Fabel Dongeng Harimau dan Rubah Berlomba Lari

2872 views

Dongeng harimau yang kakak ceritakan malam hari ini berkisah tentang seekor rubah pemberani yang mengajak harimau berlomba lari. Cerita harimau ini mengisahkan buruknya sifat sombong. Ingin tahu ceritanya dengan lebih lengkap? Baca ceritanya sampai selesai yah adik-adik

Cerita Hewan Fabel : Dongeng Harimau dan Rubah Berlomba Lari

Fabel Dongeng Harimau dan Rubah Berlomba Lari

Fabel Dongeng Harimau dan Rubah Berlomba Lari

Zaman dahulu kala, di sebuah hutan yang rimbun hiduplah seekor Harimau yang menjadi Raja hutan. Setiap hari, pekerjaannya hanya membuat keributan di dalam hutan. Namun, meskipun setiap hari membuat keributan. Tidak ada yang berani mengadapi Harimau yang sangat kuat perkasa.

Pada suatu hari, semua hewan sedang berkumpul dan mencari sebuah cara untuk mengusir Harimau dari hutan tersebut. Meskipun sudah sangat lama mereka mengobrol. Namun, tidak ada satu orang pun yang berani untuk mengusir Harimau. Tiba-tiba, seekor Rubah kecil maju ke depan.

‘’ Aku yang akan mengusir Harimau dari hutan ini untuk selamanya.’’ Kata Rubah percaya diri.

Semua hewan menyambut dengan sangat gembira keberanian sang Rubah tersebut. Namun, semua hewan yang sedang berkumpul tersebut meragukan keberania Rubah.

‘’ Bagaimana caramu untuk mengusir Harimau si Raja hutan tersebut?’’ Tanya seekor Beruang.

Rubah pun berpikir sejenak bagaimana cara untuk mengusir Harimau. Namun, pada akhirnya Rubah pun mendapatkan ide. Ia pun segera menemui Harimau. Pada saat Rubah datang menghampiri Harimau, Harimau sangat senang dan hendak akan menerkamnya.

‘’ Tunggu dulu Tuanku Harimau!’’ kata Rubah.

Harimau pun tidak jadi untuk menerkamnya.

‘’ Untuk apa kau datang kemari? Inginku makan?’’ kata Harimau.

‘’ Aku datang ke sini untuk menantangmu lomba lari.’’ Kata Rubah menantang.

‘’ Haha, apa kau bilang? Lomba lari? Berani sekali kau menantang Raja hutan?’’ kata Harimau dengan sangat sombong.

‘’ Jika kau memang Raja yang hebat. Ayo kita berlomba lari sampai ke puncak bukit itu. Jika kau memang menang, kau boleh memakanku. Tapi, jika kau kalah, kau harus pergi dari hutan ini dan tidak boleh kembali lagi.’’ Kata Rubah.

Pada awalnya Harimau sangat marah dengan tantangan sang Rubah yang tidak masuk akal. Namun, pada akhirnya, ia pun menyetujuinya. Mereka pun bersiap untuk lomba lari. Hari yang di tunggu pun tiba. Perlombaan antara Raja hutan Harimau dan seekor Rubah yang kecil dan pemberani.

Harimau pun berlari sangat kencang, sehingga ia sama sekali tidak menyadari bahwa Rubah memegangi ekornya dan terbawa lari. Harimau yang sombong tersebut sangat yakin bahwa Rubah berada jauh di belakangnya.

Pada saat Harimau sampai puncak bukit. Ia membalikkan badanya untuk melihat Rubah di belakangnya. Namun, pada saat itu lah sang Rubah melompat ke arah finish. Akhirnya, Rubahlah yang menjadi pemenang loba lari tersebut.

‘’ Apa yang sedang kau cari Tuanku? Aku di sini, dan aku berhasil mengalahkanmu! Sekarang kau harus menepati janjimu.’’ Kata Rubah tertawa senang.

Dengan rasa malu dan sangat marah karena ia di kalahkan oleh seekor Rubah kecil dan ia pun di usir dari hutan. Harimau pun langsung pergi dengan membawa rasa malu. Semua hewan bersorak senang dan merayakan kemenangan Rubah yang berhasil mengusir Harimau.

Pesan moral dari Fabel Dongeng Harimau Berlomba Lari adalah jangan jadi anak yang sombong dan kasar. Orang yang sombong dan kasar tidak akan disukai oleh orang disekitarnya. Jadilah anak yang pintar dan pemberani agar kamu sukses dan bisa menyelesaikan setiap masalah.

Baca dongeng harimau lainnya pada artikel yang telah kakak posting sebelumnya berikut ini Cerita Rakyat Singkat : Harimau Berguru Pada Kucing dan Cerita Pendek Anak : Fabel Harimau dan Macan Tutul

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.