Dongeng Cerita Pendek Bahasa Indonesia dari Cina

2149 views

Dongeng Cerita Pendek Bahasa Indonesia yang kami posting di hari ini sama seperti posting sebelumnya yaitu cerita rakyat yang berasal dari negara tirai bambu. Seperti cerita rakyat Cina sebelumnya, dongeng kali ini pun mengandung pesan moral yang baik untuk dipetik. Ini dia cerita lengkapnya.

Dongeng Cerita Pendek Bahasa Indonesia : Jadi Diri Sendiri

Di sebuah desa di Tiongkok, hiduplah seorang gadis yang cantik jelita bernama Mey-mey. Mey-mey menjadi bunga desa. Semua pemuda di sana mengaguminya. Meskipun ia sangat cantik, Mey-mey memiliki kebiasaan yang buruk. Ia suka mengerutkan keningnya. Tapi, kebiasaan itu justru membuat para pemuda semakin tertarik kepadanya.

Dongeng Cerita Pendek Bahasa Indonesia dari Cina
Dongeng Cerita Pendek Bahasa Indonesia dari Cina

"Mey-mey sungguh gadis yang sangat cantik, seperti titisan dewi," ucap salah satu pemuda yang tengah duduk di sebuah warung. Pemuda yang lain setuju dengan temannya itu.

Namun, gadis lain yang juga sedang berbelanja di warung itu, merasa heran. Mengapa semua pemuda mengagumi Mey-mey? Padahal, menurutnya Mey-mey biasa saja. Justru, menurutnya Mey-mey aneh, karena mempunyai kebiasaan mengerutkan kening.

Gadis itu pun pulang dari warung sambil terus berpikir. Ia juga ingin menjadi perhatian para pemuda.

cara bisnis online

"Apa aku mengikuti gaya Mey-mey saja?" pikir gadis itu.

Sejak saat itu, si gadis mengikuti gaya Meymey yang suka mengerutkan kening.

Suatu hari, gadis itu hendak pergi ke warung. Di jalan, ia bertemu dengan seorang pemuda. Dengan penuh percaya diri, ia mengerutkan kening, persis seperti Mey-mey. Tapi, bukannya pemuda itu tertarik kepadanya, pemuda itu justru berbalik badan dan bergegas meninggalkannya.

"Apakah kerutan keningku kurang?" pikir gadis itu, bingung.

Sesampainya di warung, ada banyak pemuda di sana. Gadis itu pun kembali mengerutkan keningnya. Tapi, para pemuda justru berlari tunggang-langgang. Olala, mereka takut kena marah gadis itu. Melihat hal tersebut, pemilik warung menjadi marah. Ia menganggap jika gadis itu telah membuat takut pembelinya.

Gadis itu pun menjadi sedih. Ia lalu pergi ke rumah temannya, dan menceritakan apa yang baru dialaminya.

Mendengar cerita gadis itu, temannya justru tertawa terbahak-bahak. Ia pun memberi penjelasan kepada gadis itu.

"Jadilah diri sendiri. Itu jauh lebih baik, daripada meniru orang lain. Lagi pula, Mey-mey memang sangat cantik. Mau seperti apa pun dia, tetap saja ia sangat cantik," ucap temannya.

Gadis itu pun sadar, memang lebih baik menjadi diri sendiri. Ia tak perlu repot-repot menjadi orang lain, karena orang yang tulus akan menyukai diri kita yang sesungguhnya.

Pesan moral yang dapat diambil dari Dongeng Cerita Pendek Bahasa Indonesia : Jadi Diri Sendiri adalah jadilah diri sendiri. Orang yang tulus pasti akan menerima kita apa adanya.

Baca juga cerita dongeng pendek terbaik yang pernah kami posting kumpulan dongeng anak

Dan jangan lupa ikuti kami di facebook yah https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.