Cerita Dongeng Binatang Singkat : Keinginan Landak

1890 views
Advertisements

Cerita dongeng binatang singkat selalu kami posting untuk menambah koleksi fabel pendek untuk adik-adik semua. Seperti salah satu cerita fabel singkat ini. Kami yakin adik-adik pasti suka.

Cerita Dongeng Binatang Singkat dari Jerman : Keinginan Landak

Landak sedang duduk sendirian di tepi danau, sambil memandangi tubuhnya melalui pantulan air danau. Ah, ia terlihat murung. Kenapa, ya?

Rupanya, Landak merasa kesepian. Tidak ada satu pun penghuni hutan yang mau berteman dengannya.

Seluruh penghuni hutan takut untuk berteman dengan Landak. Mereka takut akan tertusuk duri Landak. Hal itu membuat Landak bersedih.

"Andai saja aku tak berduri, mungkin binatang-binatang di hutan tak akan lari bila melihatku. Mereka pasti mau menjadi temanku," keluh Landak.

Advertisements

Tiba-tiba, seekor kura-kura muncul dari danau. Ia heran melihat Landak yang murung.

"Hai, Landak. Kenapa kamu terlihat murung?" tanya Kura-kura.

"Aku sedang sedih. Tak ada binatang di hutan yang mau menjadi temanku. Itu karena aku memiliki duri di seluruh tubuhku ini," jelas Landak.

Mendengar cerita Landak, Kura-kura ikut bersedih. Semua binatang memang takut melihat duri di tubuh Landak. Tapi, berbeda dengan Kura-kura.

Ia tidak takut dengan Landak, sebab ia memiliki cangkang yang keras. Tak mungkin cangkangnya tembus terkena duri Landak.

"Aku mau menjadi temanmu," ucap Kura-kura sambil tersenyum.

Advertisements

"Sungguh?" tanya Landak, tak percaya dengan apa yang ia dengar. Kura-kura menganggukkan kepalanya.

Betapa bahagianya Landak, karena ada binatang yang mau menjadi temannya.

Sejak saat itu, Landak dan Kura-kura menjadi teman baik. Mereka terlihat bahagia saat bermain bersama.

Karena pertemanan itu, Landak jadi tahu bahwa Kura-kura menggunakan cangkangnya sebagai rumahnya. Begitu pun dengan Kura-kura. Ia jadi tahu bahwa Landak bisa membuat dirinya seperti bola berduri.

Suatu hari, ketika Landak dan Kura-kura sedang bermain di tepi danau, datanglah Kelinci.

Advertisements

"Hai, Landak, Kura-kura. Besok siang, Kancil berulang tahun. Kalian diundang ke pesta ulang tahunnya. Jangan lupa datang, ya," ujar Kelinci sambil menyerahkan dua lembar undangan.

Wah, Landak menjadi sangat senang. Satu per satu binatang di hutan mulai tidak takut dengannya.

Esok harinya, hampir seluruh penghuni hutan berkumpul di rumah Kancil. Mereka membawa kado dan memberikan ucapan selamat kepada Kancil. Makanan di sana pun sangat banyak, membuat Landak semakin senang.

Namun, ada satu tamu yang tak diundang, yaitu Serigala. Serigala tahu bahwa penghuni hutan sedang berkumpul. Ia pun sengaja datang ke pesta Kancil untuk memangsa mereka.

Suasana pesta ulang tahun langsung menjadi kacau saat Serigala datang. Seluruh binatang yang hadir seketika berlari menyelamatkan diri. Tapi, tidak dengan Landak. Ia justru membuat dirinya seperti bola berduri.

Cerita Dongeng Binatang Singkat
Cerita Dongeng Binatang Singkat

Melihat Landak yang diam di tempat, Serigala pun mendekat. Ia hendak memangsa Landak. Tapi, apa yang terjadi?

Olala, Serigala justru berteriak sangat kencang. Ya, duri-duri di tubuh Landak telah menusuknya. Serigala yang kesakitan pun berlari menjauh.

Semua penghuni hutan bersorak senang. Landak telah berhasil mengalahkan Serigala. Semua binatang mendekati Landak dan mengucapkan terima kasih.

Landak pun sadar bahwa Tuhan telah menciptakan makhluk-Nya dengan kelebihan masing-masing. Dan duri di tubuhnya adalah kelebihan yang ia miliki.

Hikmah yang dapat dipetik dari Cerita Dongeng Binatang Singkat : Keinginan Landak adalah jangan pernah menyesal dengan apa yang Tuhan berikan kepada kita. Sesuatu yang diberikan Tuhan kepada kita, pasti ada manfaatnya.

Untuk mendapatkan cerita rakyat terbaik lainnya, jangan lupa ikuti kami di https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.