Definisi Cerita Rakyat, Jenis, Unsur serta Contoh Dengan Pesan Moral Terbaik

Definisi atau Pengertian Cerita rakyat berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online adalah sebagai berikut

Cerita rakyat adalah cerita dari zaman dahulu yang hidup di kalangan rakyat dan diwariskan secara lisan.

Berdasarkan definisi dari arti cerita rakyat atau folklore tersebut banyak ahli menyebut bahwa cerita rakyat adalah karya sastra lisan.

Pengertian diatas sesuai dengan definisi dari Suripan Sadi Hutomo (1991). Untuk lebih jelas mengenai defisini tersebut sudah pernah kami bahas sebelumnya pada posting berikut ini

Definisi Cerita Rakyat, Jenis, Unsur serta Contoh Dongeng Anak Dengan Pesan Moral Terbaik

Pengertian Cerita Rakyat

Cerita rakyat yaitu cerita atau kisah yang asal muasalnya bersumber dari masyarakat serta tumbuh berkembang dalam masyarakat di masa yang lampau.

Cerita ini menjadi ciri khas (tradisi/budaya) pada bangsa (kota/tempat) tersebut, yang mempunyai kultur budaya dengan keaneka ragaman termasuk didalamnya khasanah kekayaan budaya serta sejarah pada setiap bangsa (kota/tempat) yang diceritakan.

Biasanya, cerita rakyat bercerita mengenai suatu peristiwa pada suatu tempat sehingga menjadi legenda asal muasal tempat tersebut. Tokoh yang berperan pada cerita rakyat biasa berwujud manusia, binatang, maupun para dewa.

Untuk lebih jelas mengeni hal ini dapat dilihat pada posting kami Pengertian Cerita Rakyat

Unsur-Unsur Instrinsik Dalam Cerita Rakyat

1. Tema

Tema merupakan inti persoalan yang menjadi dasar dalam sebuah cerita. Oleh karenanya, agar bisa mendapatkan tema dalam sebuah cerita, pembaca tentunya harus membaca cerita tersebut hingga selesai.

Definisi Cerita Rakyat
Definisi Cerita Rakyat

Tema pada cerita rakyat akan dikaitkan dengan pengalaman kehidupan. Biasanya tema cerita rakyat mengandung elemen alam, kejadian sejarah, kesaktian, dewa, misteri, hewan, dll.

2. Latar atau setting pada cerita rakyat

Latar adalah informasi mengenai waktu, suasana, dan juga lokasi dimana cerita rakyat itu berlangsung.

  • Latar Lokasi atau Tempat

Latar lokasi adalah informasi pada cerita yang menjelaskan tempat cerita itu berlangsung. Sebagai Contoh latar lokasi cerita adalah di kerajaan, di desa, di hutan, di pantai, di kahyangan, dll.

  • Latar Waktu

Latar waktu merupakan saat terjadinya peristiwa dalam dongeng, sebagai contoh pagi hari, pada jaman dahulu kala, malam hari, tahun sekian, saat matahari terbenam dll.

  • Latar Suasana

Latar suasana adalah informasi yang menyebutkan suasana pada kejadian dalam dongeng berlangsung. Sebagai contoh latar suasana adalah rakyat hidup damai dan sejahtera, masyarakat hidup dalam ketakutan karena raja yang kejam, hutan menjadi ramai setelah purbasari hidup disana, dll

3. Tokoh

Tokoh merupakan pemeran pada sebuah cerita rakyat. Tokoh pada cerita rakyat dapat berupa hewan, tumbuhan, manusia, para dewa dll.

Menurut sifatnya penokohan dibagi tiga yaitu :

  • Tokoh utama (umumnya protagonis) adalah tokoh yang menjadi sentral pada cerita. Tokoh ini berperan pada sebagian besar rangkaian cerita, mulai dari awal sampai akhir cerita. Pada umumnya, tokoh utama ditampilkan sebagai tokoh tokoh yang memiliki sifat baik. Tetapi tidak jarang ditemukan tokoh utama diceritakan lucu, unik atau jahat sekalipun.
  • Tokoh lawan (umumnya antagonis). antagonis secara pengertian merupakan tokoh yang selalu berlawanan dengan tokoh protagonis. Pada umunya, tokoh antagonis ditampilkan sebagai tokoh ”hitam”, yaitu tokoh yang bersifat jahat.
  • Tokoh pendamping (tritagonis). Tritagonis merupakan tokoh pendukung.

Menurut cara menampilkan wataknya penokohan dibagi dua yaitu :

  • Secara langsung yaitu watak tokoh bisa dikenali pembaca karena telah dijelaskan oleh pengarang
  • Seara tidak langsung yaitu watak tokoh bisa dikenali pembaca dengan membuat kesimpulan sendiri dari dialog, latar suasana, tingkah laku, penampilan, lingkungan hidup, dan pelaku lain

4. Alur

Merupakan runtutan kejadian pada sebuah cerita rakyat. Biasanya cerita rakyat meliputi lima rangkaian peristiwa yaitu saat pengenalan (pembukaan) , saat pengembangan, saat pertentangan (konflik), saat peleraian (rekonsiliasi), dan tahap terakhir adalah saat penyelesaian. Secara umum alur dibagi menjadi tiga jenis yaitu:

  • Alur maju
  • Alur mundur
  • Alur campuran

5. Sudut pandang

Sudut pandang merupakan bagaimana cara penulis menempatkan dirinya dalam sebuah cerita, atau dengan kata lain dari sudut mana penulis memandang cerita tersebut. Sudut pandangan memiliki pernanan yang sangat penting terhadap kualitas dari sebuah cerita. Sudut pandang secara umum dibagi dua yaitu

  • Sudut pandang orang pertama : penulis berperan sebagai orang pertama yang bisa menjadi tokoh utama maupun tokoh tambahan pada cerita
  • Sudut pandang orang ketiga : Penulis berada di luar cerita serta tidak terlibat secara langsung pada cerita. Penulis menjelaskan para tokoh didalam cerita dengan menyebut nama tokoh atau kata orang ketiga yaitu “dia, mereka”.

6. Amanat atau pesan moral

merupakan nilai-nilai yang terkandung didalam cerita dan ingin disampaikan agar pembaca mendapatkan pelajaran dari cerita tersebut.

7. Majas (Gaya Bahasa)

Unsur-Unsur Ekstrinsik Dalam Cerita Rakyat

Unsur ekstrinsik merupakan semua faktor luar yang mempengaruhi penciptaan sebuah tulisan ataupun karya sastra. Bisa dikatakan unsur ektrinsik adalah milik subjektif seorang penulis yang dapat berupa agama, budaya, kondisi sosial, motivasi, yang mendorong sebuah karya sastra tercipta.

Unsur-unsur ekstrinsik pada cerita rakyat biasanya meliputi:

  • Budaya serta nilai-bilai yang dianut.
  • Tingkat pendidikan
  • Kondisi sosial di masyarakat
  • Agama dan keyakinan
  • Kondisi politik, ekonomi, hukum dll.

Untuk lebih jelas mengenai unsur dalam cerita dapat membaca artikel lengkapnya di Unsur-Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Dalam Cerita Rakyat

Macam Macam Cerita Rakyat dan Contoh Dongeng Dunia

  • Fabel atau lebih dikenal cerita hewan, yakni sebuah cerita rakyat yang tokoh pelakunya berupa binatang, dan binatang berikut dapat berperilaku seperti manusia. Misalnya, Kancil yang Cerdik dan cerita Serigala yang Licik.
  • Legenda, yakni sebuah cerita yang memuat mengenai asal-usul terjadinya suatu tempat, andaikata saja cerita Asal-Usul Banyuwangi, Asal Usul Danau Toba, dan Terbentuknya Tangkuban Perahu. Diwilayah Jawa Tengah terkenal bersama dengan cerita ” Baru Klinting”
  • Mite, merupakan cerita yang memuat mengenai dewa-dewi atau cerita sifatnya sakral dan penuh mistis misalnya, kisah Nyi Roro Kidul, Dewi Sri, dan Hikayat Sang Boma.
  • Sage, yaitu sebuah cerita yang isinya mempunyai kandungan unsur sebuah sejarah, misalnya, Damarwulan, Ciung Wanara, dan Rara Jonggrang.
  • Epos, yakni sebuah cerita kepahlawanan, misalnya, Ramayana dan Mahabarata.
  • Cerita jenaka, yakni sebuah cerita yang menceritakan mengenai kebodohan atau sesuatu yang lucu, andaikata cerita Pak Pandir, Pak Belalang, dan Cerita Si Kabayan.

Manfaat mendongeng Cerita Rakyat

Cerita rakyat yang sarat hikmah sejatinya mampu menginspirasi si kecil untuk membangun sikap positif dalam diri mereka. Apalagi memang sudah terbukti sejak lama bahwa cerita atau kisah-kisah merupakan medium dan strategi pembelajaran yang sangat ampuh untuk mendidik anak.

Manfaat mendongeng Cerita Rakyat

Manfaat mendongeng Cerita Rakyat

Menceritakan cerita rakyat yang ada di blog ini memiliki beberapa manfaat yaitu :

Begitu pula dengan bayi atau balita Anda kini. Dari dongeng, ada banyak manfaat yang bisa diambil, antara lain:

  1. Menumbuhkan keterampilan berbicara anak, karena bayi atau balita akan mengenal banyak kosa kata.
  2. Meningkatkan kemampuan berbahasa anak, yaitu pada saat mendengarkan struktur kalimat.
  3. Menumbuhkan minat baca.
  4. Menumbuhkan keterampilan berpikir.
  5. Mengembagkan kemampuan mengatasi masalah atau problem solving.
  6. Merangsang kreativitas serta imajinasi.
  7. Menumbuhkan emosi.
  8. Memperkenalkan nilai-nilai moral.
  9. Relaksasi.
  10. Mempererat ikatan emosi dengan orang tua.
  11. Memperkenalkan ide-ide baru.
  12. Mengalami budaya lain.

Kumpulan Cerita Pendek Anak Terbaik dari Seluruh Dunia Dengan Hikmah

Blog ini berisi ribuan dongeng klasik dan cerita rakyat dari berbagai penjuru dunia yang ditulis ulang menggunakan gaya bahasa yang lugas dan sederhana sehingga sangat mudah dipahami anak.

Dongeng dan legenda dari berbagai belahan dunia itu semakin enak dibaca karena kami lengkapi dengan ilustrasi yang menarik dan penuh warna.

Selain itu setiap cerita diakhiri dengan petikan himah sebagai pesan moral untuk si kecil.

Untuk lebih jelas bisa mengunjungi posting kami Kumpulan Cerita Pendek Anak Terbaik dari Seluruh Dunia Dengan Hikmah

Kami merupakan penulis aktif di https://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Cerita_rakyat dan juga pemilik https://facebook.com/dongeng-cerita-rakyat

Untuk mendapatkan dongeng terbaik dalam bentuk video, ikuti dan subscribe channel kami yaitu https://www.youtube.com/channel/UC_ay1jdDqXucE6Gk7FhVz5Q

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.