Contoh Cerita Rakyat Dongeng India Dengan Pesan Moral

1635 views

Contoh cerita rakyat dongeng yang akan kakak ceritakan ini mengandung pesan moral yang sangat baik untuk kita petik. Ceritakan contoh dongeng ini untuk si kecil menjelang tidur nanti. Kami yakin banyak sekali manfaat yang akan diperoleh si kecil dari dongeng dan cerita rakyat yang ada di blog ini. Selamat mendongeng.

Contoh Cerita Rakyat Dongeng : Pedagang Yang Tamak

Di India ada sebuah kota bernama Sultanpur. Pada suatu masa, hiduplah dua pedagang keliling yang menjual perkakas yang terbuat dari kuningan. Kedua pedagang itu memiliki watak yang berbeda. Pedagang yang pertama merupakan orang yang tamak dan rela melakukan hal-hal yang tidak balk demi mendapatkan keuntungan yang sebesarbesarnya. Sementara pedagang kedua merupakan orang yang sabar, rajin, tekun, jujur, dan balk hati.

Suatu hari, pedagang tamak melewati seorang nenek dan cucunya. Sang nenek memanggil dan menghampiri pedagang itu, lalu berkata, "Cucuku ingin perkakas makan baru. Maukah kau menukar perkakas itu dengan mangkuk tuaku ini?"

Si pedagang mengamati mangkuk tua si nenek dengan saksama. Ia membatin, "Hmmm... mangkuk ini terbuat dari emas. Harganya pasti mahal sekali. Tapi, sepertinya nenek ini tidak mengetahuinya."

Muncul niat jelek di hati si pedagang tamak. Ia ingin mendapatkan mangkuk itu dengan harga yang murah dengan memanfaatkan ketidaktahuan si nenek. Ia berkata kepada si nenek, "Mangkuk ini tidak ada harganya karena terlalu tua. Tapi kalau kau mau, aku akan menukarnya dengan sendok."

Si nenek mendesah kecewa. "Apakah tidak terlalu murah? Mangkuk ini merupakan warisan dari suamiku," katanya.

"Kalau tidak mau ya sudah," sahut si pedagang tamak, pura-pura cuek. Ia berjalan pergi meninggalkan si nenek. Tapi, dalam hati ia berencana untuk kembali menemui nenek keesokan harinya.

Tidak lama kemudian, pedagang kedua (pedagang yang jujur) juga melewati tempat si nenek dan cucunya.

Contoh Cerita Rakyat Dongeng dari India

Contoh Cerita Rakyat Dongeng dari India

"Hai, maukah kau menukar mangkuk tua ini dengan peralatan makan yang kau jual?" tanya nenek kepada si pedagang jujur.

Pedagang tersebut mengambil mangkuk antik dari tangan nenek, lalu mengamatinya dengan teliti. Keningnya tampak berkerut-kerut. Setelah selesai, ia berkata kepada si nenek, "Mangkuk ini terbuat dari emas. Harganya sangat mahal. Semua barang yang aku bawa ini tidak akan cukup untuk membayarnya."

"Tidak apa-apa," jawab si nenek sambil tersenyum, senang dengan kejujuran pedagang itu. "Ambillah mangkuk itu, dan berikan aku perkakas makan dengan jumlah yang pantas."

"Baiklah. Aku berikan semua barangku dan uangku," jawab si pedagang. Setelah berterima kasih, ia pun berpamitan kepada si nenek.

Keesokan harinya, si pedagang tamak kembali mendatangi si nenek. la hendak menawar mangkuk yang kemarin hendak dijual oleh si nenek. Namun, betapa

kecewanya ia saat mengetahui bahwa mangkuk berharga itu sudah di jual kepada pedagang lain. Ia menyesal sekali karena bersikap tamak sehingga akhirnya malah gagal mendapatkan mangkuk emas yang di jual oleh si nenek. Ia pun pulang dengan langkah gontai. Dalam hati, ia berjanji untuk tidak bersikap tamak lagi.

Sementara itu, si pedagang jujur hidup berkelimpahan setelah menjual mangkuk emas yang diterimanya dp-0i-pari si nenek. Meskipun sudah kaya raya, namun si pedagang jujur tetap bekerja dengan tekun setiap hari, menjajakan dagangannya dengan penuh kejujuran.

Hikmah dari contoh cerita rakyat dongeng dari India adalah Sikap tamak dan tidak jujur hanya akan merugikan diri kita sendiri. Sebaliknya, orang-orang yang jujur selalu memiliki keberuntungannya sendiri. Mari kita  jauhi sikap tamak dan selalu berusaha untuk bersikap jujur dalam kehidupan sehari-hari

Baca contoh cerita rakyat indonesia terbaik pada blog ini, jangan lupa juga membaca artikel kami berikut ini cerita dongeng pendek

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.