Cerita Hewan Bahasa Indonesia : Kunil si Kuda Nil

1596 views

Kisah mengenai Kunil sang Kuda Nil akan menjadi cerita hewan bahasa indonesia yang kakak dongengkan malam hari ini. Ada hikmah yang harus dapat kalian pelajari dari cerita hewan ini. Coba baca dongeng fabel bahasa Indonesia ini sampai selesai. Tentu kalian akan tahu pesan moral apa saja yang terkandung didalamnya.

Cerita Hewan Bahasa Indonesia : Kisah Kunil si Kuda Nil

Kunil si kuda Nil sedang asyik membaca komik. Tiba-tiba, dia terbahak saat membaca adegan yang lucu.

“Hahahha.” Kunil membuka mulutnya lebar-lebar.

“Ih, bau napas mu bikin puyeng.” Keluh ibu yang melintas di depan kunil.

Kunil makin terbahak-bahak hingga terbatuk-batuk. Bau napasnya menyebar di udara. Ibu makin keliyengan.

“Sikat gigi sana.” Kata Ibu.

Kunil menggeleng.” Dengan bau napasku ini, aku ditakuti teman-temanku. Mereka tidak berani dekat-dekat denganku. Kalau aku lewat sambil membuka mulut lebar-lebar, mereka pasti menyingkir.”

Ibu melotot.” Mereka bukannya takut, tapi tidak tahan dengan bau busuk napasmu itu. Mereka bisa sesak napas jika harus mencium bau busuk napasmu itu.”

Kunil mengangkat bahu cuek. Dia pikir, selama ini hidupnya sangat seru. Jika dia melintas, teman-temannya menyingkir. Kunil senang karena itu artinya dia bisa bebas menguasai taman bermain, bebas menguasai meja kantin dan bebas menguasai semua hal yang diinginkan teman-temannya. Tapi kesenangan Kunil tidak bertahan lama.

Hari ini, kepalanya pusing tujuh keliling. Gusinya berdenyut-denyut nyeri. Ibu menyorotkan senter ke dalam mulut Kunil. Ibu memakai masker agar bau mulut kunil tidak tercium olehnya.

“Astaga, gigimu berlubang parah! Tidak hanya satu tetapi tiga. Isemua karena kamu malas menggosok gigi.”

Ibu segera membawa Kunil ke Dokter Gigi spesialis kuda nil. Dokter memberinya setumpuk obat dan juga menambal giginya.

Cerita Hewan Bahasa Indonesia : Kunil Kuda Nil

Cerita Hewan Bahasa Indonesia : Kunil Kuda Nil

“Jangan lupa sikat gigi, minimal dua kali sehari.” Pesan dokter kepada Kunil.

Kunil memandang dokter dengan malas. Dua kali sehari? Biasanya, Kunil menyikat gigi dua hari sekali, buka dua kali sehari.”Baiklah dokter, “ kata Kunil tidak bersemangat.

Karena masih pusing, Kunil pun hanya bisa tidur-tiduran di rumah.

“Mengapa tidak ada teman yang menjengukku?” Keluh Kunil.

Ibu tersenyum.” Kamu kesepian yah? Memang, punya banyak teman itu jauh lebih menyenangkan daripada hanya memiliki sedikit teman. Nanti, setelah kamu smebuh, berbaik-baiklah pada teman-temanmu. Ajak mereka main bersama. Tentunya, dengan napas yang harum dan segar. Jangan lagi pernah pelihara naps baumu itu. Lagi pula sakit gigi tidak enakkan rasanya?”

Kunil mengangguk. Ibunya benar. Kesepian memang tidka enak, apalagi kesepian dengan gigi nyut-nyutan.

Pesan kasih sayang dari Cerita Hewan Bahasa Indonesia : Kunil Kuda Nil adalah

Kebersihan tubuh adalah hal yang harus dijaga. Mandi dan menyikat gigi harus dilakukan dua kali sehari. Yuk ingat-ingat, apakah kalian pernah lupa menyikat gigi sebelum tidur? Apakah mamam lalu menasihati kalian panjang lebar?

Mungkin kalian bertanya-tanya, kenapa sih mama harus cerewet dalam urusan menggosok gigi. Hemm, andai saja kalian tahu apa rasanya sakit gigi, kalian tentu akan berterima kasih kepada mama atas nasihatnya yang cerewet itu.

Gigi yang tidka dirawat dengan baik bisa berlubang. Gusi pun bisa bengkak. Kalau sudah begitu, rasanya nyut-nyutan. Sakit sekali. Mamam tentu tidka ingin kalian menderita. Oleh karena itu, mama tidak akan bosan menasihati kalian agar rajin menggosok gigi.

Temukan cerita rakyat hewan terbaik lainnya pada blog ini, diantaranya dengan membaca artikel sebagai berikut Cerita Rakyat Bahasa Indonesia – Dongeng Cindelaras dan Dongeng Cinderella Bergambar Bahasa Indonesia

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.