Cerita Rakyat Indonesia Bergambar Dengan Pesan Moral

3403 views

Sebagian besar dongeng yang ada di blog ini adalah cerita rakyat indonesia bergambar yang mengandung pesan moral yang sangat baik didalamnya. Dengan membacakan dongeng untuk si kecil, kita bisa memasukan pesan moral dan memberi tahu mana yang baik dan mana yang buruk sehingga si kecil akan lebih mudah memahaminya. Selai itu membacakan dongeng juga sangat di sarankan untuk membentuk imajinasi dan kreatifitas anak. Selamat mendongeng.

Cerita Rakyat Indonesia Bergambar : Anak Jujur Dan Apel Merah

Suatu hari, pada bulan Maret, seorang anak perempuan bernama Kitty sedang berjalan menuju sekolah. Di sebuah toko buah-buahan, ia melihat setumpuk apel merah yang segar.

"Oh, betapa segarnya apel itu. Andai saja aku bisa belikan satu buah untuk mama," pikir Kitty sambil tertunduk lesu. Dia teringat mamanya yang sedang sakit di rumah.

Cerita Rakyat Indonesia Bergambar Anak Jujur Dan Apel Merah

Cerita Rakyat Indonesia Bergambar Anak Jujur Dan Apel Merah

Kitty dan mamanya hidup miskin. Sementara, ayahnya telah meninggal. Kini, mama Kitty sedang sakit dan tidak bisa bekerja. Mama hanya tidur sendirian di rumah.

Tidak lama, Kitty sampai di sekolah. Kitty adaiah siswa yang pintar dan aktif. Tapi, hari itu ia nampak tidak bersemangat. Pikirannya selalu tertuju pada mamanya dan apel merah yang dilihatnya.

Saat pulang sekolah, dalam perjalanan pulang Kitty melihat dompet seorang bapak terjatuh. Kitty memungut dompet itu dan secara tidak sengaja melihat uang yang banyak di daiam dompet.

"Uangnya banyak sekali. Andai saja aku boleh mengambilnya dan membeli apel merah untuk mama. Tapi, itu namanya mencuri. Tidak boieh," katanya sambil bergegas menyusul bapak pemilik dompet.

"Bapak, Anda menjatuhkan dompet," kata Kitty.

Bapak itu terkejut dan senang melihat seorang anak telah jujur dan mengembalikan dompetnya. Ketika melihat baju Kitty yang lusuh, ia pun kasihan.

"Ini, Nak. Sedikit hadiah untukmu," kata bapak itu sambil memberikan lima dolar.

Kitty senang sekaii dan bergegas ke toko buah untuk membeli apel. Kitty berdiri lama di jendela kaca melihat-lihat apel. Penjaga toko kasihan melihat Kitty. la pun mengambil sebuah apel merah yang besar dan diberikannya kepada Kitty.

"Kau ingin apel ini? Ambillah, Nak. Ini gratis untukmu," kata penjaga toko yang baik.

Kitty mengucapkan terima kasih dan bergegas pulang. Di rumah, ia memberikan apel dan uang lima dolar pada mamanya. la menceritakan apa yang terjadi. Mama pun memeluk Kitty dengan bangga. "Lihat kan, Nak. Kejujuran itu pasti akan berbuah manis seperti apel merah ini," kata ibunya.

Pesan Moral dari Cerita Rakyat Indonesia Bergambar : Anak Jujur Dan Apel Merah adalah jadilah anak yang baik dan jujur. Sebab, kejujuran akan berbuah manis. Lalu ingatlah! Anak yang baik akan selalu menyayangi kedua orangtuanya.

Cerita Bergambar Anak : Keluarga Yang Kompak

Di sebuah hutan yang lebat, hiduplah sebuah keluarga yang aneh. Aneh karena keluarga ini terdiri atas empat binatang yang berbeda, gagak, tikus, kura-kura dan rusa.

Setiap hari, mereka selalu pergi mencari makanan. Tikus berburu kumbang yang bersembunyi di bawah daun. Kura-kura berburu serangga yang banyak di hutan. Gagak sering berburu tikus tanah di ladang gandum. Rusa memakan rumput di padang rumput.

Suatu hari, rusa mendengar gonggongan anjing pemburu. la berlari cepat menghindari kejaran anjing sampai ke tengah hutan.

Cerita Bergambar Anak Keluarga Yang Kompak

Cerita Bergambar Anak Keluarga Yang Kompak

Saat sore menjelang, gagak, tikus dan kura-kura baru pulang ke rumah. "Mengapa rusa belum pulang?" kata gagak.

"Coba kau terbang dan cari dia, Gagak!" saran tikus pda sang gagak.

Gagak terbang mencari rusa. la menemukan rusa terperangkap jaring pemburu. Gagak menyampaikan kabar itu kepada tikus dan kura-kura.‚ÄĚTikus, kau harus segera mengerat jaring untuk melepaskannya," kata gagak.

Gagak dan tikus pergi untuk membebaskan rusa. Kura-kura juga tidak mau ketinggalan. la pergi menyusul.

Setelah menemukan rusa, tikus menggigiti jaring hingga rusa bebas. Tiba-tiba, pemburu datang. Rusa bersembunyi di semak dan tikus masuk ke lubang.

Pemburu kecewa melihat buruannya lepas. Tapi, tiba-tiba kura-kura datang. Pemburu menangkap dan memasukkannya ke dalam tas. Gagak, rusa, dan tikus melihat kejadian tersebut.

Rusa pun keluar dari persembunyiannya dan pura-pura terluka. Pemburu melihatnya sehingga ia melemparkan tas berisi kura-kura dan mengejar rusa. Namun, rusa terlalu cepat.

Dengan putus asa, pemburu kembali hendak mengambil tas berisi kura-kura. Tapi, betapa kagetnya ia. Tasnya bolong dan kura-kura lepas.

Ternyata saat pemburu mengejar rusa, tikus mengerat tas pemburu dan membebaskan kura-kura. Sungguh keluarga yang kompak.

Pesan Moral dari cerita rakyat nusantara bahasa indonesia adalah jadikanlah kamu dan saudara-saudaramu sebuah keluarga yang kompak. Dengan adik dan kakak tidak boleh saling bertengkar. Harus saling melindungi dan membantu.

Baca kumpulan cerita rakyat indonesia terbaik lainnya pada artikel kakak berikut ini Cerita Rakyat Indonesia Sangkuriang : Dongeng Tangkuban Perahu dan Cerita Rakyat Indonesia Malin Kundang.

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.