Kumpulan Cerpen Anak SD Terbaik dari Afganistan dan Kongo

Kumpulan Cerpen Anak SD Terbaik selalu kami cari untuk bisa kami bagikan di blog ini. Dua cerita pendek anak yang kami ceritakan malam hari ini memiliki pelajaran berharga yang bisa di petik. Kami yakin si kecil suka dengan dua cerita anak singkat ini. Selamat mendongeng.

Kumpulan Cerpen Anak SD : Kendi Berisi Uang Perak (Afganistan)

Ada seorang petani yang hidupnya miskin. Setiap hari ia berdoa kepada Tuhan agar Tuhan memberikan uang perak kepadanya.

Hingga suatu hari, petani itu pergi ke ladangnya. Celananya robek terkena pohon berduri. Lelaki itu lalu mencabut tanaman berduri itu. Hal itu dilakukannya agar duri di pohon itu tak mengenai orang lain yang lewat. Saat petani mencabut tanaman itu, ia melihat sebuah kendi berisi uang perak yang tertanam di hawah tanaman tersebut. Alangkah senang hati petani itu.

"Tetapi, sepertinya ini bukan uang untukku. Ini milik orang lain." ujar si Petani. Ia pun meninggalkan kendi berisi uang perak itu di tempat semula.

Sesampainya di rumah, si Petani menceritakan hal itu pada istrinya. Sang istri pun memarahinya.

"Harusnya kau membawa uang perak itu ke rumah! Itu rezeki kita," seru istrinya.

"Kalau memang rezeki kita, pasti uang itu akan kembali pada kita," jawab si Petani.

Kumpulan Cerpen Anak SD Terbaik

 

Istrinya menceritakan hal itu kepada tetangganya. Tetangganya mau mengambil uang perak itu, asalkan uang itu dibagi dua dengannya. Istri petani pun menyetujuinya.

Tetangganya pergi ke ladang milik petani. Di sana ada sebuah kendi. Namun, kendi itu bukan berisi uang perak, tetapi berisi ular yang sangat besar. Tetangganya berpikir bahwa istri petani ingin mencelakainya.

"Rupanya istri petani itu membodohiku." ujar si Tetangga.

"Akan aku lemparkan kendi ular ini ke rumah petani itu," dengusnya.

Si Tetangga lalu membawa kendi berisi ular tersebut. Sesampainya di rumah Petani, ia melemparkan kendi itu ke rumah tersebut. Kendi itu masuk ke cerobong perapian rumah petani. Petani dan istrinya kaget mendengar sesuatu yang jatuh di perapian rumahnya. Mereka pun memeriksanya.

"Apa yang terjadi dengan perapian kita?" tanya Istri Petani.

"Sepertinya ada yang melempar sesuatu ke rumah kita," jawab Petani.

Petani itu langsung memeriksa perapiannya. Alangkah kagetnya ia saat menemukan kendi yang ia tinggalkan di ladangnya.

"Ini adalah kendi yang ada di ladangku. Tetapi kenapa kendi ini bisa berada di sini?" ujar Petani, bingung. Ia melihat ke dalam kendi. Ada banyak uang perak di sana, bukan ular.

"Itu berarti kendi berisi uang perak itu adalah rezeki kita," jawab Istri Petani.

Petani itu setuju dengan istrinya. Dia dan istrinya sangat senang. Dengan uang perak itu, mereka tidak akan hidup kesusahan lagi.

"Terima kasih,Tuhan. Engkau telah mengabulkan doaku selama ini," ucap Petani.

Pesan moral dari Kumpulan Cerpen Anak SD : Kendi Berisi Uang Perak adalah Tuhan menyayangi orang-orang yang selalu berdoa kepada-Nya.

Kumpulan Cerita Anak Sekolah Dasar : Setan Dan Petani (Kongo)

Petani sangat geram. Ladang miliknya lagi-lagi rusak. Itu akibat ulah binatang yang ada di hutan. Setiap malam, binatang-binatang itu bisa dengan leluasa mengambil buah yang ditanam petani.

"Aku harus membuat jebakan untuk menangkap binatang-binatang itu," ucap Petani.

Petani lalu menggali sebuah lubang yang dalam. Saat sedang bekerja, ada setan yang mendatanginya. Setan lalu menawarkan diri untuk membantu Petani, tetapi dengan sebuah syarat.

"Aku akan membantumu, tetapi kita bagi dua binatang yang masuk ke dalam perangkapmu." ujar Setan.

"Baiklah, aku akan membagi dua denganmu," jawab Petani. Ia menyetujui usul Setan. Ia takut dengan Setan.

Kumpulan Cerita Anak Sekolah Dasar

"Tidak, akulah yang akan membuat peraturan. Binatang betina yang masuk perangkap ini akan menjadi milikku, sedangkan binatang jantan yang masuk ke dalam perangkap ini akan menjadi milikmu," ucap Setan.

Petani tak bisa menolak permintaan Setan. Setan akan sangat marah jika keinginannya tak dipenuhi. Akhirnya mereka pun sepakat dengan syarat tersebut.

Keesokan harinya, sudah ada beberapa binatang yang masuk perangkap. Binatang yang masuk perangkap rupanya binatang jantan semua. Hal itu membuat petani senang. Itu artinya akan ada banyak persediaan daging di rumahnya. Sementara Setan tak mendapatkan apa-apa hari itu.

Hari berikutnya pun sama. Lagi-lagi hanya binatang jantan yang masuk perangkap. Hal itu membuat Petani senang.

"Tentu raja hanya binatang jantan yang masuk perangkap. Binatang jantanlah yang mencari makan, sementara binatang betina menunggunya di sarang mereka," gumam Petani.

Petani sangat senang dengan apa yang ia dapatkan. Tanaman miliknya kini tak ada yang rusak lagi. Selain itu, ia mendapatkan persediaan makanan yang cukup banyak.

Hingga suatu hari, musim panen tiba. Petani mengajak istrinya pergi ke ladang. Istrinya tak tahu bahwa di ladang terdapat lubang jebakan untuk binatang. Istri petani itu terperosok masuk ke dalam jebakan. Setan sangat girang.

"Akhirnya aku mendapatkan hewan betina," ujar Setan.

"Itu bukan hewan, itu adalah manusia! Dia adalah istriku." seru Petani.

"Aku tak peduli! Dia adalah hewan betina," balas Setan.

Sungguh sedih hati Petani. Ia bingung bagaimana cara menyelamatkan istrinya dari Setan.

Dari dalam lubang, sang Istri berseru, "Bapak, biarkan Setan mendapatkan haknya."

"Kau dengar apa yang dia katakan?" ujar Setan.

Setan sangat senang. Ia langsung masuk ke dalam lubang itu untuk mengambil Istri Petani. Tetapi, tiba-tiba Istri Petani berseru,

"Bapak, ada binatang jantan yang masuk ke dalam perangkap! Jadi dia adalah milikmu!"

Setan tak mau menjadi budak Petani. Akhirnya ia pun melepaskan istri petani itu. Kecerdikan istri petani membuatnya selamat dari Setan.

Pesan moral dari kumpulan dongeng anak Sekolah Dasar : Setan Dan Petani (Kongo) adalah Jangan pernah takut dengan masalah yang kamu hadapi. Hadapilah dengan tenang agar mendapatkan solusi yang baik.

Jangan lupa untuk follow kami di facebook dan youtube dengan mengklik link dibawah ini yah.

https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

https://www.youtube.com/channel/UC_ay1jdDqXucE6Gk7FhVz5Q

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.