Contoh Contoh Dongeng Anak Dunia : Nanga Baiga dan Nanga Baigin

Contoh contoh dongeng anak dunia akan terus kami posting untuk anak-anak Indonesia. Cerita dongeng bergambar serta cerita dongeng rakyat terbaik dari seluruh dunia akan terus kami cari untuk seluruh anak-anak Indonesia.

Contoh Contoh Dongeng Anak Dunia : Nanga Baiga dan Nanga Baigin

Pada zaman dahulu, ada seorang lelaki yang bernama Nanga Baiga, dan seorang perempuan bernama Nanga Baigin. Suatu hari, mereka berdua berjalan menyusuri hutan yang sangat lebat. Pohon-pohon terlihat begitu tinggi menjulang. Saat sedang berjalan, tiba-tiba Nanga Baigin berhenti.

"Mengapa kau berhenti? Apa yang terjadi?" tanya Nanga Baiga, heran.

"Aku lelah dan lapar," jawab Nanga Baigin.

"Kamu beristirahat dulu di sini. Aku akan mcncari makanan untukmu," kata Nanga Baiga.

Nanga Baiga pun segera pergi untuk mencari makan. Tak perlu waktu lama, ia telah menemukan beberapa buah-buahan. Dengan segera ia kembali ke tempat Nanga Baigin.

Beberapa hari kemudian, Nanga Baiga ingin membakar hutan yang penuh dengan pepohonan besar. Ia hendak mengubah hutan tersebut menjadi lahan pertanian. Ia pun membakar hutan tersebut.

Setelah hutan yang lebat berubah menjadi lahan pertanian, dibantu oleh Nanga Baigin, Nanga Baiga merawat tanaman-tanaman tersebut. Tak lupa, ia juga membuat sebuah rumah dengan menebang pohon-pohon yang tersisa.

Beberapa bulan kemudian, ladang mereka sudah dipenuhi dengan padi-padian dan berbagai buah-buahan. Alangkah senangnya Nanga Baiga dan Nanga Baigin. Mereka pun berhasil memanen semua tanaman mereka.

Tahun demi tahun berlalu. Nanga Baiga dan Nanga Baigin hidup sebagai suami istri, dan memiliki dua anak laki-laki. Anak pertama bernama Sulung, sedangkan anak yang kedua bernama Bungsu.

Setelah si Sulung dan Bungsu tumbuh besar, Nanga Baiga mengajari kedua anaknya itu cara bercocok tanam. Akhirnya, si Sulung menjadi petani yang hebat seperti ayahnya. Sedangkan si Bungsu, ia menciptakan alat yang dapat membantunya untuk bertani. Ia menciptakan bajak untuk menggali tanah.

Namun, rupanya hal tersebut membuat bumi kesakitan. Bumi pun mengeluh kepada Tuhan "Aku sakit dan kelelahan. Aku tidak bisa terus-menerus menghasilkan rerumputan, biji-bijian, pepohonan, bunga, dan buah-buahan. Apa yang harus aku lakukan?" tanya bumi sambil menangis.

Contoh Contoh Dongeng Anak Dunia

Melihat bumi tersakiti, Tuhan menjadi marah. Tuhan lalu menyuruh bumi untuk mendatangkan banjir, badai, dan penyakit kepada keluarga Nanga Baiga. Keluarga Nanga Baiga pun tak bisa mengelak dari murka bumi,

Hikmah yang dapat dipertik dari Contoh Contoh Dongeng Anak Dunia : Nanga Baiga dan Nanga Baigin adalah sayangilah bumi dengan menjaga kelestarian alamnya. Jangan merusak bumi, ya!

Baca juga cerita dongeng anak terbaru lainnya dalam posting kami yaitu dongeng anak dunia

Dan jangan lupa ikuti kami di facebook yah https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.