Cerita Pendek Tentang Bintang Penentu Arah

1365 views

Adik-adik tahu tidak Bintang Kutub yang dijadikan para nelayan sebagai penentu arah? Pada malam hari ini kakak akan bercerita mengenai cerita pendek tentang Bintang Kutub yang menjadi Bintang penentu arah para Nelayan. Cerita dongeng pendek ini berasal dari India, dan merupakan kumpulan cerita rakyat pendek Dunia terbaik yang kakak miliki. Selamat membaca.

Cerita Pendek Tentang Bintang Kutub dari India

Pada zaman dahulu, di India, ada seorang anak bernama Dhruva. Ia tinggal di tengah hutan bersama ibunya. Sebenarnya, Dhruva adalah seorang putra mahkota. lbu Dhruva bernama Ratu Suniti dan ayahnya bernama Raja Uttanapada.

Cerita Pendek Tentang Bintang

Seharusnya Dhruva dan ibunya tinggal di dalam istana. Tapi, karena kedengkian seorang selir, Dhruva dan ibunya diusir dari istana. Setiap hari, Dhruva menanyakan tentang ayahnya. Ia sangat ingin memiliki seorang ayah dan ingin bertemu dengannya. Ratu Suniti pun menghiburnya,

"Anakku, ada seorang ayah yang paling baik di dunia. Suatu hari nanti, kau akan bertemu dengan- nya," kata Ratu Suniti.

"Siapa dia, Bu?" tanya Dhruva.

"Dia adalah Dewa Wishnu," jawab Ratu Suniti.

"Kapan saya bisa bertemu dengannya, Ibu?" tanya Dhruva kembali.

"Nanti, kalau kau sudah dewasa dan menjadi orang yang bijaksana," sahut sang ratu.

Dhruva termenung. Ia benar-benar merindukan seorang ayah. "Saya tidak mau menunggu sampai jadi dewasa dan bijaksana, Ibu. Saya ingin bertemu dengan Dewa Wishnu sekarang," kata Dhruva kemudian.

Ratu Suniti mengetahui betapa kuatnya keinginan Dhruva. Lalu, ia berkata, "Baiklah, anakku. Kalau kau memang ingin bertemu Dewa Wishnu, pergilah! Tapi ingat, segera kembali ke sini begitu keinginanmu berkurang walau cuma sedikit."

Esoknya, Dhruva pergi mencari Dewa Wishnu. Ia melangkah makin jauh masuk ke dalam hutan. Pada suatu malam, Dhruva membaringkan tubuhnya di bawah sebuah pohon besar. Tiba-tiba, Dewa Narada muncul di depan Dhruva.

"Anak kecil, sedang apa malam-malam berada di tengah hutan?" tanya Dewa Narada.

Lalu, Dhruva menceritakan keinginannya untuk bertemu Dewa Wishnu. Narada mengangguk-angguk begitu cerita Dhruva selesai. "Kalau begitu, ikutlah denganku!" kata Dewa Narada kemudian.

Sejak saat itu, Dhruva mengikuti Narada. Narada mengajari Dhruva berdoa dan bertapa. Dhruva sangat tekun belajar bertapa. Ia duduk tak bergerak di atas batu dan memusatkan pikiran pada satu hal, yaitu Dewa Wishnu.

Suatu hari, terdengarlah suara, "Anakku, aku ada di sini." Dhruva membuka matanya. Di depan Dhruva, berdirilah seorang laki-laki. Cahaya kemilau menyelimuti tubuh laki-laki itu. Laki-laki itu adalah Dewa Wishnu. Dhruva pun sangat gembira.

"Anakku. Kau sudah melakukan segala hal agar bisa bertemu denganku. Nah, sekarang apa yang kau inginkan setelah bertemu denganku?" kata Dewa Wishnu.

"Dewa, saya sangat merindukan seorang ayah. Ibu saya berkata bahwa Dewa Wishnu adalah ayah yang terbaik di dunia ini," jawab Dhruva.

"Selain itu, saya ingin Ibu saya kembali ke istana. Saya ingin ibu saya bahagia, Dewa," kata Dhruva.

"Baiklah. Ibumu akan kembali ke istana dan kau akan selalu dekat denganku," sahut Dewa Wishnu.

Lalu, Dewa Wishnu mengubah Dhruva menjadi bintang kutub yang sangat terang dan meletakkan- nya di langit. Beberapa saat setelah Dhruva menjadi bintang kutub, datanglah utusan istana untuk menjemput Ratu Suniti, ibu Dhruva.

Raja Uttanapada (suami Ratu Suniti) sudah mengetahui kedengkian Suruchi, selirnya. Ratu Suniti pun kembali ke istana.

Bila malam tiba, Ratu Suniti selalu menyempatkan diri untuk melambaikan tangan ke arah bintang kutub, yang kemudian diketahuinya merupakan penjelmaan dari Dhruva. Dhruva pun membalas Iambaian tangan itu dengan kerlipan cahaya yang indah.

Bintang kutub itu tak pernah berpindah. Bintang kutub itu ada sepanjang tahun, sebagai Iambang keinginan yang begitu kuat, yaitu keinginan Dhruva bertemu dengan Dewa Wishnu. Kini, bintang itu dijadikan penentu arah oleh para nelayan agar tidak tersesat.

Pesan Moral dari Cerita Pendek Tentang Bintang Kutub dari India adalah jadilahh anak yang baik. Berdoalah kepada Tuhan utuk mendapatkan keinginanmu. Jika memang Tuhan belum mengabulkan doamu, kamu harus sabar dan terus berusaha.

Temukan contoh cerita pendek anak terbaik dari seluruh dunia di blog ini. Terima kasih telah berkunjung.

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.