Cerita Anak Nusantara : Petani dan Angsa Bertelur Emas

Cerita anak nusantara yang kakak posting malam hari ini diambil dari cerita pendek anak dunia. Karena memiliki pesan moral yang sangat baik, cerita dongeng pendek dunia ini banyak di terjemahkan dan diceritakan untuk anak-anak Indonesia. Kakak ucapkan selamat membaca untuk adik-adik semua.

Cerita Anak Nusantara : Kisah Petani dan Angsa Bertelur Emas

Seorang petani sedang berjalan pulang pada sore hari setelah beraktivitas di kebunnya. Ia bersiul-siul dengan riang. Entah kenapa ia begitu senang, ia sendiri pun tidak tahu. Ia seperti merasa keberuntungan akan menghampirinya pada sore itu.

Dalam perjalanan, tiba-tiba ia melihat seekor angsa yang tampak Ielah. Petani menangkap angsa itu dengan hati-hati, lalu membawanya pulang. Sesampainya di rumah, ia Iangsung memberi makan angsa itu dalam jumlah yang cukup banyak. Rupanya si angsa benar-benar lapar. Ia menyantap habis semua makanan itu. Kemudian pak tani menaruhnya di belakang rumah. Malam itu si angsa tidur dengan nyaman di sana.

Keesokan paginya, petani hendak memberi makan si angsa. Betapa kagetnya ia tatkala melihat sebuah telur emas di dekat angsa.

Wow, rupanya angsa itu menelurkan emas!

"Apakah emas ini asli?" batin petani, ragu-ragu. Maka setelah memberi angsa makan, ia segera pergi ke tukang emas langganannya, sekadar untuk memastikan keaslian telur emas yang dihasilkan oleh si angsa.

"Ini emas murni, dan harganya sangat mahal karena ukurannya besar," kata si tukang emas sambil mengamati telur emas yang dibawa oleh si petani. Kontan saja si petani melonjak gembira mendengar perkataan si tukang emas. Petani Iangsung menjual telur emas tersebut saat itu juga, dan kemudian membawa pulang uang yang sangat banyak.

Cerita Anak Nusantara Angsa Bertelur Emas

Cerita Anak Nusantara Angsa Bertelur Emas

Sejak saat itu, angsa terns mengeluarkan satu telur emas setiap hari. Si petani sangat gembira. Namun, rupanya ia masih merasa belum cukup. Ia membatin, "Seandainya angsa ini mengeluarkan lebih dari satu telur emas setiap hari, maka aku pasti akan semakin kaya raya."

Petani memaksa angsa untuk mengeluarkan Iebih dari satu telur setiap hari. Tak disangka, si angsa bisa melakukannya. Setiap hari ia mengeluarkan dua telur emas. Kekayaan si petani pun semakin melimpah. Tapi, rupanya ia masih belum puas juga. Ia ingin lebih kaya lagi, meskipun sebenarnya saat itu ia sudah sangat kaya berkat telur emas yang dihasilkan oleh angsa ajaib.

"Angsa itu benar-benar hebat," batin petani." "Ia bisa mengeluarkan dua telur emas setiap hari. Aku ingin cepat kaya. Aku tidak ingin menunggu besok. Aku akan menyembelih angsa itu dan mengambil seluruh emas yang ada dalam tubuhnya."

Si petani benar-benar melaksanakan rencananya itu. Ia menyembelih si angsa tanpa berpikir panjang. Sayang sekali, ambisinya tidak terwujud. Di dalam tubuh angsa itu rupanya tidak ada emas sama sekali.

"Ke mana emasnya?" seru si petani, panik. Ia memeriksa sekali Iagi tubuh angsa yang sudah disembelih. Namun, ia sama sekali tidak menemukannya. Kini ia hanya bisa menyesali kebodohan dan keserakahannya sendiri.

"Seandainya aku bisa bersabar dan tidak serakah, pasti saat ini angsa itu masih terus mengeluarkan telur emas," keluh petani. "Sayang, aku telah bertindak gegabah. Keserakahan telah membutakan pikiranku."

Hikmah yang dapat diambil dari Cerita Anak Nusantara : Angsa Bertelur Emas adalah

Demikianlah, keserakahan hanya akan membuat manusia hancur. Karena itu, berhati-hatilah dan hindarilah sifat buruk ini. Syukurilah setiap nikmat yang kita punya. Hal ini akan membuat hati kita lebih tenang, lapang, dan bahagia

Baca juga dongeng anak bergambar terbaik lainnya pada artikel kakak berikut ini kumpulan dongeng anak indonesia.

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.