Dongeng Rakyat Kisah Gajah dan seKumpulan Semut

3243 views

Pada suatu hari, Gajah asik berjalan-jalan dipinggiran sungai. Ia pun merasa kelelahan dan memutuskan untuk beristirahat dibawah pohon. Badannya yang besar membuat dahan yang disandarinya bergoyang. Gajah tidak tahu, jika di atas pohon tersebut ada sekumpulan Semut sedang mencari makanan.

Akhirnya, kumpulan Semut tersebut jatuh tepat di kepala Gajah dan masuk kedalam telinganya.
Gajah pun menyadari ada sesuatu yang jatu dikepalanya, ia langsung berdiri dan mengibas-ngibaskan telinganya dan belalainya. Sementara, para Semut pun sangat panic dan ketakutan. Mereka tidak tahu apa yang terjadi dan berusaha mencari jalan keluar. Namun, derap langkah Semut terdengar sangat keras oleh Gajah. Gajah semakin kencang mengibaskan telinga dan belalainya.
‘’ Hei, siapa yang berada ditelingaku? Keluarlah kalian!’’ Tanya Gajah.
‘’ Aku adalah Semut, mohon tenanglah Gajah. Aku dan teman-temanku sedang berusaha keluar dari telingamu.’’ Jawab Semut.
Setelah beberapa saat, Sekumpulan Semut berhasil keluar.
‘’ Hei Semut! Apa yang kau lakukan? Kalian sudah merugikanku. Aku akan membalas kalian.’’ Ujar Gajah marah.
Namun, sekumpulan Semut tidak mengerti yang di katakana Gajah.
‘’ Gajah, ini semua bukan hanya kesalahanku saja. Ini terjadi kesalahanmu juga, seandainya saja kau tidak menyandarkan tubuh mu pada dahan pohon ini, aku dan teman-temanku tidak akan terjatuh dan masuk kedalam telingamu.’’ Ujar Semut membela diri.
‘’ Tidak bisa, tetap saja aku yang sudah dirugikan!’’ ujar Gajah tidak mau kalah

kumpulan dongeng rakyat gajah dan semut

kumpulan dongeng rakyat gajah dan semut

Tiba-tiba, datanglah Kancil. Ternyata, ia melihat kejadian tersebut dari kejauhan dan menengahi keduanya.
‘’ Teman-teman, kalian sama-sama dirugikan. Ini terjadi karena ketidaksengajaan! Lebih baik kalian berdamai dan melupakan masalah kecil ini. Jangan sampai persahabatan kalian rusak gara-gara hal sepele dan tidak ada yang mau mengalah.’’ Ujar Kancil.
Mendengar hal tersebut Gajah dan Semut hanya terdiam.
‘’ Benar sekali yang dikatakan Kancil. Ayo kita lupakan masalah ini, aku mewakili teman-temanku meminta maaf kepadamu.’’ Ujar salah satu Semut.
‘’ Iya Semut. Aku pun minta maaf kepadamu. Tidak seharusnya aku bersikap seperti ini hanya karena masalah sepele.’’ Kata Gajah
Kancil pun merasa sangat senang melihat keduaa sahabatnya saling berdamai . sangat menyenangkan jika semua hal dapat diselesaikan dengan musyawarah, bukan dengan cara kekerasan.

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.