Contoh Dongeng Tidur Untuk Anak : Fabel Kucing Kota dan Kucing Desa

Kisah kucing kota dan kucing desa akan menjadi contoh dongeng tidur anak yang kami posting di malam hari ini. Di blog ini ada ribuan cerita rakyat pengantar tidur yang bisa ayah bunda ceritakan sebelum mereka tidur. Semuanya memiliki pesan moral di dalamnya. Yuk kita biasakan menceritakan dongeng untuk si kecil.

Dongeng kali ini berasal dari fabel AESOP yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Contoh Dongeng Tidur Untuk Anak : Kisah Kucing Kota dan Kucing Desa

Suatu hari, tikus kota pergi ke rumah  temannya, si tikus desa. Sudah lama ia tak berkunjung ke rumah tikus desa semenjak ia pindah ke kota.

Tikus desa pun menyambut tikus kota dengan amat baik. Ia menyuguhkan makanan yang enak, biji-bijian gandum, dan makanan yang ia dapatkan dari ladangnya.

Dengan amat sopan, tikus kota memakan makanan itu. Tak hanya itu, tikus desa juga menyiapkan tempat tidur yang nyaman dari jerami.

Saat malam tiba, tikus kota bercerita tentang kehidupan mewahnya di kota. Mendengar cerita tikus kota, tikus desa jadi ingin sekali pergi ke kota. Ia ingin menikmati kemewahan yang dimiliki tikus kota.

Dengan senang hati, tikus kota akan membawa tikus desa ke kota.

Contoh Dongeng Tidur Untuk Anak

Begitu sampai di kota, tikus desa melihat rumah yang amat mewah. Ya! Tikus kota tinggal di rumah mewah itu.

Wah! Di meja makan, sudah tersedia banyak sekali makanan yang lezat. Ada keju, kue, dan buah-buahan. Namun, saat tikus desa hendak pergi ke meja makan, tikus kota melarangnya.

“Tunggu sampai kucing itu pergi. Ketika ia sudah pergi, baru kita akan memakan makanan itu,” ucap tikus kota.

Tikus desa pun menunggu agak lama. Hingga seorang pelayan masuk membersihkan makanan yang ada di meja itu. Olala, pelayan itu membawa seekor anjing yang galak, membuat tikus desa amat takut.

“Aku tak mau tinggal di sini lebih lama. Aku mau pulang ke desa saja. Di sana lebih nyaman, meskipun hidup sederhana. Daripada di sini, hidup mewah tetapi penuh ketakutan,” kata tikus desa.

Tikus kota tak bisa menghalangi ke pulangan tikus desa. Memang benar apa yang dikatakan tikus desa. Namun, tikus kota telanjur nyaman tinggal di rumah mewah itu, meskipun banyak sekali bahaya yang bisa menghampirinya sewaktu-waktu.

Pesan Moral dari Contoh Dongeng Tidur Untuk Anak  ini adalah bersyukurlah dengan keadaan kita saat ini, dan berusahalah lebih giat agar kita bisa meraih kesuksesan di masa yang akan datang. Apa yang terlihat menarik belum tentu cocok untuk kita.

Baca juga fabel terbaik milik kami lainnya yaitu: