Contoh Dongeng Singkat Terbaik dari Cina

710 views

Dua cerita rakyat dunia yang akan kakak posting adalah Contoh Dongeng Singkat Terbaik dari Cina. Negara ginseng ini memang memiliki banyak sekali contoh dongeng pendek terbaik yang mengandung hikmah didalamnya. Selamat membaca.

Contoh Dongeng Singkat : Menunggu Kelinci (Cina)

Suatu hari, seorang petani sedang menggarap ladangnya. Ia mencangkul ladangnya seorang diri. Hal itu membuat ia sangat Ielah. Apalagi matahari sangat terik. Keringat pun bercucuran dari tubuh petani.

Petani itu lalu duduk di bawah pohon. Tiba-tiba ia melihat seekor kelinci lewat di depannya. Petani itu mengejar kelinci itu. Kelinci itu lari dengan sangat cepat hingga kemudian ia menubruk sebuah pohon.

Bruk! Kelinci itu jatuh lalu mati. Petani sangat senang melihatnya, sebab itu berarti dia tak  perlu lagi mengejar kelinci itu.

"Akhirnya aku dapatkan juga," ucap si Petani seraya mengambil kelinci yang tergeletak Petani itu sangat senang. Hari ini ia tak perlu lagi bekerja di Iadang. Ia sudah mendapatkan kelinci untuk makan hari ini. Petani itu lalu pulang ke rumahnya dengan riang gembira.

Contoh Dongeng Singkat Terbaik dari Cina

Contoh Dongeng Singkat Terbaik dari Cina

"Andai saja setiap hari aku bisa mendapatkan kelinci. Aku tak perlu susah-susah lagi menggarap ladangku," gumam Petani

"Aha! Lebih baik besok aku menunggu kelinci saja datang padaku. Jadi aku tak perlu bekerja lagi di ladang," seru si Petani.

Keesokan harinya, si Petani tetap datang ke ladang.Tetapi bukan untuk bertani, rnelainkan menunggu jikalau ada kelinci. Namun, rupanya hail ini tak seberuntung kemarin. Tak ada kelinci lewat di depannya. Alhasil ia pun pulang dengan muka masam.

Hari berikutnya pun sama. Petani hanya menunggu kelinci datang padanya. Ia tak menggarap ladangnya sehingga tanaman yang sudah ia tanam menjadi kering, tak menghasilkan apa pun. Petani itu pun akhirnya kekurangan makanan.

"Andai saja kemarin aku tetap menggarap ladangku, pasti tanamanku tidak akan mati seperti ini. Ini semua karena kelinci," ucap si Petani.

Petani sangat menyesal karena selama ini bermalas-malasan. Maka sekarang ia pun harus membayar rasa malasnya itu dengan perut yang keroncongan

Pesan moral dari Contoh Dongeng Singkat : Menunggu Kelinci (Cina) adalah malas itu tak baik. Malas hanya membuatmu rugi. Jangan menyalahkan orang lain karena kemalasanmu, tapi koreksilah dirimu sendiri. Ayo semangat.

Contoh Dongeng Pendek : Raja Chu Yang Licik (Cina)

Suatu sore, Raja Chu mengadakan rapat dengan para menteri. Besok, raja dari negeri tetangga akan datang berkunjung ke istananya. Raja Chu berniat untuk mempermalukan temannya itu. Raja Chu memang suka sekali membuat orang lain merasa bersalah.

"Pikirkan, apa yang harus aku lakukan besok Pokoknya, Raja Yan harus bisa dipermalukan di istanaku" ucap Raja Chu kepada para menterinya.

Salah seorang perdana menteri mengajukan usul."Bagaimana kalau besok kita bawa salah satu penduduk, lalu kita tuduh dia sebagai pencuri dari negeri Raja Yan. Raja Yan pasti akan sangat rnalu mengetahui hal itu."

''Ide yang sangat bagus," sahut Raja Chu.

Keesokan harinya, Raja Yan datang ke istana. la dijamu dengan sangat baik. Namun, saat sedang asyik makan. Tiba-tiba pengawal datang, membawa seseorang yang dituduh pencuri

Contoh Dongeng Pendek Raja Chu

Contoh Dongeng Pendek Raja Chu

"Raja, kami menangkap pencuri yang berasal dari negeri Raja Yan," ucap salah satu pengawal

"Apakah orang dari negeri Raja Yan memang suka mencuri?" sindir Raja Chu. Semua tamu yang datang menertawakan Raja Yan.

Sebenarnya Raja Yan ingin sekali marah. Namun, ia tetap sabar dan berpikiran tenang Raja Yan yang bijaksana tetap tersenyum. Ia lalu berdin di hadapan Raja Chu.

"Raja Chu, saya dengar jeruk yang ditanam di negeri ini semuanya asam. Padahal, jeruk yang sama, yang ditanam di negeri saya hasilnya sangat manis. Semua orang pun tahu tentang manisnya jeruk di negeri saya," ucap Raja Yan

“Apa yang kau katakan. Lalu apa hubungannya dengan pencuri ini?" tanya Raja Chu, keheranan.

"Orang ini saat di negeri saya tak pernah mencuri.Tetapi, kenapa di negerimu dia mencuri? Apakah benar negerimu mudah sekali mengubah orang menjadi jahat?"tanya Raja Yan.

Raja Chu sangat malu mendengar perkataan Raja Yan. Ia dan para menterinya pun diarn membisu. Raja Yan pun pamit pulang dengan tetap tak memendam dengki.

Pesan moral dari Contoh Dongeng Pendek : Raja Chu Yang Licik (Cina) adalah orang yang suka berniat jahat kepada orang lain, maka dia akan mendapatkan buah dari kejahatannya. Tetaplah semangat dalam berbuat kebaikan

 

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.