akan berdiri di pundak Putri Rose, bergembira mendengarkan nyanyian Putri Rose yang sangat merdu.

Dongeng Pendek Bulgaria Putri Rose Berambut Merah

Ajaibnya, saat Putri Rose bernyanyi, rambut merah Putri Rose akan bersinar dengan sangat indah. Keajaiban lainnya yaitu penghuni istana akan bermimpi indah setelah mendengar nyanyian Putri Rose tersebut. Hal itu membuat seorang penyihir jahat iri.

Hal ini karena banyak orang menyukai Putri Rose, sementara dirinya tak disukai siapa pun. Penyihir jahat itu pun mendatangi Putri Rose.

“Aku akan mengubah rambutmu menjadi hitam pekat,” seru penyihir jahat.

Seketika, rambut Putri Rose berubah menjadi hitam pekat. Putri Rose menjadi sangat sedih. Rambutnya tak lagi bersinar seperti dulu. Bahkan saat dirinya bernyanyi, nyanyiannya tak lagi seindah dulu. justru, nyanyiannya membuat penghuni istana bermimpi buruk.

“Aku ingin rambutku kembali lagi seperti semula,” ujar Putri Rose, murung.

“Celupkan rambut hitammu di air yang ada bunga mawarnya. Rambutmu akan kembali seperti semula,” ucap burung emas tiba-tiba.

Putri Rose lalu memetik beberapa mawar di taman istana. Ia menaruh mawar itu di dalam sebuah baskom yang berisi air: Kemudian, ia mencelupkan rambutnya ke dalam air itu. Olala, rambut Putri Rose kembali menjadi merah mengikiap. Sungguh terlihat indah.

“Terima kasih, burung emas. Kau memang teman terbaikku," ucap Putri Rose.

Mengetahui hal tersebut, penyiihir jahat menjadi kesal. Ia tak menyangka jika sihirnya bisa dimusnahkan dengan air bunga mawar. Putri Rose lalu bernyanyi di balkon istana kembali.

Wah, rambut Putri Rose kembali bersinar amat indah. Penghuni istana dan rakyatnya pun bisa menikmati suara Putri Rose yang merdu kembali.

Penyihir jahat sangat kesal, karena Putri Rose bisa kembali memiliki rambut merah yang bersinar.

Penyihir itu pun kembaii menyihir rambut Putri Rose menjadi hitam legam. Agar tak ada penawar untuk sihirnya, penyihir jahat itu menghilangkan seluruh bunga mawar di negeri itu.

“Aku tak akan bisa memiliki rambut indah lagi. Hari-hariku akan menyedihkan,” ucap Putri Rose. Putri Rose berdiri di balkon istana. Namun ia berdiri di sana bukan untuk bernyanyi, melainkan untuk menangis. Burung emas juga bersedih melihat keadaan Putri Rose.

Tak lama kemudian, datang seorang pangeran. Olala, pangeran itu membawa sehelai rambut merah Putri Rose. Saat air mata Putri Rose terjatuh, pangeran menaruh sehelai rambut itu pada air mata Putri Rose. Tiba-tiba, sehelai rambut itu berubah menjadi setangkai mawar.

“Ambilah mawar ini untuk menghilangkan sihir yang ada padamu,” ucap pangeran.

Putri Rose segera mengambil baskom berisi air dan menaruh bunga mawar itu di dalamnya. Aha! Putri Rose kembali memiliki rambut merah yang bercahaya.

“Dari mana kau mendapatkan sehelai rambut Putri Rose?" tanya Raja. Pangeran itu lalu menjelaskan bahwa dirinya adalah teman Putri Rose sewaktu kecil. Saat kecil dahulu, Putri Rose pernah memberikan sehelai rambut kepadanya. Kini, pangeran itu hendak mempersunting Putri Rose menjadi istrinya. Namun, ternyata ia datang ke istana saat Putri Rose sedang kesulitan.

Akhirnya, Putri Rose menikah dengan pangeran itu. Mereka hidup sangat bahagia. Rupanya, cinta sejati Putri Rose dan pangeran membuat kutukan si penyihir kembali kepada si penyihir sendiri. Alhasil, penyihir jahat itu hancur seketika.

Kini, semua penghuni istana menjadi sangat gembira. Mereka bisa kembali menikmati suara Putri Rose yang merdu, tanpa adanya penyihir jahat yang mengganggu.

Pesan Moral dari dongeng pendek sebelum tidur ini adalah

  1. Jika berbuat usil pasti kena batunya sendiri. Jadi jangan suka usil ya!
  2. Ketika temanmu memiliki masalah, bantulah dia.

Temukan dan kunjungi juga kami di facebook dan yotube yaitu https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/  dan https://www.youtube.com/channel/UC_ay1jdDqXucE6Gk7FhVz5Q

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.