Cerita Rakyat Denmark : Kaus Kaki Duyung

118 views

Cerita rakyat Denmark memang tidak banyak di blog ini. Namun semua dongeng anak yang berasal dari negara Denmark selalu memiliki pesan moral yang dapat di petik. Salah satu cerita pendek anak yang menarik dari negeri ini akan kakak ceritakan hari ini. Selamat membaca.

Kumpulan Cerita Rakyat Denmark : Kisah Kaus Kaki Untuk Duyung

Suatu hari yang cerah, seorang nelayan pergi ke laut. Ketika sampai di tengah laut, tiba-tiba angin bertiup kencang.

Ombak tinggi bergulung-gulung. Nelayan itu memutuskan untuk kembali ke daratan.

Nelayan itu berusaha mengayuh perahunya. Sekuat apa pun dia berusaha, perahunya hanya maju sedikit. Perahu itu tertahan oleh ombak.

Tiba-tiba, dari dalam laut muncul sosok laki-laki. Rambut dan jenggotnya berwarna abu-abu.

Laki-laki itu menunggangi ombak, seperti manusia menunggangi kuda. Dia adalah duyung laki-laki.

Nelayan itu sangat ketakutan. Jika muncul duyung laki-laki, maka sebentar lagi akan datang badai.

Nelayan memperhatikan duyung itu. "Sepertinya duyung itu kedinginan," pikir si nelayan.

Cerita Rakyat Denmark

Cerita Rakyat Denmark

"Dingin sekali di sini. Ini karena kaus kakiku hilang, aku pun jadi kedinginan," kata duyung laki-laki.

Sang nelayan bingung mendengar ucapan duyung. Walaupun tidak mempunyai kaki, ternyata duyung tetap membutuhkan kaus kaki. Kaus kaki itu untuk menutupi siripnya supaya tetap hangat.

Sang nelayan lalu melepas kaus kakinya. Dia melemparkan kaus kaki itu ke arah duyung. Setelah menangkap kaus kaki, duyung itu pun menghilang.

Seminggu berlalu. Sang nelayan kembali pergi ke laut. Tiba-tiba dari dalam laut muncul lagi duyung laki-laki.

"Dengar nelayan yang baik, pulanglah! Pulanglah segera! Badai sudah dekat!" kata duyung.

Sang nelayan pun cepat-cepat pulang. Benar saja, tidak lama kemudian muncul badai besar. Duyung laki-laki ternyata telah membalas jasa sang nelayan.

Kepribadian yang dapat di petik dari Cerita Rakyat Denmark adalah tolong-menolong. Jika kita ditolong seseorang, jangan lupa untuk mengingat dan membalas kebaikannya.

Baca juga Cerita Rakyat Paling Singkat dari Denmark serta dongeng lainnya pada link berikut ini Cerita Rakyat Mancanegara dari Makedonia Dan Denmark

 

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.