Dongeng Anak Spanyol : Mogu dan Pohon Pengetahuan

Dongeng anak spanyol yang kakak posting kali ini harus menjadikan penyemangat kalian untuk tambah rajin belajar yah. Dengan belajar kamu akan menjadi tambah pintar dan bisa menyelesaikan berbagai masalah.

Dongeng Anak Spanyol : Kisah Mogu dan Pohon Pengetahuan

Mogu anak yang rajin belajar. Dia selalu mencari tahu tentang ilmu pengetahuan.

Suatu hari, Mogu tersesat di hutan. Ketika sedang mencari jalan pulang, dia melihat sebuah pohon. Pohon itu dapat berbicara.

“Aku adalah pohon pengetahuan. Banyak orang yang mencariku, namun tidak berhasil. Hanya orang baik yang bisa menemukanku. Kemarilah, aku akan mengajarimu berbagai macam pengetahuan,” kata pohon itu.

Advertising
Advertising

Akhirnya, Mogu banyak belajar dari pohon pengetahuan. Mogu tumbuh menjadi pemuda yang memiliki pengetahuan luas.

Setelah banyak belajar, Mogu pergi mengembara. Dia ingin menggunakan pengetahuannya untuk membantu orang lain.

Suatu hari, Mogu melamar bekerja di istana. Sebelumnya, dia harus mengerjakan ujian terlebih dulu. Mogu pun lulus dengan nilai bagus.

Raja sangat kagum dengan kepandaian Mogu. Dia lalu menguji Mogu. Raja menyuruh Mogu membuat api tanpa memakai pemantik api

Mogu lalu mengumpulkan setumpuk daun kering. Setelah itu, dia mengeluarkan cermin cembung. Mogu memantulkan sinar matahari ke daun kering menggunakan cermin cembung.

Tidak lama kemudian, daun kering itu terbakar. Raja pun semakin kagum pada Mogu.

Raja lalu bertanya, “Aku pernah mendengar tentang pohon pengetahuan. Apakah kau tahu tempatnya di mana? Kalau tahu, bawalah aku ke sana.”

“Baiklah, hamba akan mengantar Baginda ke tempat pohon pengetahuan,” jawab Mogu.

Akhirnya, Mogu dan raja pergi ke hutan. Sesampainya di depan pohon pengetahuan, raja bertanya, “Bagaimana caranya supaya aku menjadi raja yang bijaksana?”

“Caranya dengan selalu mendengar isi hati rakyat, selalu berbuat adil, dan tidak mudah berprasangka buruk,” jawab pohon pengetahuan.

Raja pun menuruti pesan pohon pengetahuan. Kini, raja semakin bijaksana. Rakyatnya hidup dengan aman dan bahagia.

Pesan moral yang bisa di petik dari Dongeng Anak Spanyol : Mogu dan Pohon Pengetahuan adalah Rajin Belajar. Tuntutlah ilmu setinggi-tingginya. Kita bisa belajar dari mana saja dan dari siapa saja.

Baca juga Cerita Rakyat Eropa Dari Prancis dan Spanyol serta Kumpulan Cerita Legenda Rakyat dari Spanyol