Kumpulan Cerita Rakyat Dongeng dari India

640 views

Kumpulan cerita rakyat dongeng yang berasal dari negara India cukup banyak yang sudah pernah kami posting. Salah satu cerita rakyat India yang paling terkenal diposting dengan judul Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur dari India.

Kumpulan Cerita Rakyat Dongeng : Keinginan Dhruva

Penghuni istana, terutama raja, sedang bergembira. Pasalnya, permaisuri baru melahirkan seorang anak laki-laki, yang kelak akan menjadi putra mahkota. Anak laki-laki itu diberi nama Dhruva. Peramal istana mengatakan bahwa kelak keluarga raja akan hidup sangat bahagia.

Sayangnya, kebahagiaan itu tidak disambut oleh salah satu selir raja. Ia merasa iri. Dengan segala kelicikannya, selir itu berhasil mengusir permaisuri dan Dhruva dari istana.

Permaisuri dan Dhruva pun harus tersingkir dan hidup di hutan. Dhruva yang masih sangat kecil, tak sempat mengenal ayahnya sendiri,

Beberapa tahun berlalu, Dhruva telah tumbuh. Ia mulai menanyakan tentang ayahnya.

"Seperti apa rupa Ayah, Bu?" tanya Dhruva suatu ketika.

"Ayahmu adalah laki-laki yang sangat baik, kuat, dan bijaksana," balas Ibu Dhruva.

"Jika menaang Ayah balk dan bijaksana, mengapa ia tega membuang kita ke hutan? Aku rindu pada Ayah, Bu," ujar Dhruva.

Ibu Dhruva bingung. Ia tak mungkin menceritakan apa yang sebenarnya terjadi. Ia takut Dhruva akan menemui raja, dan merasa kecewa jika raja kembali mengusirnya.

"Suatu saat ketika kamu dewasa, kamu akan bertemu dengan ayahmu. Ayahmu adalah Dewa Wishnu," ucap ibu Dhruva.

Mendengar jawaban ibunya, Dhruva semakin penasaran. Ia ingin menemui Dewa Wishnu.

"Aku tak mau menunggu hingga dewasa, Ibu. Aku ingin bertemu Ayah," rengek Dhruva.

Ibu Dhruva ragu, tapi ia tak tega melihat anaknya terus merengek. Akhirnya, ia mengizinkan Dhruva menemui ayahnya.

Dhruva pun pergi meninggalkan rumah untuk mencari Dewa Whisnu. Perjalanan yang sangat panjang, membuat Dhruva kelelahan. Ia pun beristirahat di bawah pohon rindang.

Saat itulah, Dewa Narada menemuinya. Ia penasaran dengan Dhruva, dan menanyakan apa keinginannya. Dhruva mengatakan bahwa ia ingin bertemu dengan ayahnya, yaitu Dewa Wishnu. Mendengar hal itu, Dewa Narada mengajak Dhruva ke rumahnya, Ia mengajari Dhruva cara berdoa dan bertapa.

Melihat Dhruva sangat bersungguh-sungguh dengan keinginannya, terketuklah hati Dewa Wishnu. Setelah sekian lama bertapa, Dewa Wishnu menemui Dhruva, dan menanyakan keinginannya.

"Aku ingin selalu dekat denganmu, Ayah. Aku juga ingin melihat ibuku bahagia," jawab Dhruva.

"Aku akan mengabulkan keinginanrnu, anakku. Kamu akan selalu dekat denganku, sedangkan ibumu akan bahagia di istana," ucap Dewa Wishnu.

Dewa Wishnu lalu mengubah Dhruva menjadi sebuah bintang di langit, agar Dhruva selalu dekat dengannya. Tiba-tiba, ibu Dhruva dijemput oleh raja untuk kembali ke istana. Rupanya, raja baru mengetahui kelicikan selirnya. Selir itu pun dihukum oleh raja.

Kumpulan Cerita Rakyat Dongeng dari India
Kumpulan Cerita Rakyat Dongeng dari India

Ibu Dhruva juga baru tahu, jika Dhruva telah berubah menjadi bintang di langit. Setiap malam, ibu Dhruva melambaikan tangan ke bintang itu. Bintang itu pun berkelip membalas lambaian tangan ibunya. Bintang itu tak pernah berpindah arah, sehingga para nelayan menjadikan bintang itu sebagai penunjuk arah pada malam hari.

Pesan moral dari Kumpulan Cerita Rakyat Dongeng Keinginan Dhruva adalah jadilah anak yang baik dan tangguh, maka kelak kamu akan menjadi anak yang sukses dan bahagia.

Temukan cerita rakyat terbaik kami lainnya pada posting berikut ini kumpulan cerita rakyat Indonesia.

Dan jangan lupa untuk selalu ikuti kami di facebook yah https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.