Cerita Dongeng Cerpen Anak Dunia

2889 views

Dongeng Cerpen terbaik akan Kakak selalu posting untuk adik-adik tersayang. Tidak kalah dengan cerpen dongeng anak anak Jepang sebelumnya kali ini Kakak memposting kumpulan cerpen dongeng anak dari Prancis dan Prancis. Kakak yakin adik-adik penasaran dengan cerita rakyat Prancis ini. Selamat membaca.

Cerita Dongeng Cerpen Anak Dari Prancis

Cerita Dongeng Cerpen Anak Dari Prancis

Cerita Dongeng Cerpen Anak Dari Prancis

Kisah Kano Terbang

Dahulu kala, ada sekelompok penebang pohon yang bekerja di tengah hutan lebat. Saat itu musim dingin, akhir tahun hampir tiba dan mereka bekerja sangat keras. Mereka kesepian dan rindu pada keluarga mereka di rumah yang jauh sekali.

Pada hari pertama di tahun yang baru, salju turun sangat deras. Para penebang pohon tidak bisa bekerja. Mereka hanya tinggal di tenda sambil mengobrol.

"Aku ingin pulang hari ini. Aku rindu pada anakku," kata seorang penebang pohon bernama Baptiste. Semua penebang pohon pun setuju.

"Tapi, bagaimana kita bisa pulang? Saljunya tebal sekali. Tidak mungkin kita berjalan kaki di salju setebal itu," kata Jean.

"Siapa bilang kita akan berjalan kaki? Aku akan terbang dengan kanoku," jawab Baptiste.

Ternyata, Baptiste telah melakukan perjanjian dengan setan. la meminta agar setan membuat kanonya bisa terbang. Setan setuju asalkan Baptiste tidak boleh satu kali pun menyebut nama Tuhan saat kanonya terbang. Demi pulang ke rumah, Baptiste menyetujui syarat itu.

Baptiste dan tujuh temannya naik ke dalam kano. Lalu, "Akabris! Akabras! Akabram!" Baptiste membacakan mantra dan kano terbang.

Baptiste dan teman-temannya tertawa girang. Mereka merayakannya sambil minum di atas kano. Perut Baptiste pun kembung. Lalu, ia pingsan. Teman-temannya mengikat dia agar tidak jatuh.

Esoknya, masih di dalam kano yang terbang, Baptiste bangun dan mendapati dirinya terikat. "Ya Tuhan, mengapa kalian mengikatku?" kata Baptiste.

Saat nama Tuhan diucapkan, kano Iangsung terjun bebas ke bumi. Kano jatuh tepat di sebuah pohon cemara. Baptiste dan teman-temannya terguling dan jatuh ke dalam kegelapan. Sejak itu, mereka tidak pernah ditemukan lagi. Itulah balasan bagi mereka yang membuat perjanjian dengan setan.

Pesan Moral dari Cerita Dongeng Cerpen Anak Dari Prancis adalah jangan pernah percaya dengan setan. Sebab, setan akan selalu menyesatkanmu. Selain itu, percaya dengan setan adalah perbuatan musyrik yang dibenci oleh Tuhan

Kumpulan Cerpen Dongeng Anak Dari Prancis

Kumpulan Cerpen Dongeng Anak Dari Prancis

Kumpulan Cerpen Dongeng Anak Dari Prancis

Cerita Rumah Semut

Semut adalah binatang kecil yang rajin dan baik hati. Jika rumah mereka terinjak dan rusak, mereka tidak berkeluh kesah atau marah-marah. Mereka langsung memperbaiki rumahnya.

Selain itu, mereka juga tidak suka duduk bermalas-malasan. Tidak ada waktu untuk berpangku tangan.

Semut berbicara menggunakan indra peraba. Mereka saling meraba untuk membagi-bagi tugas.

Sebagian semut bertugas memperbaiki rumah. Sebagian lagi bertugas mengambil telur-telur dari rumah yang hancur dan memindahkannya ke tempat yang aman. Mereka tahu, jika telur-telur itu tidak diselamatkan maka calon anak semut di dalam telur akan mati.

Semut tidak mempunyai indra pendengaran. Tapi, mereka mempunyai indra penciuman yang tajam.

Semut dapat membuat rumah yang bagus sekali. Mereka seperti arsitek yang sudah berpengalaman lama membangun rumah.

Tuhan memberikan kelebihan itu pada semut karena mereka makhluk kecil yang rajin bekerja dan baik hati. Semuanya bergotong royong untuk kepentingan bersama. Tidak ada satu pun yang hanya memikirkan diri sendiri.

Pesan Moral dari Kumpulan Cerpen Dongeng Anak Dari Prancis adalah Jadilah anak yang rajin seperti semut. Mereka adalah makhluk yang rajin bekerja dan suka bergotong royong. Tahukah kamu, Tuhan menciptakan semut agar manusia bisa belajar kepada semut.

Cerpen Cerita Rakyat Dunia Pendek Dari Rusia

Cerpen Cerita Rakyat Dunia Pendek Dari Rusia

Cerpen Cerita Rakyat Dunia Pendek Dari Rusia

Legenda Putri Salju

Dahulu kala, hiduplah seorang kakek dan nenek. Mereka hidup kesepian karena tidak punya anak. Suatu hari pada musim dingin, kakek dan nenek itu melihat anak-anak tetangga sedang asyik bermain lempar bola salju dan membuat boneka salju. "Ohhh, andai saja kita punya seorang anak," keluh si kakek.

Nenek terdiam. la, merasa kasihan kepada kakek. "Ayo kita buat manusia saiju juga, Kek?" hibur si nenek.

Mereka lalu keluar rumah dan membuat boneka anak perempuan. Tidak lama, bonekanya selesai dibuat. Kakek menambahkan dahan sebagai tangannya, daun tanaman merambat sebagai rambutnya, batang kayu sebagai hidung, serta manik-manik sebagai mulut dan mata.

Saat tengah malam, atas karunia Tuhan, boneka saiju itu berubah jadi anak perempuan yang cantik. Kakek dan nenek saling berpelukan. "Tuhan mendengar doa kita," teriak mereka. Mereka memberinya nama Putri Salju.

Hari berlalu, musim dingin pergi dan musim semi datang. Putri saiju bersedih karena tidak bisa main di luar. la akan mati jika kena sinar matahari.

Saat duduk di dekat jendela, sebuah Iayang-layang tersangkut di sebuah dahan pohon dekat jendela. "Ambilkan layang-layang itu, Putri Salju," kata temannya.

Putri Saiju naik ke atas jendela dan meraih layang-layang. Tapi, ia terpeleset dan jatuh ke luar. Putri Saiju menjerit, tapi terlambat. Tubuhnya menguap ke udara.

Hingga larut malam, kakek dan nenek menangisi kematian Putri Saiju. Tiba-tiba, ada suara memanggil, "Kakek, Nenek." Saat keluar, mereka melihat Putri Salju melayang.

"Jangan bersedih. Kini, aku tinggal dengan Sinterklas. Aku membantunya membagikan hadiah natal. Aku janji akan selalu mengunjungi kalian setiap musim dingin," kata Putri Saiju sambil tersenyum.

Kakek dan nenek menangis tersedu. Tapi, mereka lega karena Putri Saiju berada di tempat yang lebih baik.

Pesan Moral dari Cerpen Cerita Rakyat Dunia Pendek Dari Rusia adalah berdoalah selalu kepada Tuhan agar keinginanmu tercapai. Saat terpisah dengan seseorang kamu boleh bersedih. Tapi, jangan lama-lama. Sebab, orang yang kamu sayangi tidak benar-benar pergi. Mereka akan selalu di hatimu meskipun tidak berada di hadapanmu.

Baca Cerita Dongeng Cerpen Anak Dunia lainnya pada artikel berikut ini Kumpulan Cerpen Dongeng Anak Jepang dan Cerpen Cerita Rakyat Dunia Pendek

 

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.