Fabel Cerita Rakyat Indonesia Singkat untuk Anak SD

Advertisements

Dongeng fabel memang paling tepat di ceritakan untuk anak usia Sekolah Dasar (SD). Seperti cerita rakyat Indonesia singkat yang kami posting kali ini, menceritakan mengenai hewan-hewan yang ada di dalam hutan. Anak-anak selalu suka diceritakan dongeng binatang atau fabel, oleh karenanya yuk kita ceritakan cerita rakyat ini malam nanti.

Cerita Rakyat Indonesia Singkat : Kelinci Yang Selalu Panik

Pada suatu petang, sedang ada keributan di rumah Kelinci. Kelinci panik, karena persediaan wortelnya semakin sedikit.

Sebenarnya, wortel itu masih cukup untuk makan malam hari ini. Tapi tetap saja, Kelinci merasa panik.

"Aku harus segera mencari wortel malam ini, agar aku tak kehabisan makanan," ucap Kelinci kepada dirinya.

Tanpa pikir panjang, Kelinci langsung mengambil ember untuk membawa wortelnya. Padahal, hari sudah beranjak malam. Apalagi, jarak antara rumah dan kebun wortelnya cukup jauh.

Advertisements
Cerita Rakyat Indonesia Singkat Kelinci

"Aku harus lewat jalan yang mana? Ah, sudahlah. Yang penting aku cepat sampai ke kebun," gumam Kelinci.

Di jalan, Kelinci bertemu dengan Burung Hantu.

"Hendak pergi ke mana, Kelinci?" tanya Burung Hantu.

"Aku mau mengambil wortel di kebun. Persediaan makananku tinggal sedikit. Bisa-bisa, besok aku tidak makan," jelas Kelinci.

"Tapi wortelmu masih bisa untuk makan malam ini, kan?" tanya Burung Hantu.

"Kalau untuk malam ini, masih cukup," balas Kelinci.

Advertisements

"Lebih baik kau mengambil wortel besok saja. Para petani tengah berjaga-jaga di kebun, karena baru ada pencurian besar-besaran di kebun mereka. Jika kau salah masuk kebun, kau bisa celaka," saran Burung Hantu.

"Aduh, bagaimana ini? Bisa-bisa aku tidak memperoleh wortel. Aku sungguh membutuhkan wortel itu," ucap Kelinci, semakin panik.

Kebutuhan makanan membuat Kelinci tak menghiraukan peringatan Burung Hantu. Ia kembali melanjutkan perjalanannya.

Tibalah Kelinci di kebun yang sangat luas. Namun, Kelinci tidak bisa membedakan, apakah itu kebun miliknya atau bukan. Yang jelas tanaman wortel di kebun itu sangat banyak.

Kelinci bergegas mencabut wortel-wortel itu.Tiba-tiba, terdengar suara gaduh.

"Ternyata kelinci itu yang mencuri wortel-wortel kita.Ayo tangkap kelinci itu, agar tak lagi merusak kebun kita!" ajak petani kepada teman-temannya.

Olala, Kelinci salah masuk kebun. Ia masuk ke kebun petani. Mendengar petani menyebut namanya, Kelinci langsung berlari ketakutan. Ia sangat panik. Karena tak berhati-hati, ia pun terjatuh ke sungai dan terbawa arus.

Advertisements

Sungguh, Kelinci menyesal karena tak mendengarkan saran Burung Hantu. Namun, Kelinci juga sangat bersyukur, karena meski terbawa arus, ia bisa selamat.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Indonesia Singkat ini adalah jangan suka terburu-buru, agar pekerjaanmu tidak kacau. Panik, terburu-buru, dan ceroboh hanya akan membuatmu semakin lama menyelesaikan pekerjaanmu.

Baca ringkasan cerita rakyat pendek terbaik kami lainnya yaitu

Singa Yang Sombong

Singa menganggap dirinyalah yang paling kuat. Ia ingin mendapat pengakuan dari semua binatang di hutan. Singa pun berjalan menyusuri hutan. Tak berapa lama, ia bertemu dengan Kelinci yang sedang memakan wortel.

"Wahai, Kelinci. Menurutmu, siapa binatang paling kuat di hutan ini?" tanya Singa.

"Binatang yang paling kuat adalah kau, Tuanku," jawab Kelinci dengan cepat. Ia takut menjadi santapan Singa.

Singa sangat puas dengan jawaban Kelinci. Ia pun kembali melanjutkan perjalanan.Tak lama kemudian, ia bertemu dengan kawanan domba di padang rumput.

"Ah, aku akan bertanya kepada domba-domba itu," ucap Singa.

Tanpa membuang waktu, Singa menghampiri kawanan domba.

"Wahai, domba.Aku ingin bertanya kepada kalian. Siapakah binatang paling kuat di hutan ini?" tanya Singa.

Domba-domba itu saling pandang. Mereka merasa sedikit ragu, jika salah menjawab, bias-bisa mereka diterkam Singa.

"Tentu kau yang paling kuat, Tuan," jawab salah satu domba.

Singa tertawa mendengar jawaban Domba. Ia kembali melanjutkan perjalanannya. Sekarang, ia bertemu dengan Gajah yang sedang menikmati makanan.Wah, gajah itu sangat besar.

"Apakah Gajah juga mengakui, bahwa aku binatang paling kuat?" gumam Singa.

Singa pun mendekat kepada Gajah. Ia menanyakan hal yang sama kepada binatang yang ditemuinya tadi.

ringkasan cerita rakyat pendek singa dan gajah

Olala, ternyata Gajah paling tak suka jika makannya diganggu. Ia pun marah dan menendang Singa. Tak pelak, tubuh Singa terlempar jauh. Tak hanya itu, Gajah menggunakan belalainya untuk mendorong Singa.

Singa sungguh menyesal karena telah bertanya kepada Gajah. Singa juga sadar, bahwa ia bukan binatang yang paling kuat. Buktinya, ia kalah dengan Gajah.

Pesan moral dari cerita rakyat yang pendek dan mudah dihafal  ini adalah Kawan, jangan merasa hebat dan sombong, itu tidak baik. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca juga cerita pendek terbaik lainnya yaitu

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.