Cerita Dongeng Untuk Anak : Kisah Tiga Ikan Mas

Cerita dongeng untuk anak yang akan kami ceritakan hari ini memiliki pesan moral yang sangat baik. Sisipkan pesan moral yang bisa di petik saat mendongengkan cerita ini untuk si kecil malam nanti. Selain cerita dongeng pendek ini masih banyak kisah lain yang menarik salah satunya adalah cerita dongeng putri yang telah kami posting sebelumnya. Selamat membaca.

Cerita Dongeng Untuk Anak Sekolah Dasar : Kisah Tiga Ikan Mas

Tiga ekor ikan mas yang saling bersahabat, tinggal di sebuah danau besar. Mereka selalu bersama-sama, mulai dari bermain sampai mencari makan.

Ketiga ikan mas itu mempunyai sifat yang sangat berbeda. Ikan mas yang pertama, sangat cerdas. Ia selalu menggunakan otaknya untuk berpikir. Ikan mas kedua, hanya menggunakan otaknya jika sedang ada masalah. Sedangkan ikan mas ketiga, tak pernah mau menggunakan otaknya untuk berpikir.

Cerita Dongeng Untuk Anak Kisah Tiga Ikan Mas

Kisah Tiga Ikan Mas

Pagi ini, tiga ikan mas itu bersama-sama mencari makanan di tepian danau. Di sana ada banyak serangga, makanan kesukaan mereka. Tiba-tiba, datang dua anak laki-laki yang hendak bermain di tepi danau. Mereka pun melihat ketiga ikan mas itu.

"Wah, ada ikan mas. Hmm, sepertinya akan lezat jika menjadi lauk," seru salah satu anak.

"Benar. Ayo, kita ambil jaring untuk menangkap ikan-ikan itu!" sahut anak yang lain.

Kedua anak laki-laki itu pun berlari pulang. Mereka mengambil jaring untuk menangkap ikan. Sementara itu, ketiga ikan mas mulai panik. Mereka bingung harus melakukan apa.

Ikan mas pertama yang biasa berpikir, langsung berenang menjauhi tepian danau. Ia kembali ke tengah danau. Sekarang, tinggal dua ekor ikan mas yang masih di tepian danau.

Tak selang berapa lama, kedua anak laki-laki itu kembali. Salah seorang anak laki-laki terlihat membawa jaring di tangannya. Ia sudah bersiap menangkap ikan mas.

"Loh kok ikan mas nya hanya tinggal dua? Bukannya tadi ada tiga?" Ucap salah satu anak laki-laki. Dia heran karena ikan mas nya hanya tinggal dua.

Namun anak laki-laki lain tidak perduli. Toh masih ada dua ikan mas yang bisa mereka tangkap.

Ikan kedua yang hanya mau berpikir ketika saat ada masalah, langsung berpura-pura mati. Ia berpikir, jika berpura-pura mati, pasti kedua anak itu tidak akan menangkapnya. Benar saja, ikan mas kedua tidak di jaring oleh kedua anak laki-laki itu.

Sementara ikan mas ketiga yang selalu malas berpikir dan berusaha, semakin bingung dan panik. Dia mencoba berenang menjauh namun terlambat, jaring terlebih dahulu menangkap tubuhnya.

Kedua anak laki-laki itu pun berlari pulang dengan membawa ikan mas ketiga. Mereka sangat senang karena mendapat ikan mas sebagai lauk makan mereka. Sedangkan ikan mas pertama dan ikan mas kedua berhasil selamat. Karena mereka mau berpikir dan berusaha.

Pesan moral yang dapat diambil dari Cerita Dongeng Untuk Anak : Kisah Tiga Ikan Mas adalah gunakan lah akal pikiran kita untuk memecahkan berbagai masalah yang kita hadapi. Biasakan lah untuk itu agar saat menghadapi masalah besar kita dengan mudah melewatinya. Dan ingat untuk selalu berusaha terbaik dan berdoa.

Baca juga cerita dongeng bergambar terbaik lainnya seperti dongeng anak anak bahasa Indonesia, atau video yang pernah kami buat sebelumnya yaitu cerita dongeng putri tidur dan 3 peri

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.