Cerita Legenda Nusantara : Mogu Dan Pohon Pengetahuan

Banyak sekali cerita legenda nusantara yang disadur dari cerita rakyat luar negeri. Salah satu dari contoh cerita legenda Nusantara yang menurut kakak sangat bagus akan Kakak ceritakan di sore hari ini, sebenarnya ini adalah dongeng legenda dari negara lain, namun karena tidak jelas mengenai asal usulnya Kakak masukan kedalam koleksi cerita legenda nusantara. Kalian pasti suka dengan cerita ini. Selamat membaca.

Cerita Legenda Nusantara : Kisah Mogu, Pohon Pengetahuan Dan Sang Raja

Pada suatu waktu, hiduplah seorang anak yang sangat haus ilmu pengetahuan. Namanya Mogu. Ia hidup sebatang kara dan bekerja mencari kayu bakar di hutan.

Cerita Legenda Nusantara Pohon Pengetahuan

Pada suatu hari, ia tersesat di hutan dan bertemu pohon pengetahuan. "Dengarlah, Nak! Aku adalah Pohon Pengetahuan. Banyak sekali orang mencariku, namun tak berhasil menemukan. Hanya orang yang berhati bersih, baik hatinya dan haus ilmu pengetahuan yang dapat menemukanku. Kau telah lolos dari persyaratan itu. Aku akan mengajarimu berbagai pengetahuan," kata pohon pengetahuan.

Sejak hari itu, Mogu belajar pada pohon pengetahuan. Hari-hari berlalu dengan cepat. Mogu tumbuh menjadi pemuda yang tampan. Pengetahuannya sangat luas.

Suatu hari, pohon pengetahuan berkata, "Mogu, kini pergilah mengembara! Carilah pengalaman yang banyak. Gunakanlah pengetahuan yang kau miliki untuk membantumu. Jika ada kesulitan, kau boleh datang padaku."

Mogu pun mengembara ke desa-desa. Ia menggunakan pengetahuannya untuk membantu orang. Suatu ketika, Mogu tiba di ibu kota. Di sana ia mengikuti ujian menjadi pegawai kerajaan. Mogu berhasil lulus dengan peringkat terbaik.

Raja sangat mengagumi kepandaian Mogu. Namun, ia menyuruh pejabat Monda untuk menguji Mogu.

"Mogu, hari ini aku ingin mengajukan pertanyaan. Kau harus dapat menjawabnya sekarang juga di hadapan Baginda!" kata pejabat Monda.

"Silahkan, Tuan Monda. Hamba mendengarkan," jawab Mogu.

┬░Berapakah ukuran tinggi tubuhku?" tanyanya.

"Kalau hamba tidak salah, tinggi badan Anda adalah sama panjang dengan ujung jari Anda yang kiri mpai ujung jari Anda yang kanan bila direntangkan," jawab Mogu tersenyum.

Pejabat Monda dan Raja tidak percaya. Mereka menyuruh seseorang mengukurnya. Ternyata, jawaban Mogu benar. Raja kagum dibuatnya.

Pejabat Monda mengajukan pertanyaan selanjutnya, "Mogu, buatlah api tanpa menggunakan pemantik api."

Dengan tenang Mogu mengeluarkan kaca cembung. Lalu, ia mengumpulkan setumpuk daun kering. Kaca dipantul-pantulkan ke sinar matahari. Tak lama kemudian, daun kering itupun terbakar api. Melihat hal itu Raja semakin kagum dibuatnya.

"Baiklah aku pernah mendengar mengenai pohon pengetahuan. Tahukah kamu letak pohon itu. Bawa aku kesana." Ucap sang raja.

Setelah berpikir sejenak, Mogu berkata, "Sebenarnya, pohon itu adalah guru hamba. Harnba bersedia mengantarkan Baginda. Tapi, kita pergi berdua saja dengan berpakaian rakyat biasa. Setelah bertemu dengannya, berjanjilah bahwa Baginda tidak akan memberitahukan siapa pun!"

Raja menyanggupi. Setelah menempuh perjalanan jauh, sampailah mereka di tujuan. "Salam, Baginda. Ada keperluan apa hingga Baginda datang menemui hamba?" sapa pohon pengetahuan tenang.

"Aku ingin menjadi raja yang paling bijaksana," kata raja.

"Anda sudah cukup bijaksana. Dengarkanlah suara hati rakyat dan pahamilah perasaan mereka. Lakukan yang terbaik untuk rakyat Anda. Janganlah mudah berprasangka. Selebihnya, muridku yang akan membantumu. Waktuku sudah hampir habis. Sayang sekali pertemuan kita begitu singkat," ujar pohon pengetahuan.

Sejak saat itu, Mogu bekerja kepada raja yang semakin hari semakin bijaksana. Rakyat pun hidup makmur dan damai.

Pesan Moral dari cerita legenda nusantara : Mogu Dan Pohon Pengetahuan adalah jadilah anak yang baik dan pintar. Carilah pengetahun sebanyak-banyaknya dengan cara rajin belajar dan gemar membaca. Bantulah siapapun yang membutuhkan dengan pengetahuan dan kemampuan yang kita miliki. Orang yang baik dan pintar akan sukses dan bahagia dimasa yang akan datang.

Banyak sekali cerita legenda rakyat yang bisa di temukan di blog dongengceritarakyat.com. Mulai dari Cerita rakyat nusantara dan kumpulan dongeng anak dari seluruh penjuru dunia. Beberapa legenda dunia terbaik dapat adik-adik temukan di posting kakak berikut ini Cerita Legenda Masyarakat Dari Inggris dan Jerman

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.