Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara dan Dongeng Fabel Dunia

Blog dongengceritarakyat.com berisi kumpulan cerita rakyat nusantara dan dongeng dunia terbaik. Semuanya mengandung hikmah yang dapat dipetik oleh pembacanya. Pengunjung dapat mengirim dan meminta dongeng anak yang belum terdapat di blog ini. Dengan senang hati kami akan menanggapinya. Untuk kali ini ada dua dongeng fabel yang akan kami ceritakan, kami yakin adik-adik semua akan menyukainya.

Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara : Binatang Tersembunyi

Ada seekor binatang yang tinggal bersembunyi karena tidak ingin ada yang tahu keberadaannya. Terkadang dia memperhatikan dari jauh binatang-binatang yang asyik bermain di kedalaman laut atau di permukaan. Keberadaannya memang sangat misterius.Terkadang dekat, tapi tak terlihat.

Hingga suatu hari, tanpa sengaja seekor ikan badut menyentuh durinya yang beracun. Si binatang misterius ketakutan sekali melihat ikan badut itu mulai kehilangan kesadarannya. Tidak ada cara lain, dia harus menampakkan diri untuk menolong si ikan badut.

"Apa kau baik-baik saja?  Aku mohon, sadarlah,"  katanya.

Ikan badut terbelalak kaget melihat rupa binatang tersebut yang penuh dengan duri. Sepintas dia seperti bola yang penuh dengan duri dan berwarna gelap. Mungkin karena itulah selama ini ia memilih bersembunyi.

"Tidak usah takut. Aku akan menolongmu. Racunku hanya akan membuatmu meriang," katanya.

Si ikan badut yang tidak tahu binatang apa yang sedang menolongnya hanya bisa terbengong.

"Kau ini apa sebenarnya? Aku tidak pernah melihat binatang sepertimu," tanya Ikan Badut yang mulai membaik.

Si binatang misterius tertawa.

"Tentu kau tidak pernah melihatku, karena aku memang bersembuny.” jawabnya.

"Terima kasih sudah menolongku," ujar Ikan Badut. "Namaku Dufi. Senang bisa melihat binatang yang bersembunyi."

Binatang misterius itu akhirnya bercerita bahwa dia adalah seekor Bulu Babi. Selama ini tidak ada satu pun binatang di laut yang mengetahui keberadaannya. Ikan Badutlah yang pertama kali.

Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara : Binatang Tersembunyi

Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara : Binatang Tersembunyi

"Selamat, kau jadi yang pertama yang melihat dan berkenalan denganku. Namaku Tino," ucap Tino Bulu Babi.

Ternyata selama ini ada seekor binatang yang tinggal di balik karang untuk bersembunyi. Senangnya menjadi Ikan Badut, dia menjadi binatang pertama yang berteman dengan riakhluk misterius itu, Bulu Babi.

Pesan moral dari Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara : Binatang Tersembunyi  adalah Bukankah selalu ada yang pertama untuk segala hal? Janganlah takut dengan hal-hal yang baru pertama kali kau temui atau kau lakukan.

Dongeng Fabel Dunia : Tawon Dan Lebah Madu

Tawon dan Lebah madu sebenarnya adalah saudara sepupu. Tetapi, mereka memiliki suatu masalah. Bermula dari suatu kesalahpahaman kecil tentang sarang, hingga menjadi pertengkaran yang membuat mereka saling mendiamkan. Kemudian mereka pun berpisah.

Baik tawon atau lebah madu sama-sama melarang anak-anak mereka untuk saling berhubungan. Di kubu tawon, mereka menakut nakuti anak-anak bahwa para lebah menggunakan sari tubuh tawon untuk membuat madu. Dan di kubu lebah madu, mereka mengatakan bahwa tawon adalah pembunuh berdarah dingin. Semua anak-anak takut akan cerita yang melegenda itu.

Tapi tanpa sepengetahuan mereka, sebenarnya ada dari mereka yang sudah menjalin pertemanan sejak lama. Mereka sedang berusaha agar tawon dan lebah madu kembali berbaikan. Mereka adalah Wonwon Tawon dan Bani si Lebah.

"Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Apalagi kita ini saudara, jadi janganlah bermusuhan," ucap Bani si Lebah kepada Wonwon Tawon.

Keputusan untuk mempertemukan kedua belah pihak sudah menjadi keputusan yang bulat. Bani si Lebah akan membawa kaum lebah ke tempat yang telah ditentukan, dan begitu pula yang akan dilakukan oleh Wonwon Tawon terhadap kaumnya.

Pada waktu yang telah ditentukan, Wonwon Tawon dan Bani mempertemukan kedua kaum yang berselisih itu. Namun, kedua tawon malah hendak saling menyerang sebelum akhirnya Wonwon dan Bani melerai mereka.

Wonwon dan Bani memutar sebuah film yang menunjukkan masa-masa ketika tawon dan lebah masih bersahabat. Hal itu membuat mereka tenang. Mereka tampak menikmati film tersebut. Sepertinya kerja keras Bani dan Wonwon akan berhasil.

"Kita sudahi saja permusuhan ini. Lihatlah, betapa bahagianya kita saat masih bersama-sama," ucap Wonwon Tawon.

Dongeng Fabel Dunia : Tawon Dan Lebah Madu

Dongeng Fabel Dunia : Tawon Dan Lebah Madu

Diselingi tangis haru dan rasa rindu, kaum tawon dan lebah saling berpelukan. Mereka meminta maaf satu sama lain. Bani dan Wonwon senang sekati. Semoga saja tawon dan lebah akan selalu begitu. Karena mereka menjadi kuat jika bersatu dan saling membantu.

Pesan moral dari Dongeng Fabel Dunia : Tawon Dan Lebah Madu adalah betapa indahnya kebersamaan itu. Waktu yang kita lewati bersama-sama akan lebih terkenang dalam memori.  Jadi, jangan sia-siakan waktu bersama orang yang kamu sayang.

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.