Macam Macam Cerita Legenda Rakyat dari Gorontalo

Macam macam cerita legenda Rakyat yang berasal dari Gorontalo ternyata sangat banyak. Kali ini kami akan memposting dua cerita rakyat yang paling terkenal.

Macam macam cerita legenda Rakyat : Limonu yang Perkasa

Ayah dan kakak Limonu sudah meninggal saat ia masih kecil. Ibunya yang bernama Ohohiya membesarkan Limonu seorang diri sehingga ia tumbuh menjadi seorang pemuda yang perkasa.

Suatu hari, di daerah Benteng Otanaha akan diadakan pertemuan para pendekar silat. Salah satu pendekar yang akan menghadiri acara itu adalah Hemuto, seorang jagoan yang sangat disegani.

"Ibu, izinkan aku ikut ke pertemuan itu." Limonu meminta izin,

Tekad Limonu sudah bulat sehingga dengan terpaksa Ohohiya pun mengizinkannya.

Limonu lalu berangkat ke pertemuan itu. Ia mencari Hemuto untuk mengutarakan niatnya belajar beladiri kepadanya. Hemuto yang mengagumi perawakan Limonu mengizinkan pemuda itu menjadi muridnya.

Saat Limonu sedang mengasah keris, sang Ibu mendatanginya dan mengungkapkan rahasia keluarganya.

"Anakku, ketahuilah, bahwa pembunuh ayah dan kakakmu adalah Hemuto," kata ibunya.

Karena Limonu adalah pemuda yang cerdik dan bijaksana, ia hendak rnenyelesaikan masalah keluarganya juga dengan cara yang bijaksana. Ia segera menemui gurunya dan menanyakan langsung kebenaran cerita ibunya.

Hemuto kaget karena tidak menyangka Limonu adalah anak dari seorang raja yang dulu dibunuhnya dalam sebuah peperangan.

"Tidak kusangka kau adalah putra musuhku," kata Hemuto.

"Aku juga tidak menyangka kau pembunuh ayah dan kakakku," jawab Limonu.

Mereka kemudian sepakat untuk mengadakan pertempuran yang adil tanpa rnuslihat. Limonu segera menyiapkan pasukan kerajaan untuk melawan pasukan Hemuto. Berkat kecerdikan Limonu, pasukan Hemuto bisa dipukul mundur. Limonu bisa merebut dan melindungi wilayah yang sudah lama dijajah Hemuto.

Kumpulan Cerita Rakyat Pendek : Lahilote dan Tujuh Bidadari

Dulu di salah satu daerah di Gorontalo, ada seorang laki-laki bernama Lahilote. Ia tinggal seorang diri. Kegemarannya adalah berburu. Ia berbadan tegap dan memiliki kemauan kuat.

Suatu hari saat berburu, Lahilote mendengar suara ribut-ribut dari kolam yang berada di dalam hutan. Lahilote pun mendekati asal suara itu. Ketika sampai, Lahilote terkejut karena menjumpai tujuh wanita sedang mandi. Setelah mandi, ketujuh wanita cantik tersebut terbang ke angkasa.

Suatu hari, Lahilote menemukan selendang di tengah hutan. Ia pun menyimpan selendang itu dan menyimpannya di rumah. Setelahnya, ia kembali ke hutan untuk berburu. Di sana, ia menjumpai seorang bidadari yang sedang menangis sendirian. Bidadari itu ditinggal teman-temannya terbang ke angkasa. Sambil menangis, bidadari itu mencari selendangnya.

Lahilote kemudian mendekati bidadari itu. Ia pun menghibur bidadari itu dan berjanji akan melindunginya. Nama bidadari itu adalah Boilode Hulawa. Kemudian, keduanya berangkat menuju rumah Lahilote. Singkat cerita, keduanya akhirnya menikah. Setiap harinya, Lahilote bekerja sebagai petani dan pemburu sedangkan Boilode Hulawa mengurus rumah. Lahilote bekerja dengan sangat tekun.

Suatu hari, Boilode Hulawa teringat pada kahyangan dan sahabat-sahabatnya. Ia tak henti-hentinya merindukan negeri asalnya. Namun, ia tidak bisa berbuat apa-apa karena selendangnya sudah tidak ada.

Menyadari suaminya bekerja keras setiap hari, Boilode pun berusaha membantu meringankan beban suaminya. Menggunakan ilmu kesaktiannya sebagai bidadari, ia bisa menyediakan aneka lauk pauk yang lezat.

Suatu ketika, Boilode hendak mengambil beras di lumbung. Tanpa sengaja, ia menemukan selendangnya. Alangkah gembira hatinya karena sebentar lagi bisa berjumpa dengan kawan-kawannya. Tapi sebelum pergi, ia hendak berpamitan dulu dangan suaminya.

Macam Macam Cerita Legenda Rakyat

Macam Macam Cerita Legenda Rakyat

Begitu bertemu, Boilode mengutarakan keinginannya. Lahilote sedih, namun tak bisa menghalangi kepergian istrinya. Melihat itu, Boilode berjanji sesekali akan turun ke bumi dan bertemu dengan Lahilote. Setelahnya, Boilode pun terbang ke angkasa, sedangkan Lahilote sedih menatap kepergian istrinya.

Baca juga macam macam cerita legenda Rakyat terbaik dari kami pada posting berikut ini kumpulan cerita rakyat nusantara dan cerita rakyat yang singkat dan menarik

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.