Contoh Cerita Bergambar Anak Terbaik dari Nigeria dan Kongo

Contoh cerita bergambar anak terpopuler dari Nigeria dan Kongo akan menjadi teman kalian malam hari ini. Dua dongeng fabel ini kami ambil dari kumpulan dongeng dunia terpopuler yang kami miliki. Semoga adik-adik semua suka dengan posting kali ini.

Contoh Cerita Bergambar Anak : Kehebatan Macan Dan Singa (Nigeria)

Suatu hari, Singa dan Macan Tutul sedang berdebat. Mereka merasa merekalah yang terhebat. "Tak ada apa pun yang aku takuti. Akulah binatang terhebat di hutan ini. Semua binatang takut padaku," ujar Macan.

"Aku tak takut padamu," balas Singa.

Contoh Cerita Bergambar Anak dari Nigeria

"Ya, kecuali kau. Tapi dibanding kau, aku lebih hebat. Harusnya akulah yang menjadi raja hutan," ucapnya, sombong.

Singa sebenarnya tak suka dengan kesombongan Macan. Macan selalu menganggap dirinya Iebih hebat dibanding siapa pun.

"Kau memang hebat. Tapi, ada yang lebih hebat darimu. Aku yang merupakan binatang yang terkuat di hutan ini saja takut padanya. Aku pernah bertemu dan berkelahi dengannya. Tetapi, dia dapat mengalahkanku," ujar Singa.

"Siapa makhluk yang kau takuti? Biar aku yang mengalahkannya," ujar Macan

"Dia adalah manusia. Ia memiliki dua kaki dan selalu membawa sesuatu di pundaknya. Tak lama lagi, biasanya dia lewat jalan ini," ucap Singa.

"Aku akan menunggunya, aku pasti bisa mengalahkannya," ujar Macan.

Beberapa saat kemudian, datanglah seorang pemburu. Pemburu itu membawa senapan dan karung. Biasanya ia selalu mendapatkan buruan saat ke hutan.

Macan langsung menghampiri pemburu, lalu menyerangnya. Namun, pemburu itu segera menembakkan senapannya ke tubuh Macan. Macan pun pingsan. Pemburu lalu membawanya pulang.

Singa melihat kejadian itu. Ia langsung lari menuju rumahnya. Ia tak mau dirinya berakhir seperti macan. Andai saja Macan mau mendengarkannya, pasti saat ini macan masih bersamanya.

"Itu akibat kau tak mau mendengarkan perkataanku. Kita memang hebat, tetapi manusia jauh lebih hebat dibanding kita," gumam Singa. Ia pulang dengan wajah sedih. Meskipun Macan selalu merasa hebat dari Singa, tetapi Singa tetap menganggap bahwa Macan adalah temannya.

Sesampainya di rumah pemburu, Macan sudah berada di dalam kandang. Ia menyesal tak mendengar perkataan Singa. Ia juga baru menyadari bahwa ternyata ada yang lebih hebat dari dirinya.

"Tak ada yang bisa kuperbuat sekarang, kecuali pemburu itu mau melepaskanku dari kandang besi ini," gumam Macan.

Pesan moral dari Contoh Cerita Bergambar Anak : Kehebatan Macan Dan Singa (Nigeria) adalah jangan selalu merasa dirimu lebih hebat dari orang lain. Bersikaplah rendah hati. Nanti pasti teman-temanmu akan menyukaimu

Cerita Dongeng Bergambar : Gorila Yang Kuat (Kongo)

Para petani merasa sangat geram. Pasalnya, hasil panen mereka berkurang. Buah-buahan yang mereka tanam dicuri oleh Gorila. Semenjak Gorila memasuki perkampungan penduduk, penduduk jadi tak nyaman.

Akhirnya para petani memanggil seorang pemburu yang andal. Pemburu itu dibayar untuk menangkap Gorila.

"Di mana aku bisa menemukan Gorila itu?" tanya Pemburu.

"Kau bisa menemukan tempat tinggalnya di dalam hutan. Di sana ada rumah pohon yang besar. Itulah tempat tinggal gorila itu," ucap petani.

Pemburu langsung pergi ke dalam hutan. Tak perlu waktu yang lama, sampailah ia di dekat rumah pohon milik Gorila. Gorila terlihat sedang bersantai di bawah rumah pohon itu. Ada banyak sekali buah-buahan di sana. Itu adalah buah-buahan yang Gorila ambil dari ladang petani.

"Aku harus mencari cara untuk menangkapnya," ucap Pemburu.

Beberapa saat kemudian, Gorila naik ke rumah pohonnya. Lalu muncullah seekor simpanse. Simpanse itu berjalan melewati tempat Gorila beristirahat tadi. Melihat makanan yang berlimpah, Simpanse jadi meneteskan air liurnya.

"Wah, makanan siapa ini? Hanya binatang bodoh yang membuang makanan seenak ini," ujar Simpanse.

Tanpa pikir panjang, Simpanse langsung menikmati makanan itu. Ia melahap buah-buahan yang cukup banyak itu dengan penuh selera. Saat Simpanse sedang asyik makan, Gorila turun dari rumah pohonnya. Melihat simpanse yang sedang menikmati makanannya, Gorila hanya diam saja. Ia malah ikut menikmati makanan itu.

"Hei, siapa kau berani-beraninya ikut memakan makananku," seru Simpanse. Padahal, makanan itu sebenarnya milik Gorila.

contoh dongeng anak : Gorila yang kuat

Gorila hanya diam. Simpanse lalu memukul Gorila dengan sebuah tongkat. Tetapi, hal itu tak membuat Gorila kesakitan. Gorila tetap diam dan asyik makan.

"Hei, berhentilah! Itu makanankur simpanse berteriak kesal. Lagi-lagi ia memukul gorila dengan tongkatnya. Gorila merasa jengkel, sebab Simpanse telah mengganggu makan siangnya. Gorila langsung melemparkan Simpanse dengan satu tangannya. Akibatnya, Simpanse pun terpelanting sangat jauh.

Pemburu melihat kejadian itu. Ia jadi merasa ragu untuk menangkap Gorila.

"Sepertinya aku tak akan kuat melawan binatang itu. Lebih baik aku pergi dari sini," ujar pemburu.

Pemburu pun pergi meninggalkan rumah pohon Gorila. Ia langsung menemui penduduk dan mengatakan yang sebenarnya. Sejak saat itu, tak ada yang berani mengganggu Gorila. Hal itu karena Gorila merupakan binatang yang sangat kuat.

Pesan moral dari contoh dongeng anak : Gorila yang kuat adalah hadapilah sesuatu dengan berpikir agar pekerjaan yang kamu lakukan tak sia-sia.

Baca juga kumpulan dongeng anak Indonesia terbaik pada kategori cerita rakyat nusantara

Ikuti kami di facebook dan youtube untuk mendapatkan cerita dongeng pendek terbaik lainnya yaitu pada link berikut ini

https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

https://www.youtube.com/channel/UC_ay1jdDqXucE6Gk7FhVz5Q

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.