Kumpulan Cerita Pendek Anak Terbaik dari Seluruh Dunia Dengan Hikmah

Kumpulan Cerita Pendek Anak terus kami posting, karena kami yakin banyak sekali manfaat yang didapat ketika orang tua menceritakan dongeng bagi anak-anaknya. Dongeng dapat menjadi media untuk mengajarkan mana yang baik dan mana yang buruk untuk si kecil. Yuk kita biasakan mendongeng sebelum mereka tidur.

13 Kumpulan Cerita Pendek Anak Terpopuler Dengan Pesan Moral

Di posting kali ini kami menceritakan 10 dongeng pendek anak terbaik dari seluruh dunia. Kalian pasti suka.

1. Cerita Pendek Dongeng Si Kancil dan Harimau

Pada suatu hari, terjadilah kelaparan di sebuah pulau yang penduduknya kebanyakan di huni oleh para Harimau. Mereka sangat kelaparan, karena semakin hari tidak ada hewan yang dapat mereka mangsa. Akhirnya, Raja Harimau mengutus Panglima dan para Prajuritnya untuk pergi ke pulau kecil di sebrang dan kembali dengan membawa banyak makanan.

Perjalanan ke pulau kecil di sebrang cukup jauh. Akhirnya, mereka pun sampai di tempat tujuan. Di sana mereka sangat takjub dengan melihat keindahan alam pulang kecil tersebut. Namun, setibanya mereka disana. Mereka hanya melihat seekor Kancil kecil di tepi pantai. Kancil pun segera berlari. Namun, ia terlambat. Ia sudah di kepung oleh para Harimau.

‘’ Hei Kancil! Di mana Rajamu? Kami datang untuk meminta makanan. Jika kalian menolak, kami akan menyerang pulau kecil ini. Dan lihatlah, kami membawa potongan kumis raja kami.’’ Kata prajurit Harimau dan menunjukkan kumis rajanya.

Cerita Pendek Dongeng Si Kancil dan Harimau

Temukan cerita fabel lengkapnya pada link berikut ini Cerita Pendek Dongeng Si Kancil dan Harimau

2. Dongeng Cerita Singkat Aladin Dan Lampu Ajaib

Dahulu kala, di Kota Persia, seorang ibu tinggal dengan anak laki-lakinya yang bernama Aladin. Mereka hidup miskin di sebuah gubuk yang tua.

Suatu hari, datang seorang laki-laki mendekati Aladin yang sedang bermain. Laki-laki itu mengaku sebagai paman Aladin. Laki-laki itu mengajak Aladin pergi ke luar kota untuk membantunya. Ibu Aladin mengizinkan Aladin pergi dengan harapan akan mendapatkan uang yang banyak.

Jalan yang ditempuh sangat jauh. Aladin mengeluh kecapaian kepada pamannya. Tetapi, ia justru dibentak dan disuruh untuk mencari kayu bakar. Kalau tidak mau, Aladin akan dibunuhnya.

Dongeng Cerita Singkat Aladin Dan Lampu Ajaib

Aladin akhirnya mengetahui bahwa laki-laki itu bukan pamannya, melainkan seorang penyihir. Penyihir itu kemudian menyalakan api dengan kayu bakar dan mulai mengucapkan mantra.

Baca kisah lengkapnya pada link ini yah Dongeng Cerita Singkat Aladin Dan Lampu Ajaib

3. Cerpen Dongeng Cinderella Bergambar Bahasa Indonesia

Pada jaman dahulu kala hiduplah seorang gadis cantik yang baik hati. Gadis itu bernama Cinderella

Kebaikan hatinya membuat semua orang menyayanginya bahkan hewan-hewan menyayanginya juga, terutama dua sahabatnya Gus dan Jaq. Mereka mau melakukan apa saja untuk Cinderella sahabatnya.

Cinderella hidup bersama ibu tiri dan dua saudara tirinya yang bernama Anastasia dan Drizella.

Berbeda dengan Cinderella yang baik dan rajin, Anastasia dan Drizella sangat malas dan iri hati. Mereka menyuruh Cinderella mengerjakan semua perkerjaan sepeti membersihkan rumah, menjahit, memasak dan berkebun.

Cerpen Dongeng Cinderella Bergambar Bahasa Indonesia

Walaupun perlakuan kedua saudaranya sangat buruk namun Cinderella mencoba melakukan yang terbaik dan berusaha membuat ibu tiri dan kedua saudara tirinya bahagia.

Baca versi Disney dari kisah ini pada tautan berikut Cerpen Dongeng Cinderella Bergambar Bahasa Indonesia

4. Cerita Fabel Dongeng Kelinci dan Gajah

Pada suatu hari, hiduplah seekor Kelinci dengan kakinya yang pincang. Ia tinggal di sebuah hutan. Karena kakinya yang pincang, ia sangat kesulitan ketika mencari makanan dan minuman. Suatu hari, Kelinci tersebut pergi ke pinggir sungai. Ia sangat kehausan. Namun, di tengah perjalanan. Ia melihat seekor Kambing terbaring dan terlihat sangat lemas.

Kelinci pincang tersebut perlahan-lahan mendekati Kambing. Ternyata, Kambing tersebut sedang sekarat karena kehausan. Melihat Kambing yang kehausan tersebut. kelinci sangat kebingungan. Karena, tidak jauh dari tempat mereka berada ada, sebuah sungai.

Setelah Kelinci memeriksa keadaan Kambing tua. Ternyata, Kambing tua itu buta. Ia tidak tahu bahwa di dekatnya ada air. Sang Kelinci hanya tersenyum. Kambing yang ia temui ini mempunyai kaki, tetapi ia tidak mempunyai mata. Sedangkan dirinya? Ia mempunyai mata. Namun, tidak punya kaki seperti hewan lainnya.

Cerita Fabel Dongeng Kelinci dan Gajah

Cerita lengkapnya disini yah adik-adik Cerita Fabel Dongeng Kelinci dan Gajah

5. Dongeng Cerita Singkat Rapunzel Dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Dongeng cerita Rapunzel seorang putri berambut emas dari Korona adalah sebuah karakter fiksi yang hadir pada film animasi ke-50 buatan Walt Disney Animation Studios yang bernama Tangled (2010) dan sekuelnya Tangled Ever After (2012). Dongeng rapunzel yang kami ceritakan saat ini adalah cerita dongeng anak yang diambil dari film rapunzel bahasa indonesia yang kami rubah menjadi dongeng cerita rafunzel singkat.

Pada jaman dahulu kala, disebuah kerajaan nun jauh disana, raja dan ratu memiliki seorang bayi perempuan bernama Rapunzel. Bayi cantik Rapunzel memiliki rambut emas yang sangat indah.

Dongeng Cerita Rapunzel Dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Sayang raja dan ratu tidak tahu, bahwa rambut emas Rapunzel memiliki hasiat istimewa yang dapat menyembuhkan.

Untuk cerita pendek anak (Cerpen Anak) lengkap Rapunzel silahkan kunjungi link berikut ini Dongeng Cerita Rapunzel Dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

6. Cerita Dongeng Indonesia Jaka Tarub

Pada zaman dahulu kala, di sebuah desa tinggallah seorang Janda bernama Mbok Randa. Ia tinggal seorang diri karena suaminya sudah lama meninggal dunia. Suatu hari, ia mengangkat seorang anak Laki-laki menjadi anaknya. Anak angkatnya diberi nama Jaka Tarub. Jaka Tarub pun tumbuh beranjak dewasa.

Jaka Tarub menjadi pemuda yang sangat tampan, gagah, dan baik hati. Ia juga memiliki kesaktian. Setiap hari, ia selalu membantu ibunya di sawah. Karena memiliki wajah yang sangat tampan banyak gadis-gadis cantik yang ingin menjadi istrinya. Namun, ia belum ingin menikah.

Setiap hari ibunya menyuruh Jaka Tarub untuk segera menikah. Namun, lagi-lagi ia menolak permintaan ibunya. Suatu hari Mbok Randa jatuh sakit dan menghembuskan nafas terakhirnya. Jaka Tarub sangat sedih.

Sejak kematian Mbok Randha, Jaka Tarub sering melamun. Kini sawah ladang­nya terbengkalai.

Cerita Dongeng Indonesia Jaka Tarub

Baca kisah lengkapnya di tautan berikut ini Cerita Dongeng Indonesia Jaka Tarub

7. Kumpulan Dongeng Anak Sunda : Situ Bagendit

Zaman dahulu kala, di sebuah desa yang terletak di Jawa Barat, hiduplah seorang perempuan kaya bernama Nyai Bagendit. Semenjak suaminya meninggal, Nyai Bagendit mendapat warisan berupa kekayaan yang berlimpah. Sayangnya, hal tersebut membuat Nyai Bagendit menjadi kikir dan congkak.

Nyai Bagendit paling senang mengadakan pesta dan gemar memamerkan harta benda dan perhiasannya kepada warga sekitar. Namun, ia tidak pernah mau membantu warga yang sedang kesulitan. Setiap kali warga datang meminta bantun, Nyai Bagendit menolaknya dengan angkuh. Warga sangat tidak menyukai perangai Nyai Bagendit. Namun, mereka tidak bisa berbuat apa pun juga.

Suatu hari, Nyai Bagendit kembali menyelenggarakan pesta. la pun mulai memamerkan kekayaan dan perhiasannya kepada tamu yang hadir. Tiba-tiba, datanglah pengemis dengan pakaian compang-camping dan kotor.

Kumpulan Dongeng Anak Sunda Situ Bagendit

Baca kelanjutan di link berikut ini Kumpulan Dongeng Anak Sunda : Situ Bagendit

8. Kumpulan Cerpen Anak SD : Dongeng Si Kabayan

Tersebutlah seorang lelaki di tanah Pasundan pada masa lampau. Si Kabayan namanya. Ia lelaki yang pemalas namun memiliki banyak akal. Banyak akal pula dirinya meski akalnya itu kerap digunakannya untuk mendukung kemalasannya.

Si Kabayan telah beristri. Nyi Iteung nama istrinya.

Pada suatu hari Si Kabayan disuruh mertuanya untuk mengambil siput-siput sawah. Si Kabayan melakukannya dengan malas-malasan.

Setibanya di sawah, ia tidak segera mengambil siput-siput sawah yang banyak terdapat di sawah itu, melainkan hanya duduk-duduk di pematang sawah.

Kumpulan Cerpen Anak SD Dongeng Si Kabayan

Baca kelanjutannya pada link berikut Kumpulan Cerpen Anak SD : Dongeng Si Kabayan

9. Dongeng Cerita Fabel Singkat : Si Kancil Mencuri Timun

Suatu hari, Kancil yang berlari dengan cepat karena ia berhasil melarikan diri dari terkaman Harimau. Di tengah perjalanan ia merasa sangat kelelahan dan kelaparan.

Ia berjalan melewati sebuah kebun sayur-sayuran. Tanaman di kebun itu sangat subur. Kancil langsung masuk kedalam kebun yang subur tersebut. Namun, saat ia melangkah masuk, ia sangat terkejut karena kebun tersebut di jaga oleh Pak Tani.

Kancil pun langsung kembali kedalam hutan, ia berniat untuk kembali ke kebun jika matahari gelap.

Menjelang senja ia datang kembali. Pak Tani sama sekali tidak menyadari bahwa jika kebunnya sudah di masuki oleh Kancil. Setelah Pak Tani pergi dan tidak kelihatan lagi.

Kancil langsung menggali lubang di bawah pagar. Ia langsung memakan sayur-sayuran yang sangat segar termasuk buah mentimun muda kesukaannya itu.

Dongeng Cerita Fabel Singkat Si Kancil Mencuri Timun

Baca cerita fabel lengkapnya pada tautan kami berikut Dongeng Cerita Fabel Singkat : Si Kancil Mencuri Timun

10. Cerita Pendek Persahabatan : Singa Dan Tikus

Di sebuah hutan yang lebat hiduplah seekor singa perkasa yang semua makhluk lain sangat takut kepadanya.

Raja hutan tersebut dikenal sangat mengerikan, tidak mengenal rasa takut dan dia merasa harus dihormati oleh semua makhluk yang ada di hutan.

Dia menghabiskan sebagian waktunya dengan berburu dan sebagian lagi untuk tidur. Tidak ada makhluk hidup yang ada di hutan berani mendekati sarangnya terutama saat singa sang raja hutan sedang tidur.

Binatang perkasa itu sangatlah marah jika tidurnya terganggu dengan cara apapun.

Cerita Pendek Persahabatan Singa Dan Tikus

Tapi suatu hari tikus kecil sangat penasaran ingin melihat bagaimana sarang Singa si Raja hutan.

Dengan niat yang bulat dia berangkat ke gua dimana singa biasa beristirahat. Namun ketika dia sampai, dia tidak melihat adanya sang raja hutan.

Kisah lengkap fabel seru ini dapat kalian baca di Cerita Pendek Persahabatan : Singa Dan Tikus

11. Contoh Cerita Anak : Palu Ajaib Thor

Thor adalah satu-satunya dewa yang memiliki palu ajaib.

Itu karena dia adalah dewa petir. Saat ia melempar palunya, kilat akan menyambar, diiringi dengan suara guntur yang mengerikan.

Setiap malam sebelum tidur, Thor selalu meletakkan palu ajaibnya di sampingnya. Ia tidak mau berpisah sedetik pun dengan palu ajaibnya.

Suatu pagi, Thor meraba tempat tidurnya untuk mengambil palunya.

Alangkah terkejutnya ia ketika palu ajaibnya tidak ada di tempat tidurnya. Olala, palu ajaib Thor telah dicuri!

“Di mana paluku?” teriak Thor.

Wah, suaranya sungguh menggelegar, membuat dewa-dewa lain merasa takut.

Contoh Cerita Anak Palu Ajaib Thor

Merasa khawatir, para dewa segera berdiskusi untuk menentukan siapa yang akan mencari palu ajaib Thor. Akhirnya, mereka memilih dewa Loki untuk pergi mencari palu tersebut.

Loki pun menyetujuinya. Ia segera meminjam jubah ajaib milik dewi Freyja.

Dengan menggunakan jubah ajaib itu, dewa Loki seketika tiba di negeri para raksasa.Ternyata, kedatangan Loki diketahui oleh seorang raksasa.

“Hei, berani-beraninya kau ke sini! Apa yang kau lakukan?” teriak raksasa yang bernama Thrym itu.

“Aku ke sini untuk mencari palu Thor. Apakah kau melihatnya?” tanya dewa Loki.

“Hahaha! Aku yang mencurinya. Sudah aku sembunyikan di tempat yang jauh. Aku akan mengembalikannya jika dewi Freyja mau menikah denganku,” ujar Thrym.

Dewa Loki lalu pulang. Ia memberi tahu apa yang terjadi kepada semua dewa. Tentu mereka meminta dewi Freyja agar mau menikah dengan Thrym. Namun, Freyja menolaknya.

Para dewa pun memiliki ide. Thor akan berpura-pura menjadi dewi Freyja. Ia akan memakai gaun putih seperti mempelai wanita, dan menggunakan cadar untuk menutupi kepalanya.

Dengan begitu, Thor bisa mengambil kembali palunya.

Pada waktu yang sudah ditentukan, para dewa berangkat bersama-sama menuju negeri raksasa.

Thrym sangat senang melihat kedatangan para dewa. Ia mengira bahwa Freyja bersedia menerima pinangannya.

Sebelum pernikahan berlangsung, Thrym memberikan palu ajaib milik Thor sebagai hadiah.

Thor langsung mengambil palu itu dan pergi meninggalkan negeri raksasa bersama dengan dewa lainnya.

Tentu Thrym merasa sangat kesal, karena telah ditipu.

Pesan moral yang dapat diambil dari Contoh Cerita Pendek Anak : Palu Ajaib Thor adalah jika memiliki mimpi, bersemangatlah untuk meraihnya. Yakinlah jika kamu mampu mewujudkan mimpimu

12. Cerpen Pendek Anak : Rahasia Kecantikan Putri Ajmile

Pada zaman dahulu, hidup seorang putri bernama Putri Khosise.

Dia sangat sombong dan nakal, sehingga tak ada satu pun yang mau menjadi temannya.

Akibatnya, dia hanya berteman dengan katak-katak yang ada di kolam belakang rumah.

“Wahai katak-katak, siapakah putri yang paling cantik?” tanya Putri Khosise kepada katak-katak itu.

“Hanya kaulah yang tercantik, Putri Khosise,” jawab katak-katak.

Suatu ketika, sang putri jatuh sakit. Dia terkena penyakit kulit di seluruh tubuhnya.

Akhirnya, kecantikan Putri Khosise pun lenyap.

Jauh di seberang Kerajaan Khosise, berdiri sebuah kerajaan.

Di sana ada putri yang baik hati dan murah senyum.

Dia adalah Putri Ajmile.

Ternyata Putri Ajmile juga memiliki kecantikan yang luar biasa.

Sudah banyak kerajaan tetangga yang mengetahui kecantikannya.

Kabar tentang kecantikan Putri Ajmile sampai juga ke Kerajaan Khosise.

Putri Khosise merasa sangat kesal karena ada putri yang mengalahkan kecantikannya.

Putri Khosise jadi makin kesal ketika ayahnya mengundang Putri Almile untuk menjenguknya.

Tak hanya itu, sang raja juga meminta Putri Ajmile untuk memberitahukan rahasia kecantikannya.

“Wahai Raja, sesungguhnya aku tak pernah punya ramuan khusus untuk membuatku cantik. Aku hanya menuruti semua yang dikatakan ibuku,” ujar Putri Ajmile sambil tersenyum.

“Lalu, apa yang dikatakan ibumu, Putri Ajmile? tanya sang raja dengan heran.

“Ibunda menyuruhku agar selalu berbuat baik kepada siapa pun,” jawab Putri Ajmile.

Mendengar itu, Putri Khosise menyadari kesalahannya. Selama ini, dirinya terlalu sombong dan tak mau berteman dengan siapa pun.

Putri Khosise pun bertekad untuk berubah menjadi lebih balk agar ia memiliki kecantikan yang sejati.

Amanat yang dapat dipetik dari Cerpen Dongeng Pendek Anak : Rahasia Kecantikan Putri Ajmile adalah Kecantikan sejati adalah kecantikan hati dan kebaikan budi pekerti.

13. Contoh Cerpen Terbaik : Pangeran Pikun

Roland tumbuh menjadi seorang lelaki yang sangat tampan.

Raja dan ratu pun amat bangga terhadapnya. Sayangnya, kebahagiaan yang mereka miliki tiba-tiba lenyap.

Akhir-akhir ini, Pangeran Roland bersikap aneh.

Terkadang dia lupa dengan ayah dan ibunya, bahkan lupa dengan dirinya sendiri.

“Sebenarnya apa yang menyebabkan Pangeran Roland menjadi seperti itu?” tanya raja kepada tabib.

“Baginda tidak perlu khawatir, Kami akan berusaha semampu kami untuk menyembuhkan Pangeran Roland,” jawab tabib.

Sementara itu, jauh di sebuah desa, tinggallah seorang wanita.

Ketika pergi ke pasar, ia mendengar kabar bahwa sang pangeran terkena penyakit lupa.

Setelah lama berpikir, akhirnya wanita tersebut memutuskan untuk pergi ke istana.

Tak mudah sampai di istana. Wanita itu harus menghadapi banyak rintangan sepanjang perjalanan.

Namun, berkat kegigihannya, akhirnya ia sampai juga di istana Pangeran Roland.

“Aku ke sini membawa obat untuk Pangeran. Tolonglah, izinkan aku masuk,” pinta wanita tersebut dengan memelas kepada para penjaga pintu gerbang.

Mendengar hal itu, penjaga pintu istana pun mempersilahkan wanita tersebut masuk.

Raja kemudian membawanya ke hadapan Pangeran Roland.

Wanita itu lalu memberikan sebuah buku kepada Pangeran Roland.

Menurut sang wanita, buku itu adalah buku ajaib yang bisa menyembuhkan penyakit lupa.

Sudah seminggu Pangeran           Roland membaca buku tersebut secara rutin.

Benar saja, ingatannya kembali pulih. Ia sudah mengingat semuanya, bahkan kepandaiannya bertambah.

Akhirnya, raja menikahkan wanita tersebut dengan Pangeran Roland.

Diadakanlah pesta rakyat yang sangat mewah untuk merayakannya.

Pangeran Roland dan wanita itu pun hidup bahagia bersama.

Pesan moral dari cerita pendek singkat ini adalah membaca buku akan membuat ingatan kita Iebih baik.

Posting kami kali ini untuk melengkapi posting kami sebelumnya yaitu Kumpulan Cerita Rakyat Pendek Nusantara Terbaik dan Terpopuler.

Kami merupakan penulis aktif di https://id.wikipedia.org/wiki/Cerita_pendek dan juga pemilik https://facebook.com/dongeng-cerita-rakyat

Untuk mendapatkan dongeng terbaik dalam bentuk video, ikuti dan subscribe channel kami yaitu https://www.youtube.com/channel/UC_ay1jdDqXucE6Gk7FhVz5Q