Cerita Fabel Nusantara : Gong Ajaib

No comment 3049 views

Cerita Fabel Nusantara Gong AjaibDi tengah hutan, terdapat sebuah pohon rindang. Daunnya subur, cabang-cabang dan rantingnya sangat banyak. Di pohon itu banyak sekali tawon hutan yang bergerombol membuat rumah. Di hari ke hari semakin bertambah jumlah tawon-tawon tersebut, ketika tawon-tawon itu bergerombol di sarangnya, kelihatan seperti sebuah benda hitam yang sedang bergantung di ranting pohon.

Ketika matahari sangat menyengat. Si Kancil berlari-lari kecil menuju pohon rindang itu. Ia ingin berteduh sambil melepaskan lelah. Saat melihat ke atas, tiba-tiba matanya yang tajam melihat ada benda yang tergantung diranting pohon tepat di atas kepalanya. Cukup lama dia diam sambil mengawasi benda hitam tersebut, hingga akhirnya ketika ada beberpa tawon yang berterbangan dan hinggap pada benda itu, ia baru mengetahui bahwa benda yang bergantung itu tidak lain adalah tawon yang sedang bergerombolam.

Yakin benda itu adalah sarang tawon yang cukup besar dalam hatinya ingin sekali menikmati madu yang ada di dalamnya. ‘’Tapi bagaimana cara mendapatkan madunya? Cukup lama si Kancil berpikir untuk menemukan cara yang di anggapnya paling tepat untuk mengambil madu. Pada saat yang sama tiba-tiba datang Harimau. Air liur Harimau keluar dari sela-sela giginya yang tajam begitu melihat si Kancil yang kecil dan mulus.

‘’Hem, pastilah dagingmu sangat lezat untuk makan siangku Kancil.’’gumam Harimau. Kancil gemetar ketakutan, namun hewan cerdik itu menyembunyikan rasa takutnya.

‘’Oh, kamu Harimau!’’ sahut si Kancil. ‘’Sepertinya kamu kelaparan siang ini.’’

‘’Benar Cil ! Dan relakah dirimu untuk kumakan.’’

‘’Berarti kau akan membunuhku?’’

‘’Itu sudah jelas!’’

‘’Tapi tunggu dulu…kau harus dengar kata-kataku.’’

‘’Apalagi Cil? Aku ini sudah sangat lapar. Dari pagi belum makan sama sekali.”

‘’Aku disini sedang menjalankan tugas!’’ kata si Kancil setelah diam beberapa detik mencari alasan untuk menyelamatkan diri.’’

‘’Tugas apa itu Cil?’’ Tanya Harmau penasaran.

‘’ Ini aku disuruh oleh Nabi Sulaiman untuk menjaga gongnya.’’

‘’Apa? Kamu disuruh menjaga menjaga gongnya Nabi Sulaiman? Dimana gong itu?

‘’Itu..!’’ jawab si Kancil sambil menunjuk benda yang bergantung di ranting pohon. ‘’Gongnya itu milik Nabi Sulaiman. Sedangkan beliau sedang pergi!’’

‘’Apakah kamu sudah pernah mendengarkan bunyi gong itu Cil?’’ Tanya Harimau.

‘’Oh… tentu kawan!’’ jawab Kanci. “Bunyinya sangat merdu sekali.’’

‘’Coba kamu pukul Cil! Aku ingin mendengarnya, ‘’pinta Harimau.

‘’Oh jangan..jangan…! Sekali-sekali jangan di pukul, nanti aku mendapatkan marah dari baginda Nabi Sulaiman. Aku tidak mau di hukum karena melanggar perintah..’’

‘’Cuma sekali saja Cil. Masa kamu tidak mau! desak Harimau

‘’Tidak.. aku tidak mau!’’ jawab si kancil menolak.

‘’Kalau begitu aku sendiri yang akan memukulnya.’’ Pinta Harimau

‘’Kamu juga tidak boleh tanpa ijin Nabi Sulaiman.’’

‘’Kamu jangan macam-macam Cil! Kalo kamu tidak membiarkan aku memukul gong itu. Maka sekarang juga kau aku terkam.’’

‘’Jangan dong.’’

‘’Jadi biarkan aku memukulnya.’’

‘’Wah gawat!’’

‘’Gawat gimana? Apa maksudnya?’’

Cerita Fabel Nusantara Harimau lati tunggang langgang di sengat tawon

Cerita Fabel Nusantara Harimau lati tunggang langgang di sengat tawon

Kancil berkata lirih,’’ Sebenarnya gong ini bukan hanya bersuara merdu. Tapi siapa yang memukulnya dan mendengar suaranya akan ditakuti semua binatang lain. Artinya dia akan menjadi raja di hutan ini.’’

Mendengar keterangan itu Harimau makin penasaran. Ia mendengus dan siap menerkam si kancill. Kacil ketakutan. Harimau tidak main-main. ‘’Baiklah kalau kamu tetap memaksa kawan! Tapi tunggu dulu! Karena aku tidak mau kena hukuman Nabi Sulaiman, maka aku harus pergi dulu. Baru setelah aku pergi jauh kamu boleh memukul gong itu.’’

‘’Aku setuju Cil!’’ jawab Harimau. ‘’Kalau begitu cepatlah kamu tinggalkan tempat ini.’’

‘’Selamat tinggal kawan! Semoga kamu bisa menikmati suara merdunya suara gong itu,’’ kata si Kancil.

Setelah mengira si Kancil pergi cukup jauh. Harimau pun kemudian mengambil ranting kayu kering yang bergeletak di tanah, tidak jauh dari tempatnya berdiri. Ia segera mendekati benda hitam itu tanpa mengamat-amati terlebih dahulu dan langsung mengayunkan ranting tersebut. ‘’Bukk..Buk…! Dua kali Harimau memukulnya dengan keras. Saat itulah gong yang dipukulnya bukan gong, tetapi rumah tawon. Tawon yang bergerombol itu langsung mendengung marah.

Harimau terkejut bukan main. Ia baru menyadari yang dipukulnya itu bukan gong, tetapi rumah tawon. Tawon-tawon itu dengan ganas menyerbu Harimau.

“ Kancil keparat kau sudah menipuku!’’ teriak Harimau kesakitan karena disengat puluhan Tawon.

Harimau langsung lari meninggalkan tempat itu. Ia tidak ingin disengat lebih banyak lagi 0leh tawon-tawon hutan yang sangat ganas tersebut.

Cerita Fabel Nusantara Gong Ajaib - Kancil Sedang Melihat dari semak

Cerita Fabel Nusantara Gong Ajaib - Kancil Sedang Melihat dari semak

Si Kancil yang bersembunyi di balik semak-semak hanya tertawa kecil melihat apa yang telah dialami Harimau. Dia sangat senang karena keinginannya untuk mendapatkan madu tawon, sebentar lagi akan terwujudkan. Sebab setelah rumah tawon tersebut di pukul oleh Harimau, banyak sekali madunya yang berceceran di tanah. Sesaat setelah tawon-tawon itu tenang kembali, mulailah si Kancil mendekati tempat itu dan memakan madunya yang sangat lezat.

Sedang asyik-asyiknya menyantap madu. Tanpa di sadari oleh si Kancil, ada seekor tawon yang hinggap di hidungnya dan menyengatnya.’’ Aduh…!’’ teriak si Kancil sambil melompat-lompat kesakitan.

Si Kancil merasakan kesakitan yang luar biasa. Sambil menahan sakit. Ia pun bergegas pergi meninggalkan tempat itu.

Pesan Moral dari Cerita Fabel Nusantara : Gong Ajaib adalah dalam setiap kesulitan pasti ada jalan keluar. Hendaknya kita terus berusaha dan berpikir jernih walaupun kondisi sangat tidak mendukung

 

 

 

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.