Contoh Cerita Pendek Anak – Dongeng Dunia

2890 views

Contoh cerita pendek anak yang diposting malam hari ini diambil dari kumpulan dongeng dunia terbaik. Kakak memang selalu menyajikan cerita rakyat pendek dan dongeng anak singkat terbaik untuk adik-adik semua. Jangan lupa setelah adik-adik membaca contoh dongeng pendek anak yang kakak posting malam hari ini, adik-adik harus belajar dan membantu mama papa yah. Selamat membaca.

Contoh Cerita Pendek Anak Nambia

Asal Mula Belang di Tubuh Zebra

Contoh Cerita Pendek Anak Nambia

Contoh Cerita Pendek Anak Nambia

Dahulu kala, bumi sangat kering dan panas. Tidak banyak sumber air di bumi. Salah satunya adalah sebuah kolam di tengah padang pasir yang dijaga oleh babun (sejenis monyet Afrika).

Babun mengaku dirinya sebagai pemilik kolam itu. la menjaga kolam siang dan malam. "Aku pemilik kolam ini, tidak boleh ada yang minum di kolam ini!" kata babun sambil mengejar siapa pun yang mencoba minum di kolam itu. Jika malam tiba, Babun membuat api unggun dekat kolam agar ia tidak kedinginan.

Suatu hari, zebra datang menghampiri kolam. la berniat melepaskan dahaganya setelah perjalanan jauh. Kala itu, zebra belum memiliki belang di tubuhnya. Kulitnya ditumbuhi bulu-bulu putih berkilauan.

Melihat zebra menghampiri kolamnya, babun marah dan mencegatnya, "Siapa kau? Pergi sana! aku pemilik kolam ini. Ini kolamku!"

Zebra kesal mendengar ucapan babun yang egois. "lni bukan airmu, binatang jelek. Air ini milik bersama," teriak zebra.

Babun marah dan menyerang zebra. Mereka berkelahi dengan hebatnya. Zebra menendang babun dengan kerasnya hingga ia terpental ke bebatuan.

Saat menendang babun, zebra kehilangan keseimbangan. la jatuh ke perapian. Zebra pun berlari kepanasan. Setelah sembuh, noda hitam bekas terbakar di tubuhnya tidak bisa hilang. Namun, zebra menyukai garis-garis hitam memanjang di tubuhnya itu.

Sementara itu, saat terpental babun mendarat dengan pantatnya sehingga menghantam bebatuan yang keras. Sejak saat itu, ia hidup di bebatuan sambil mengelus-ngelus pantatnya yang botak dan merah. Wajahnya pun selalu terlihat marah sejak kejadian itu.

Pesan moral dari Contoh Cerita Pendek Anak Nambia adalah berbagilah dengan teman-temanmu. Hindarilah dirimu dari perkelahian, tidak perlu memakai kekerasan untuk menyelesaikan masalah. Masalah akan terselesaikan dengan baik dengan membicarakannya secara baik-baik.

Contoh Cerpen Pendek Bostwana

Hancurnya Persahabatan Singa Dan Serigala

Contoh Cerpen Pendek Bostwana

Contoh Cerpen Pendek Bostwana

Dahulu kala, singa dan serigala adalah sahabat karib. Mereka suka berburu bersama.

Suatu hari, singa berhasil membunuh seekor banteng yang gemuk. Tapi, ia masih ingin berburu. la menitip pesan kepada sahabatnya, serigala.

"Teman, aku akan berburu lagi.Tolong kau panggilkan keluargaku untuk membawa banteng ini ke rumah," kata singa sebelum pergi berburu lagi.

Namun, bukannya memanggilnya keluarga singa, serigala justru memanggil keluarganya sendiri dan keluarganya berpesta daging banteng yang lezat.

Sorenya, singa sudah puas berburu. Saat ia kernbali ke rumah, ia bertanya pada keluarganya, "Bagaimana daging banteng itu? Enak tidak?"

"Daging apa?"jawab istri singa kebingungan.

Singa heran dan berkata, "Aku tadi menyuruh serigala memanggil kalian untuk menikmati daging banteng buruanku."

"Seharian ini aku sama sekali tidak bertemu serigala," jawab istri singa.

Singa marah besar. la pergi ke rumah serigala. Singa menunggu di dekat kolam untuk menyergap serigala.

Tidak lama kemudian, serigala hendak pergi ke kolam dengan perut kenyang. Singa langsung menerkam serigala. Tapi, serigala cepat berkelit. la berlari ke dalam semak belukar. Sayangnya, singa berhasil memegang kakinya.

"Kena kau, serigala jelek," kata singa.

"Tidak, kau tidak mendapatkanku," kata serigala sambil tertawa.

"Itu bukan kakiku yang kau pegang. Itu akar pohon. Coba saja kau ambil batu dan pukul. Jika berdarah berarti kakiku. Jika tidak, berarti itu akar," kata serigala.

Singa melepaskan pegangannya hendak mengambil batu. Secepat kilat, serigala berlari menaiki tali menuju rumahnya di tebing.

Singa mengejar serigala dan menaiki tali. Tapi talinya terlalu kecil untuk ukuran tubuhnya, Singa pun terjatuh ke tanah.

Sejak saat itu, singe tidak pernah memaafkan serigala. Serigala sendiri sejak saat itu selalu takut pada singa.

Pesan Moral dari Contoh Cerpen Pendek Bostwana adalah jangan berbuat licik seperti serigala. Jika kamu mendapatkan pesan dari orang lain, sampaikanlah dengan baik. Jangan menodai amanah (pesan) dari orang lain. Jangan merebut barang yang bukan milikmu.

Cerita Bergambar Untuk Anak Dari Yunani Kuno

Ayam Betina Merah Yang Cerdik

Cerita Bergambar Untuk Anak Dari Yunani Kuno

Cerita Bergambar Untuk Anak Dari Yunani Kuno

Dahulu kala, ada seekor ayam betina berbulu merah yang tinggal di peternakan. Di sebuah tebing, agak jauh dari rumah ayam betina merah, ada seekor rubah yang tinggal bersama ibunya.

Sudah lama rubah ingin menangkap ayam-ayam di peternakan tempat ayam betina merah tinggal, tapi tidak pernah berhasil. Sebab, ayam-ayam di sana sangat cerdik. Mereka selalu menutup pintu rapat-rapat dan menguncinya dengan kunci besar sehingga rubah tidak bisa masuk.

Saat bepergian, ayam-ayam membawa gunting tajam di kakinya sebagai senjata. Rubah pernah terluka dan kesakitan terkena senjata itu.

Suatu hari, ayam-ayam itu lupa mengunci pintu saat bepergian. Rubah langsung memanfaatkan situasi itu. la masuk ke dalam rumah dan menunggu ayam-ayam kembali.

Saat ayam-ayam kembali, rubah segera menangkap seekor di antaranya dan memasukkannya ke dalam karung. “Akhirnya, kena juga kau. Aku akan makan lezat malam ini bersama ibuku," kata rubah sambil tertawa.

Ayam yang tertangkap itu adalah ayam betina merah. Serigala pun membawa pulang karung yang berisi ayam betina merah di pundaknya.

Perjalanan pulang cukup jauh. Ayam betina merah punya kesempatan mencari akal. la menggunting karung, lalu melompat keluar.

"Aku akan memasukkan batu dalam karung agar ia tidak merasa aku telah hilang," pikir ayam betina merah. Dengan cepat, ayam betina merah memasukkan batu lewat bolongan karung. Lalu, diikatkan lagi bolongan tersebut.

Sesampainya di rumah, rubah memanggil ibunya. `”lbu, aku membawa makanan. Apakah airnya sudah mendidih?" katanya.

"Sudah, Nak. Airnya sudah mendidih," kata ibu rubah.

“Kau buka tutupnya, Ibu. Aku akan menuangkan isi karung. Saat ayam ini jatuh ke panci, tutup segera pancinya," kata rubah. Ibu rubah mengangguk tanda mengerti.

Saat rubah menggoyang-goyang karungnya, batu-batu di dalam karung berjatuhan dan masuk ke dalam panci berisi air mendidih. Airnya muncrat mengenai rubah dan ibunya. Mereka berteriak kesakitan sambil memaki-maki.

Sementara itu, ayam betina merah sedang duduk santai di rumah bersama kawan-kawan dan keluarganya. Lagi-lagi, ia selamat dari ancaman rubah

Pesan moral dari Cerita Bergambar Untuk Anak Dari Yunani Kuno adalah jadilah anak pemberani yang cerdik dan gunakan akalmu saat menghadapi permasalahan. Jangan mudah panik dan takut jika mendapat permasalahan.

Baca Contoh Cerita Pendek Anak – Dongeng Dunia lainnya pada artikel kami berikut ini Cerita Pendek Hewan : Anak Burung Unta Dan Ibunya dan Kumpulan Cerita Hewan Fabel Pendek Terbaru

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.