Cerita Dongeng Untuk Anak Anak Dari Cina dan Korea

Cina dan Korea adalah dua negara yang terknal memiliki banyak sekali dongeng untuk anak anak. Dua dongeng yang akan kami ceritakan merupakan beberapa diantara cerita rakyat yang terbaik dari kedua negara tersebut.

Dongeng Untuk Anak Anak : Jangan Berlebihan Dalam Berkata (Cina)

Suasana pasar saat ini sangat ramai. Ya, seperti biasa, banyak pedagang yang menawarkan barang dagangannya. Dengan berbagai cara, para pedagang menawarkan barang dagangannya agar pembeli tertarik untuk membelinya.

Seperti salah satu pedagang senjata. Ia dengan semangat menawarkan barang dagangannya. Pedagang itu menawarkan dagangannya dengan berlebihan.

"Hey, lihatlah perisai yang aku jual ini. Ini adalah perisai terbaik di dunia. Tak ada senjata yang mampu menembus perisai ini," ucap pedagang itu.

Orang-orang pun mengerumuni penjual senjata itu. Mereka penasaran dengan perisai yang katanya sangat hebat itu.

"Dan ini juga tombak yang sangat hebat. Tak ada satu pun benda yang tak bisa ditembusnya. Tombak ini sangatlah kuat dan tajam," lanjut si pedagang.

Orang-orang pun ramai bertepuk tangan mendengar kehebatan senjata yang penjual itu tawarkan. Bahkan, ada beberapa orang yang ingin membelinya. Tetapi, ada salah satu pemuda yang merasa bahwa perkataan pedagang itu sungguh rancu. ia pun mendatangi dan bertanya kepada pedagang senjata itu.

"Hey, pedagang senjata. Kau bilang perisaimu itu sangat kuat sehingga tak bisa tembus oleh senjata apa pun, dan tombakmu juga sangat tajam sehingga tak ada yang tak bisa ditembusnya. Sekarang aku ingin lihat, antara perisaimu dengan tombakmu, cobs diadu. Mana yang paling kuat," ucap si pemuda.

Cerita Dongeng Untuk Anak Anak Dari Cina dan Korea

Cerita Dongeng Untuk Anak Anak Dari Cina dan Korea

Sontak hal itu membuat orang-orang kaget. Rupanya mereka tak memperhatikan ucapan pedagang itu. Mereka pun menertawakan si pedagang senjata, kemudian pergi meninggalkannya. Pada akhirnya tak ada satu pun yang mau membeli senjata yang ia tawarkan.

Saat itu si penjual senjata pun sadar. Rupanya ia terlalu berlebihan dalam menawarkan dagangannya. Sebelumnya ia tak sadar bahwa hal itu justru membuatnya tak dipercaya oleh pembeli. Sejak saat itu, si pedagang senjata pun akhirnya berdagang dengan ucapan yang sewajarnya. Ia tak mau lagi para calon pembeli menganggapnya sebagai pembual

Pesan moral dari Dongeng Untuk Anak Anak : Jangan Berlebihan Dalam Berkata (Cina)  adalah berkatalah apa adanya, jangan berlebihan. Jika kau sering berkata berlebihan, hal itu akan menyulitkan dirimu sendiri. Membuatmu sulit dipercaya oleh orang lain.

Dongeng Cerita Untuk Anak Anak - Katak Yang Nakal (Korea)

Di sebuah padang rumput yang hijau, ada sebuah danau. Di tepi danau itu tinggallah anak katak dengan ibunya. Si katak kecil sangat nakal. Ia tak pernah mendengarkan perkataan dan nasihat ibunya.

Pagi itu ibunya menyuruh katak kecil untuk mencari makanan di tepi sungai. Namun, si katak kecil malah pergi mencari makan di bukit. Begitupun sebaliknya, jika ibunya menyuruh Katak Kecil mencari makan di pinggir sungai anaknya itu malah pergi ke bukit. Ibunya sangat kesal. Katak kecil tak pernah menuruti perintahnya.

Hari ini ibu meminta Katak untuk bangun pagi, namun si Katak malah bangun siang. Apa yang ibunya suruh selalu dilakukan terbalik oleh si Katak Kecil. Tentu saja sang ibu sangat marah. Tapi, Katak Kecil tak peduli.

Ibu Katak terus saja memikirkan tabiat anaknya hingga akhirnya ia jatuh sakit. Ibu Katak sedih dengan perilaku anaknya. Ia bingung harus bagaimana lagi untuk mengubah sifat buruk si Katak Kecil.

Semakin hari penyakit Ibu Katak semakin parah. Ibu Katak merasa sudah tak bisa hidup lama lagi. Ia ingin saat mati nanti dikuburkan di bukit. Selama ini Katak Kecil selalu melakukan apa pun yang diperintahkan oleh ibunya secara terbalik. Jadi, Ibu Katak akan mengatakan kepada si Katak Kecil bahwa dirinya ingin dikubur di tepi sungai.

"Saat ibu mati nanti, kuburkanlah Ibu di tepi sungai," pinta Ibu Katak. Sang Ibu mengira bahwa si Anak Katak akan menguburkannya di bukit, sebab selama ini si Katak Kecil selalu melakukan perintah ibunya secara terbalik.

Anak Katak mengiyakan. Ia bertekad untuk memenuhi permintaan sang ibu. Ia sangat menyesal karena selama ini tak pernah mematuhi perkataan dan perintah ibunya.

"Selama ini aku tak pernah mematuhi perkataan ibu. Tapi, permintaan ibu yang terakhir akan aku penuhi," isak Anak Katak.

Dongeng Cerita Untuk Anak Anak - Katak Yang Nakal (Korea)

Dongeng Cerita Untuk Anak Anak - Katak Yang Nakal (Korea)

Rupanya kali ini Anak Katak benar-benar melakukan apa yang diperintahkan oleh ibunya, tak seperti beberapa waktu yang lalu. Maka saat sang ibu wafat, si Katak Kecil pun memakamkan sang ibu di tepi sungai.

Saat musim hujan tiba, air sungai meluap. Sementara itu, Anak Katak selalu menjaga makam ibunya agar tak terbawa air sungai. Itulah akibatnya karena si Anak Katak tak pernah mendengarkan perkataan dan perintah ibunya.

Pesan moral dari dongeng untuk anak-anak dari Korea adalah patuhi selalu perintah ibumu agar ibumu tidak sedih dan selalu bahagia.

Temukan Cerita Anak Anak Yang Pendek Terpopuler Dunia terbaik lainnya pada artikel berikut ini Kumpulan Dongeng Fabel Terbaru Terbaik Dunia

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.