Kumpulan Cerpen Anak Sekolah Dasar dari Jerman dan Yunani

Kumpulan cerpen anak sekolah dasar  yang ada di blog ini berasal dari berbagai negara. Semuanya mengandung pesan moral yang sangat baik. Jangan lupa like kami di facebook dan google plus.

Kumpulan Cerpen Anak Sekolah Dasar : Janji Nelayan Dengan Ikan Koki (Jerman)

Seorang nelayan pergi ke laut untuk mencari ikan. Ia mengayunkan jaringnya ke tengah laut. Olala... ia mendapat ikan koki yang sangat cantik. Rupanya ikan koki itu bisa bicara.

"Tolong lepaskan aku. Jika kau melepaskanku, maka hidupmu tidak akan miskin lagi," ucap ikan koki.

Kumpulan Cerpen Anak Sekolah Dasar

Kumpulan Cerpen Anak Sekolah Dasar

Nelayan itu pun Iangsung melepaskan si ikan koki. Si ikan koki kemudian meminta agar nelayan tak menceritakan hal itu kepada siapa pun.

"Berjanjilah untuk tidak menceritakan kejadian ini kepada siapa pun. Jika kau melanggar janjimu, maka kekayaan yang aku berikan kepadamu akan lenyap," ujar Ikan Koki.

"lya, aku berjanji akan merahasiakan hal ini," balas Nelayan.

Nelayan pulang dengan Kati gembira. Saat tiba di rumah, ia kaget dengan keadaan rumahnya. Rumah kecil miliknya telah menjadi rumah yang mewah. Istri dan anaknya juga sudah berpakaian dengan pakaian yang sangat indah.

Istrinya menanyakan apa yang sudah nelayan itu lakukan. Ia terus saja bertanya, kenapa mereka tiba-tiba menjadi orang kaya.

"Pasti kau telah melakukan sesuatu. Ayo beri tahu aku. Aku tidak akan menceritakannya kepada siapa.” ujar Istri Nelayan.

"Berjanjilah kau tidak akan bercerita kepada siapa pun," pinta Nelayan.

"Aku berjanji," ujar istrinya.

Nelayan lalu bercerita tentang ikan koki yang ditemuinya. Istrinya senang mendengar rahasia itu. Olala... rupanya para tetangga juga ingin mengetahui rahasia Nelayan. Para tetangga kemudian mendekati istri nelayan. Mereka terus saja menanyakan rahasia menjadi orang kaya.

"Aku akan memberi tahu kalian," ujar istri nelayan.

Istri nelayan lalu memberitahukan rahasia ikan koki itu kepada tetangganya. Mereka semua jadi tahu. Karena telah melanggar janjinya, akhirnya nelayan itu kembali miskin. Seketika kekayaannya hilang.

Jika saja nelayan itu tak melanggar janjinya, pasti ia akan tetap hidup kaya. Janji memang harus selalu ditepati. Apa pun alasannya, melanggar janji adalah hal yang tak baik.

Pesan moral dari Kumpulan Cerpen Anak Sekolah Dasar : Janji Nelayan Dengan Ikan Koki (Jerman) adalah jangan pernah melanggar janji. Sekali melanggar janji, maka kau akan sulit dipercaya lagi. Tepatilah janji yang sudah diucapkan.

Kisah Dua Ekor Tikus (Yunani)

Ada dua ekor tikus yang bersahabat. Namun, mereka tinggal di tempat yang sangat berbeda. Tikus putih tinggal di rumah orang kaya sehingga hidupnya, selalu tercukupi. Sedangkan tikus hitam hidup di salah satu ladang, namun ia memiliki rumah sendiri.

Hari itu, Tikus Putih berkunjung ke rumah Tikus Hitam. Hidup Tikus Hitam memang sangat sederhana. Makanan yang tersedia di rumahnya merupakan hasil menanam sendiri.Tikus Putih lalu berkisah tentang hidupnya yang cukup mewah.

"Kau tahu, di tempat tinggalku, semua serba tercukupi. Makanannya enak-enak, dan aku tak perlu menanamnya sendiri. Lebih baik kau ikut aku.Tinggal bersamaku lebih enak,"ajakTikus Putih.

Tikus Hitam mulai tergoda. Ia membayangkan kehidupan Tikus Putih yang serba enak dan mewah.

"Baiklah, aku akan ikut bersamamu,"ucapTikus Hitam.

Hari itu Tikus Hitam ikut ke tempat tinggal saia, tinggal di rumah Tikus Putih sungguh enak. Ada banyak makanan lezat yang tersedia. Ternpat tidur Tikus Putih pun sangat nyaman.

Beberapa hari tinggal di rumah Tikus Putih, Tikus Hitam mulai merasa tak nyaman. Rupanya Tikus Putih selalu mengambil makanan milik orang kaya. Pantas saja makanan yang dia makan selalu enak. Di rumah itu juga Tikus Putih harus berhadapan dengan seekor kucing yang selalu siap rnenerkam. Oh, sungguh berbahaya.

"Aku akan pulang saja, temanku. Rupanya hidup di rumahku lebih nyaman," ucap Tikus Hitam.

"Kenapa?" tanya Tikus Putih.

"Meskipun hidup sederhana, tapi aku tak mencuri milik siapa pun. Di rumahku juga tak ada bahaya yang mengancam seperti di rumahmu. Aku lebih nyaman tinggal di rumahku," ucap Tikus Hitam.

Tikus Putih yang mendengar itu menjadi malu. Rupanya, tak semua pandangan yang ia miliki sama dengan temannya. Tikus Hitam pun pulang ke rumahnya. Sejak saat itu, ia tak mau lagi pindah ke rumah hewan lain.

Tikus Hitam kembali bercocok tanam dan makan apa yang dia tanam. Ia tak mau makan dari hasil mencuri seperti Tikus Putih.

Pesan moral dari adalah mencuri adalah perbuatan yang tak baik. Jadilah anak yang jujur agar kau disayang oleh semua orang.

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.