Kumpulan Kisah Kisah Dongeng Fabel Dengan Pesan Moral

Kumpulan kisah kisah fabel yang akan kami ceritakan pada sore hari ini wajib papa mama ceritakan kepada si kecil. Hal ini karena kumpulan cerita cerita yang kami ceritakan ini mengandung pesan moral yang sangat baik untuk dipelajari. Kami berdoa semoga anak papa mama semua menjadi anak yang baik, cerdas dan berbakti pada orang tua. Selamat berdongeng.

Kumpulan Kisah Kisah Fabel dari Yunani : Akibat Suka Berbohong

Di padang rumput yang hijau, anak gembala sedang menggembalakan domba-domba miliknya. Ia merasa bosan menunggui domba-domba yang sedang makan rumput.

"Lebih baik aku kerjai para petani," gumam anak gembala, berniat iseng.

Anak gembala itu pun mulai memilih-milih ide jahilnya. Ia tersenyum senang saat mendapatkan ide yang cocok untuk mengerjai para petani. Si anak gembala pergi ke pinggir padang, lalu berteriak sekeras-kerasnya ke arah permukiman penduduk.

"Tolong... tolong aku! Ada serigala memakan domba-dombaku," teriak si anak gembala.

Kumpulan Kisah Kisah Fabel dari Yunani

Kumpulan Kisah Kisah Fabel dari Yunani

Para petani yang sedang menggarap sawahnya, langsung berlari ke arah anak gembala. Mereka ingin menolongnya.

“Mana serigalanya? Biar kami yang memburunya," ucap salah satu petani.

Saat para petani panik, justru si anak gembala tertawa terpingkal-pingkal. Para petani pun marah. Mereka sudah meninggalkan pekerjaan mereka untuk menyelamatkan si anak gembala, namun si anak gembala rupanya hanya membohongi mereka.

Keesokan harinya, seperti biasa, anak gembala kembali menggembalakan domba-dombanya. Karena merasa bosan, anak gembala kembali lagi ingin mengerjai para petani yang sedang bekerja menggarap sawah.

"Tolong! Ada serigala! Tolong! Ada serigala memakan domba-dombaku.” teriak anak gembala. Para petani kembali berlari tergopoh-gopoh ke arah anak gembala. Tetapi, lagi-lagi, anak gembala malah tertawa terpingkal-pingkal. Para petani pun semakin marah. Mereka kembali dibohongi oleh si anak gembala.

"Kami tak akan datang lagi meskipun kau berteriak-teriak sampai suaramu habis, dasar kau pembohong," ucap salah satu petani, kesal. Si anak gembala tak peduli. Ia merasa senang karena berhasil membohongi para petani.

Suatu hari, serigala benar-benar datang. Hewan itu mulai memangsa domba-domba yang digembalakan oleh si anak gembala. Tentu saja si anak gembala ketakutan. Sontak ia berteriak minta tolong kepada para petani.

"Tolong! Domba-dombaku dimakan serigala! Tolooong.” teriak anak gembala, panik. Para petani yang mendengar teriakan itu tak menghiraukannya lagi. Mereka pikir, si anak gembala hanya membohongi mereka lagi.

Serigala memakan habis domba-domba itu, dan si anak gembala tidak mampu berbuat apa-apa. Kemudian ia pun mendatangi para petani sambil menangis.

"Kali ini aku tidak berbohong. Habis sudah domba-dombaku dimakan serigala. Kenapa kalian tak mau menolongku?" isak si anak gembala kepada para petani.

"Itu akibat kau suka berbohong. Kami pikir kau hanya membohongi kami lagi. Sekarang terimalah akibatnya. Meskipun kau berkata benar, kini orang sulit percaya kepadamu,"ucap seorang petani.

Si anak gembala menyadari kesalahannya. Ia pun meminta maaf kepada para petani, dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

Pesan moral dari Kumpulan Kisah Kisah Fabel dari Yunani : Akibat Suka Berbohong adalah sekali berbohong, maka orang akan sulit percaya kepadamu lagi.

Kumpulan Dongeng Dongeng Anak : Biasakan Bangun Pagi (Amerika Serikat)

Petani dengan istrinya sedang gembira. Jagung yang mereka tanam berbuah banyak. Hal itu membuat petani dan istrinya mengadakan pesta. Panen akan dilakukan besok.Tetapi sebelum panen, petani dan istrinya mengundang semua kerabatnya untuk berpesta.

"Jagung yang aku tanam cukup banyak. Esok kita akan memanennya bersama-sama," ucap petani.

Mereka pun berpesta hingga larut malam. Mereka jadi lupa bahwa besok harus memanen jagung. Saat pagi mulai tiba, petani dan istrinya masih sangat mengantuk karena pesta semalam. Kemudian mereka pun melanjutkan tidurnya.

Sementara di ladang si petani, para gagak mulai berdatangan. Mereka pun asyik memakan jagung milik si petani. Sementara itu, petani masih tidur di rumahnya. Padahal, biasanya pada pagi hari petani sudah menjaga ladangnya dari gagak-gagak itu.

"Ayo kita makan jagung-jagung ini sebanyak-banyaknya. Rupanya petani belum datang,"seru ketua gagak Setelah selesai memakan hampir semua jagung, gagak pun terbang kembali ke sarangnya. Sementara itu saat siang hari, petani Baru terbangun dan Iangsung pergi ke ladangnya.

Alangkah terkejutnya si petani saat melihat jagung-jagung miliknya sudah habis dimakan para gagak. Ia menyesal sekali karena bangun kesiangan. Padahal, seharusnya ia bangun Iebih awal untuk memanen jagungnya. Tetapi, penyesalan tidak ada artinya.

Kumpulan Dongeng Dongeng Anak

Kumpulan Dongeng Dongeng Anak

"Semua ini karena semalam kita terlalu larut merayakan pesta," keluh petani kepada istrinya.

Istrinya hanya mengangguk penuh penyesalan. Mereka berjanji esok takkan lagi mengulangi perbuatan yang sama.

Pesan moral dari Koleksi Fabel Fabel Terbaik Amerika Serikat adalah biasakan bangun pagi. Selain sehat, bangun pagi juga bisa membuat kita lebih semangat dalam beraktivitas.

Temukan Kumpulan Kisah Dongeng Anak Pendek terbaik kami lainnya pada artikel kami berikut ini Kumpulan Kisah Legenda : Bujang Awang Tabuang

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.