Legenda Yang Ada di Indonesia : Asal Mula Pamboang

Legenda yang ada di Indonesia sangatlah banyak. Kali ini kami akan menceritakan asal muasal suatu daerah bernama Pamboang. Ini dia cerita rakyat pendek tersebut.

Legenda Yang Ada di Indonesia : Asal Muasal Pamboang

Suatu hari, tiga pemuda dari kampung Benua berniat membangun pelabuhan. Oleh karena itu, mereka mendapat gelar I Lauase, I Lauwella, dan I Labuqang. Gelar tersebut sesuai dengan bidang yang mereka kerjakan. I Lauase membuka hutan. I Lauwella membersihkan sepanjang pantai. I Labuqang meratakan tanah pantai. Setelah selesai, mereka menamai tempat tersebut Pallayarang Tallu, atau tiga tiang layar.

Suatu ketika, datang kurang lebih 7.000 pengungsi. Mereka dipimpin oleh Puatta Di Karena. Kerajaan mereka telah hancur diserang musuh. Setelah beberapa waktu tinggal, Puatta Di Karena mengajak I Lauase untuk bergabung membuat kerajaan baru.

I Lauase segera berembug dengan kedua temannya. Setelah berembug, ternyata I Lauwase dan I laubuqang tidak setuju. Keesokan harinya, I Lauase menyampaikan hasil musyawarah tersebut.

Legenda Yang Ada di Indonesia

Legenda Yang Ada di Indonesia

"Bagaimana kalau kami berikan tambo (upah) untuk kalian setiap bulannya? Namun, wilayah ini harus masuk dalam kerajaan yang akan kami buat," kata Puatta Di Karena.

I Lauase kembali berembug dengan kedua temannya. Kedua temannya setuju dengan pertimbangan akan memakmurkan masyarakat sekitar. Ia pun segera menyampaikan hasil musyawarah tersebut kepada Puatta Di Karena.

"Kapan tambo itu akan diberikan?"

"Seminggu lagi," jawab Puatta Di Karena.

Namun, Puatta Di Karena tidak pernah datang lagi. Kata tambo pun jadi bahan perbincangan masyarakat Pallayarang Talu. Lama-lama, nama daerah itu berubah menjadi Tamboang, sekarang menjadi Pamboang.

Temukan juga Legenda Yang Ada di Indonesia lainnya pada posting berikut  Dongeng Cerita Mitos Indonesia dari Sulawesi Barat dan Dongeng Cerita Anak Indonesia Terbaik dengan Pesan Moral

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.