Cerita Pendek Rakyat Cina Dan Dongeng Filipina

1872 views

Banyak sekali cerita pendek rakyat dari Cina yang telah kakak posting, begitu juga dengan dongeng anak dari Filipina. Kalian dapat dengan mudah menemukan legenda terbaik dari kedua Negara tersebut di blog kesayangan kita ini. Caranya sangat mudah cukup cari di menu pencarian kata Cina dan Filipina, kalian akan menemukan dongeng-dongeng terbaik yang pasti akan kalian sukai.

Cerita Pendek Rakyat Cina : Keledai Pertama Di Guizhou

Dahulu tidak ada keledai di Guizhou (sebuah provinsi di Cina). Bahkan, tidak ada juga keledai di seluruh negeri Cina. Sampai suatu hari, seorang pedagang asing membawa keledai ke Guizhou. Tapi, ternyata keledai tidak ada gunanya di Guizhou. Akhirnya, pedagang asing melepaskan keledai ke hutan.

Cerita Pendek Rakyat Cina Keledai Pertama Di Guizhou

Cerita Pendek Rakyat Cina Keledai Pertama Di Guizhou

Seekor harimau Iari terbirit-birit saat pertama kali melihat keledai. Harimau mengira keledai adaIah titisan dewa. Tidak pernah selama hidupnya ia melihat binatang yang mirip kuda itu.

Harimau bersembunyi di balik semak-semak sambil terus mengawasi keledai. "Aneh sekali. Makhluk apa dia?" pikir harimau penasaran.

Keesokannya, harimau mulai mendekat ke arah keledai sambil tetap bersembunyi di balik semak belukar. la tidak berani mengeluarkan suara, takut terdengar oleh keledai.

Esoknya, harimau keluar dari persembunyiannya. Karena terkejut, keledai meringkik keras. Dirinya mengira akan dimakan oleh harimau. Harimau pun Iangsung lari ke semak belukar.

Esoknya, harimau lagi-lagi mendekati keledai dan mengawasinya dari balik semak. Setelah mengawasi secara lebih cermat, akhirnya harimau mengetahui bahwa ternyata keledai tidak punya kemampuan istimewa seperti dirinya.

Harimau semakin berani mendekati keledai. Sesekali, harimau menyenggol keledai dengan sengaja. Keledai marah dan menendang harimau dengan kaki belakang.

Merasakan tendangan keledai yang Iemah, harimau tertawa kecil dan berkata, "Kau makhluk besar, tapi tendanganmu Iemah sekali!" Harimau pun segera menghantam keledai hingga pingsan dan memakannya dengan leluasa.

Pesan Moral dari Cerita Pendek Rakyat Cina : Keledai Pertama Di Guizhou adalah jangan takut melakukan haI-hal yang baru, namun berhati-hatilah saat melakukannya. Sesuatu yang tidak kita ketahui dapat membuat kita takut atau malu. Belajarlah dan cari tahulah tentang berbagai hal dengan membaca buku.

Dongeng Pendek Dari Cina : Lelaki Bodoh Membeli Sepatu

Di Kerajaan Zheng, ada seorang anak yang sangat bodoh. Suatu hari, si anak bodoh ingin membeli sepasang sepatu baru untuknya.

la lalu mengukur kakinya menggunakan peng garis dan menuliskan ukuran kakinya di secarik kertas. Setelah itu, ia bergegas pergi ke pasar. Tapi, karena terburu-buru, kertas catatan ukuran kakinya itu tertinggal.

Dongeng Pendek Dari Cina Lelaki Bodoh Membeli Sepatu

Dongeng Pendek Dari Cina Lelaki Bodoh Membeli Sepatu

Saat ia tiba di sebuah toko sepatu di pasar, ia merogoh sakunya dan tidak menemukan kertas itu.

“Ya ampun, pasti kertas itu ketinggalan di rumah. Aku harus mengambilnya. Tapi, bagaimana jika tokonya tutup saat aku kembali?" pikir si anak bodoh itu.

la pun berpesan pada, penjaga toko. "Kertas berisi catatan ukuran sepatu yang akan aku beli ketinggalan di rumah. Aku tidak tahu ukurannya. Aku pulang dulu sebentar ya. Tokonya jangan ditutup dulu," pinta si anak bodoh. Tanpa menunggu jawaban penjaga toko, si anak bodoh langsung berlari pulang untuk mengambil kertas itu. Sesampainya di rumah, ia menemukan kertas itu, mengambilnya, dan berangkat lagi ke pasar.

Sesampainya di pasar, ternyata toko sepatu itu telah tutup. Si anak bodoh kesal sekali dan memukul-mukul kepalanya. Gara-gara lupa membawa kertas itu, ia gagal membeli sepatu baru.

"Apakah kau akan membelikan sepatu untuk orang lain?" tanya seorang pedagang yang kebetulan lewat.

"Tidak, untukku sendiri," jawab si anak bodoh. "Lalu, mengapa kau tidak mencoba sepatunya langsung saja?" kata pedagang.

Si anak bodoh termenung. "Iya ya. Bodohnya aku," katanya sambil memukul-mukul kepalanya lagi.

Pesan Moral dari koleksi cerita rakyat Cina lelaki bodoh membeli sepatu adalah Jangan jadi anak yang bodoh. Anak yang bodoh hanya akan jadi bahan tertawaan dan merugi. Jadi, belajar dan banyak membacalah agar kamu tidak menjadi anak yang bodoh.

Kumpulan Cerita Pendek Filipina : Asal-Usul Bawang Putih

Dahulu kala, ada seorang gadis yang cantik jelita. Ibu si gadis telah menjodohkannya dengan putra bangsawan terkaya di seluruh negeri.

Namun, kecantikan si gadis telah membuat banyak pemuda iri. Salah seorang pemuda berhasil membunuh putra bangsawan yang dijodohkan dengan sang gadis. Namun, pemuda itu juga berhasil dibunuh oleh budak milik bangsawan.

Kumpulan Cerita Pendek Filipina Asal Usul Bawang Putih

Kumpulan Cerita Pendek Filipina Asal Usul Bawang Putih

Mendengar tentang berita tersebut, si gadis sangat sedih. la pun pergi ke puncak gunung suci dan memohon agar Dewa Bathala mengambil nyawanya. Sang gadis ingin mati agar kelak tidak ada lagi yang mati karena dirinya. Tiba-tiba, tubuh si gadis disambar petir dan meninggal dunia.

Ibu si gadis sangat berduka oleh kematian anaknya. la menguburkan anaknya di halaman belakang dan membasahi kuburan anaknya dengan air mata.

Suatu hari, ibu si gadis cantik melihat rumput tumbuh di atas kuburan anaknya. la mengira itu rumput benalu yang tidak berguna. la pun menariknya dan, melihat akarnya yang sedikit membesar mirip gigi anaknya.

Saat itu, ia mendengar sebuah suara, "Itu adalah gigi putrimu."

Ibu si gadis cantik berterima kasih kepada Dewa Bathala karena telah memberikan tanda kenangan pada anaknya. Lalu, ia menanam gigi putrinya di ladang agar selalu ingat anaknya. Akar tanaman yang tumbuh dari gigi si gadis itu disebut bawang putih.

Pesan Moral dari cerita pendek anak Filipina asal usul bawang putih adalah jadilah anak yang baik. Anak yang baik akan disayang oleh Tuhan. Anak yang baik juga akan berguna bagi orang lain. Sementara, anak yang jahat hanya akan dijauhi orang lain

Bagaimana apakah kalian suka dengan cerita rakyat Cina dan Filipina yang kakak posting hari ini? Jika kalian suka jangan lupa like kami di facebook dan twitter yah.

Baca contoh cerita pendek lainnya pada artikel kakak berikut ini Cerita Rakyat Cina dan Dongeng Cina Terbaik dan Cerita Dongeng dan Legenda Rakyat Cina Terbaik

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.