Cerita Dongeng Rakyat Riau : Si Jaka Yang Pemberani

Dongeng rakyat Riau yang kami posting sudah berjumlah lebih dari sepuluh cerita rakyat. Jika kalian berasal dari Riau dan ingin tahu cerita rakyat populer dari daerah itu, kalian bisa mencarinya di menu pencarian. Malam ini kami bercerita salah satu cerita rakyat Riau yang paling populer. Ini dia ceritanya.

Cerita Dongeng Rakyat Riau : Kisah Si Jaka

Senja mulai menyapa, seorang bapak, istri, serta seorang anaknya yang bernama, duduk bersantai di halaman rumah. Sebuah rumah yang asri dengan berbagai tanaman buah di sekelilingnya, seperti tebu, pisang, dan rambutan.

"Hasil tanaman kita cukup berlimpah, bagaimana kalau kita jual ke pasar?" tanya Bapaknya Jaka kepada istrinya.

"Alangkah bagusnya ide itu, Pak! Kita bisa berbelanja apa pun di pasar nanti." Istrinya setuju dengan niat suaminya. Mendengar obrolan Bapak dan ibunya, Si Jaka menimpali omongan orang tuanya sambil memegang lutut.

"Kalau Ibu pergi ke pasar, tolong belikan aku sepatu putih, ya?" pinta anak laki-laki berumur 12 tahun itu dengan manja.

"Jangan khawatir, nanti Ayah belikan sepatu, baju, dan celana baru, asalkan mau sekolah besok," kata ayahnya. Si Jaka sangat senang dan berjanji akan pergi ke sekolah.

"Jika kita bisa pergi besok, siapa yang menunggu rumah ini?" tanya si Bapak

"Ayah jangan risau, Jaka sudah besar, tentu dia mau menjaga rumah ini."

"Kalau begitu, baiklah! Subuh nanti tanaklah nasi, goreng ikan bilis atau ikan asin untuk bekal, tetapi jangan lupa tinggalkan untuk Si Jaka," kata si Bapak.

Pagi-pagi sekali ibunya Jaka telah siap membungkus nasi dengan daun lipai. Lauknya goreng ikan bilis serta ikan asin. Ketika hari menjelang malam, Si Jaka mendengar daun tebu berdesau. Dia bangkit sambil menghela sebilah parang panjang, lalu melompat ke pintu, dan turun ke tanah. Tetapi, tak ada siapa pun di luar rumah. Daun tebu di kiri rumahnya berdesau lagi. Si Jaka memandang ke arah suara, nampak sekelebat bayangan binatang. Dengan tak sabar, dia melompat lagi, lalu mencincang leher binatang itu, sehingga binatang itu tumbang dan mati. Si Jaka menyangka itu rusa atau kijang. Dia terkejut bercampur gembira, karena ternyata ia telah membunuh seekor harimau.

Kemudian, harimau itu ditariknya ke halaman dan ditangkupkannya menghadap pintu pagar. Jaka naik ke rumah, karena hari mulai gelap, suasana sekeliling sunyi senyap. Di rumah gelap gulita, tetapi pelita tak dipasang oleh si Jaka.

Sorenya, terdengar suara kiyuuuuutt! bunyi pintu pagar dibuka. Si Bapak datang. Lalu ia berteriak kepada Si Jaka, tetapi tak ada sahutan. Hatinya bimbang, rumah gelap tak berlampu. Dia berteriak lagi. Ibu Jaka memanggil-manggil anaknya sambil terisak, tetapi sedikit pun tak ada jawaban. Tiba-tiba Si Bapak melihat harimau terduduk di halaman. Si Bapak melompat sambil menikam harimau itu dengan kerisnya.

"Matikah anakku dengan harimau ini? Matilah kamu hai binatang!" Dengan geramnya, harimau itu ditikamnya berkali-kali. Tak lama kemudian, Si Jaka membuka pintu rumahnya.

Cerita Dongeng Rakyat Riau

Cerita Dongeng Rakyat Riau

"Ada apa, Ayah?" kata Si Jaka. Ayahnya terperangah melihat Si Jaka, sedangkan Bu Jaka menangis sambil memeluk anaknya.

"Bu, jangan menangis, anak Ibu ini seorang jagoan. Harimau itu telah mati aku cincang, lihat lehernya hampir putus," ucap Si Jaka.

"Mana sepatu barunya, Bu?" kata Si Jaka lagi. Akan tetapi, Ibu Jaka tak tahu lagi di mana letak pesanan anaknya itu. Barang-barang dalam bakulnya berhamburan di tanah. Kemudian mereka bertiga naik ke rumah. Keesokan harinya, harimau itu dikuliti dan dibawa ke pasar. Ternyata kulit harimau tersebut laku dengan harga tinggi. Si Jaka tidak saja mendapat sepatu baru, tetapi dapat pula membeli sepeda.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Rakyat Riau : Si Jaka Yang Pemberani adalah Kita harus patuh kepada kedua orangtua. Juga memiliki keberanian membela diri dan menjaga amanah orangtua Perilaku yang baik akan membawa kesenangan dan kebahagiaan di kemudian hari.

Temukan dan baca juga cerita rakyat daerah Riau lainnya pada posting kami berikut ini Cerita Rakyat dari Daerah Kepulauan Riau

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.