Cerita Anak Islami : Kisah Nabi Idris

1 comment 4187 views

Mengetahui dan mengikuti ketauladanan para Nabi adalah hal yang seharusnya kita lakukan. Oleh karena itu sangatlah baik jika kita bercerita mengenai Cerita Anak Islami : Kisah Nabi Idris kepada si kecil. Si kecil akan semakin bertambah ilmu agamanya dan juga mengajarkan mereka berperilaku terpuji.

Cerita Anak Islami : Kisah Nabi Idris

Nabi Idris a.s. adalah keturunan keenam dari Nabi Adam a.s. Beliau diamgkat oleh Allah swt menjadi Nabi. Beliau mendapatkan tugas untuk menyegarkan pikiran manusia-manusia di dunia yang lupa denga Tuhannya. Agar menjalan kembalu kewajiban mereka dan selalu taat pada Allah swt.

Cerita Anak Islami : Kisah Nabi Idris

Cerita Anak Islami : Kisah Nabi Idris

Nabi Idris tinggal di Munaf, Mesir tanpa ada seorangpun yang tahu kota kelahirannya. Nabi Idris dinilai Allah memiliki banyak keistimewaan. Ia pandai menjahit pakaian walaupun hanya dengan menggunkan kulit binatang. Setiap ada waktu senggang Beliau selalu menyempatkan untuk menjahit. Nabi Idris selalu membagikan pakaian yang sudah selesai di jahit kepada fakir miskin. Menurut Beliau, berbagi antara sesame umat merupakan hal terpuji yang diajarkan Allah swt. kepandaian Beliau dalam membuat pakaian sangat di puji oleh seluruh kalangan karena mutunya yang baik dan sulamannya yang indah.

Beliau juga termasuk golongan yang dermawan, baik hati dan selalu menyisihkan rezekinya untuk diberikan kepada mereka yang kurang mampu. Selain itu, Nabi Idris juga dikenal karena kegagahan dan keberaniannya. Karena sifat itu, Allah swt memberikan gelar kepada Beliau “Assadul Usud’’(singa dari segala singa). Namun keberaniannya tidak sembarangan dipergunakan, kecuali untuk memerangi orang-orang yang tidak taat kepada Allah swt.

Namun, Nabi Idris menemukan banyak kesulitan dalam mempersatukan umat utuk beriman kepada Allah. Beliau tidak memiliki banyak pengikut. Ia ditentang karena perkataannya sudah dianggap aneh. Namun, ia selalu bersabar dan berusaha tanpa mengenal putus asa untuk berbicaea dari hati ke hati kepada semua umat manusia. Ia selalu mengatakan bahwa bertaqwa kepada Allah adalah hal yang paling baik. Akhirnya, Allah mengangkat Idris menjadi Nabi-nya pada usia 82 tahun.

Nabi Idris mengajak kaumnya untuk menyembah kepada Allah swt. beliau juga menganjurkan mereka untuk banyak beramal sole, menegakkan keadilan dan menjauhkan diri dari larangan Allah swt. nabi Idris sering kali menyerukan kepada umat laki-laki untuk berjihad memerangi orang-orang yang berbuat durhaka kepada Allah swt.  beliau juga menganjurkan untuk berpuasa pada hari-hari tertentu. Apabila ada sebagian masyarakat yang memiliki harta berlimpah, dianjurka untuk memberikan zakat.

Allah swt, memuji sikap dan perilaku Nabi Idris yang sangat saleh dan sabar. Oleh karena itu. Allah menurunkan rahmat dan karunia-nya, serta mengangkat derajat dan martabatnya. Nabi Idris a.s. membenarkan semua ajaran yang bersumberdari Nabi Adam a.s.

Pada suatu ketika. Nabi Idris dipertemukan Allah dengan Malaikat maut. Malaikat itu mengajak  beliau melihat alam di luar kesadarannya. Ketika itu, Nabi Idris memohon kepada Allah untuk dapat naik ke langit menyaksikan keindahan Surga dan panasnya neraka. Permohonan Nabi Idris tersebut dikabulkan Allah, sehingga Nabi Idris tinggal dilangit keempat dan menetapkan di sana hingga hari kiamat.

Nabi Idris a.s. diberi bekal kenabian berupa mukjizat yang luar biasa pada zaman itu. Beliau adalah orang pertama yang pandai menunggang kuda dan mempergunakan senjata. Nabi Idris a.s. dikenal sebagai ahli nasihat serta ahli hikmah. Beliau pandai berbicara dan ucapannya penuh dengan petuah-petuah kebaikan.

Beliau juga mampu menguasai berbagai ilmu pengetahuan. Nabi Idrisa.s. menguasai ilmu perbintangan, memahami rahasia falaq dan bintang-bintang. Beliaulah yang pertama kali mengetahui bilangan dan perhitungan tahun.

Baca cerita anak islami lainya yaitu kisah nabi yahya  dan kisah nabi hud

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.