Sejarah Singkat Asal Usul Reog Ponorogo – Cerita Rakyat Jatim

Asal Usul Reog Ponorogo arau sejarah singkat Reog Ponorogo pernah kami posting sebelumnya yaitu pada posting berikut ini Cerita Rakyat Indonesia – Sejarah Asal Mula Reog Ponorogo. Kali ini kami memposting versi lain dari cerita rakyat Jawa Timur ini. Selamat membaca.

Sejarah Singkat Reog Ponorogo | Asal Usul Reog Ponorogo

Dewi Sanggalangit terkenal karena kecantikannya. Ia adalah puteri raja Kediri. Banyak pangeran dan raja-raja ingin meminangnya untuk dijadikan sebagai istri. Namun sayang, ia belum memiliki keinginan untuk menikah. Hal ini membuat kedua orang tuanya bingung. Sebab, mereka ingin menimang seorang cucu. Mereka pun mendesak sang Putri agar cepat menikah.

Karena itu, sang Putri akhirnya mau menikah, namun dengan syarat dihibur oleh tontonan yang menarik. Tontonan itu harus belum pernah ada. Tontonan ini harus semacam tarian yang diiringi gamelan, dilengkapi barisan kuda kembar, dan ada binatang berkepala duanya. Tak lama setelah itu, sang Raja mengadakan sayembara, isinya persis seperti yang diminta oleh sang Putri.

Para pelamar yang tadinya bersemangat menjadi banyak yang ciut nyalinya. Banyak dari mereka yang akhirnya mengundurkan diri. Akhirnya tinggal dua orang saja yang tersisa. Mereka adalah Raja Singabarong dari Kerajaan Lodaya dan Raja Kelana Swandana dari Kerajaan Bandarangin.

Raja Singabarong adalah manusia yang aneh, yakni berkepala harimau dan berbulu lebat. Bulu itu dipenuhi kutu. Itulah sebabnya ia memelihara seekor burung merak yang rajin mematuki kutu-kutu itu. Sifatnya buas dan kejam. Sedangkan Kelana Swandana adalah seorang raja yang berwajah tampan dan gagah, namun punya kebiasaan suka pada anak laki-laki.

Raja Singabarong memanggil patihnya yang bernama Iderkala. Ia diutus untuk menyelidiki pesaingnya, Kelanaswandana. Setelah itu, sang Patih bergegas menuju Kerajaan Bandarangin untuk menyelidiki. Setelah beberapa hari, ia pulang untuk melapor.

Sang Patih melapor jika semua syarat yang diajukan sang Putri berhasil disiapkan, kecuali binatang berkepala dua. Mendengar hal itu, Singabarong menjadi panik. Ia pun memerintahkan prajuritnya untuk menyerang Kerajaan Bandarangin. Singabarong bermaksud merebut hasil usaha Kelanaswandana.

Setelah siap, Singabarong memerintahkan beberapa mata-mata untuk menyelidiki rute perjalanan Kelanawandana. Namun, mata-mata tersebut tertangkap prajurit Bandarangin. Setelah mengetahui rencana Singabarong, Kelanaswandana bergegas menyerang Kerajaan Lodaya.

Saat itu, Singabarong tengah tertidur di taman kerajaan karena keenakan kutu di kepalanya dipatuki burung merak peliharaannya. Di luar istana, pasukan Bandarangin berhasil mengalahkan prajurit Lodaya. Saat itu, baru Singabarong terbangun. Sementara itu, si burung merak masih saja mematuki kutu-kutu di kepala Singabarong.

Saat hendak mengamati keadaan, Singabarong dicegat oleh Kelanaswandana. Dengan kesaktiannya, Kelanaswandana Mengubah Singabarong menjadi harimau. Namun bagian kepala harimau itu juga ada kepala merak.

Sejarah Singkat Reog Ponorogo | Asal Usul Reog Ponorogo

Kemudian, Kelanaswandana membawa hewan penjelmaan Singabarong untuk menggenapi syarat yang ditentukan oleh Dewi Sanggalangit. Melihat segala yang diminta berhasil dipenuhi oleh Kelanaswandana, Dewi Sanggalangit bersedia menikah. Seiring waktu, kesenian ciptaan Kelanaswandana dikenal dengan nama reog ponorogo.

Baca Cerita Rakyat Jatim terbaik lainnya selain Sejarah Singkat Reog Ponorogo | Asal Usul Reog Ponorogo pada posting berikut ini Cerita Rakyat Jawa Timur : Asal Usul Kota Surabaya