Kumpulan Cerita Pendek Anak Dunia Terbaik

2339 views

Kumpulan Cerita Pendek Anak yang kakak posting pada akhir pekan ini berasal dari tiga negara yang berbeda. Cerita pertama merupakan cerita rakyat Nigeria, mengisahkan Katak nakal yang jahil. Dongeng kedua berasal dari Australia, bercerita tentang pergantian musim. Dongeng anak terakhir merupakan cerita rakyat Inggris tentang anak yang nakal. Selamat membaca dan selamat berlibur yah adik-adik.

Kumpulan Cerita Pendek Anak Nigeria : Katak Nakal Mengerjai Tikus

Kumpulan Cerita Pendek Anak Nigeria Katak Nakal Mengerjai Tikus

Kumpulan Cerita Pendek Anak Nigeria Katak Nakal Mengerjai Tikus

Suatu hari, katak sedang berjalan-jalan seorang diri. la melihat tikus berjalan menghampirinya. "Itu tikus yang bodoh. Aku akan mengerjainya. Hihihi...," kata katak dalam hati.

"Selamat pagi, Tuan Tikus. Kau nampak segar bugar hari ini?" sapa katak.

"Aku baik-baik saja. Bagaimana denganmu?" jawab tikus.

"Ah, aku juga sedang santai saja nih. Jika engkau tidak sibuk, bagaimana kalau kita main bersama," kata katak.

"Baiklah, aku tidak sibuk," kata tikus.

Mereka pergi bersama. Katak melompat-lompat dan tikus berjalan. Katak hendak melakukan ulah nakalnya. "Biarlah aku ikat salah satu kaki depanmu ke salah satu kaki belakangku. jadi, engkau tidak akan tertinggal," kata katak.

"Baiklah," jawab tikus.

Katak mengambil akar dan mengikat kaki depan tikus. Lalu, mengikatkan ke kaki belakangnya. Jadi, saat katak melompat, tikus harus ikut melompat Mereka tertawa bersama-sama.

Awalnya, mereka pergi ke ladang gandum. Katak memakan serangga dan tikus memakan gandumnya. Lalu, katak mengajak tikus ke sebuah kolam. la hendak melompat ke kolam. Tikus pun berteriak ketakutan.

"Jangan masuk ke dalam kolam, Tuan Katak! Kau tahu, aku takut air," pinta tikus.

Tapi, katak tertawa senang dan berkata, "Kau jarang mandi. Kau harus mandi hari ini!"

Tikus mencoba melepaskan diri. Tapi, katak hanya tertawa. Saat katak melompat, seekor elang datang menyambar tikus. Karena terikat dengan tikus, Katak pun terbawa dan ikut dimakan elang, Akhirnya, matilah keduanya.

Mendengar nasib katak dan tikus, binatang- binatang lain berkata, "Itu balasan bagi katak yang hendak mengerjai tikus."

Pesan moral dari Kumpulan Cerita Pendek Anak Nigeria adalah jangan jadi anak yang jahil dan suka mengerjai orang lain. Sebab, kamu akan rugi dan dimusuhi banyak teman. Selain itu, jangan bermain permainan yang berbahaya. Sebab, kamu bisa celaka.

Cerita Dongeng Pendek Australia : Mayrah, Angin Yang Mengusir Musim Dingin

Cerita Dongeng Pendek Australia Angin Yang Mengusir Musim Dingin

Cerita Dongeng Pendek Australia Angin Yang Mengusir Musim Dingin

Saat memasuki musim dingin, Iguana menyembunyikan diri di dalam pasir. Elang hitam juga masuk ke sarangnya di tebing. Mereka tetap berada di sarangnya sampai Mayrah datang.

Mayrah adalah angin yang tugasnya mengusir musim dingin. Kedatangan Mayrah diawali hujan angin ribut disertai petir dan guruh. Saat Iguana mendengar guruh itu, mereka tahu sebentar lagi musim dingin akan berlalu.

Tapi, iguana tidak akan keluar dari rumahnya sebelum burung butcherbird (sejenis kutilang) mulai berkicau dan bernyanyi.

Iguana tahu benar, nyanyi butcherbird menandakan musim dingin sudah benar-benar pergi. Mereka akan mulai membuka matanya dan keluar dari pasir.

Saat itu pulalah elang hitam tahu bahwa Iguana telah keluar dari pasir dan mereka mulai memburunya lagi. Mayrah terus berembus dengan lembut. Satu demi satu bunga mulai mekar. Lebah mulai keluar mengisap sari bunga.

Akhirnya, Yhi si matahari datang. Yhi mengejar Mayrah ke mana pun ia pergi. Hingga akhirnya Mayrah melarikan diri dan Yhi berkuasa selama musim semi dan musim panas. Mayrah baru akan kembali saat musim dingin akan berlalu. Begitulah kegiatan mereka setiap tahun.

Pesan Moral dari Cerita Dongeng Pendek Australia adalah segala sesuatu yang terjadi di alam, telah diatur rapi oleh Tuhan. Sebagai manusia, kamu hares mensyukuri dan menjaga kelestarian alam karunia Tuhan Sang Pencipta. Kemudian, jangan merusak alam agar tidak terjadi bencana.

Cerita Rakyat Pendek Inggris : Dick, Si Anak Yang Kejam

Cerita Rakyat Pendek Inggris Dick Si Anak Yang Kejam

Cerita Rakyat Pendek Inggris Dick Si Anak Yang Kejam

Harry terbangun tengah malam oleh suara aneh dari dalam lemari. Saat ia memeriksa lemarinya, suara aneh itu berhenti seketika.

"Ah, pasti tikus-tikus itu. Aku akan menangkap mereka," kata Harry. Esoknya, Harry menceritakan kejadian itu pada Ibu.

"Aku akan membelikanmu perangkap tikus," kata ibu.

"Tapi, jangan perangkap yang bisa membunuh tikusnya ya, Bu. Aku ingin memelihara tikus-tikus itu," kata Harry.

Jebakan dipasang dan tikus pun satu per satu tertangkap. Harry merawat tikus-tikus itu. Harry juga membuatkan mereka rumah kecil. Setiap Harry keluar kamar, ia tak pernah lupa menutup pintunya

Di sekolah, Harry punya seorang teman yang berperangai jahat. Namanya Dick Taft. Dick tidak pernah suka dikalahkan oleh siapa pun dalam sebuah permainan.

Suatu hari, Harry mengalahkan Dick dalam sebuah permainan. Dick mengancam, "Kau akan mendapatkan balasannya nanti!"

Dick pergi ke rumah Harry membawa kucing. la tahu Harry punya peliharaan tikus. la berpura-pura disuruh Harry mengambil sesuatu di kamar. Tanpa curiga, ibu Harry mengizinkannya. Dick pun meIepaskan kucingnya di kamar Harry.

Saat Harry pulang, semua tikusnya telah hilang. Hancur sekali hati Harry. la bertanya pada ibunya siapa telah masuk ke kamarnya. Ibu mengatakan tadi Dick datang.

"Jadi, ini balasan karena aku mengalahkannya dalam permainan. Baiklah, aku janji selama hidupku tidak akan lagi main dengan anak yang jahat seperti nya," kata Harry.

Sejak saat itu, Harry tidak pernah mau main dengan Dick. Begitu juga anak-anak yang lainnya. Dick jadi tidak punya teman.

Pesan Moral dari Cerita Rakyat Pendek Inggris adalah ketika kamu kalah dalarn permainan, jangan pernah merasa iri dan ingin balas dendam atas kekalahanmu. Sebab, itu akan merugikanmu sendiri. Kemudian, jangan bertindak kejam terhadap binatang. Sebab, Tuhan akan menyayangi anak yang menyayangi binatang.

Baca kumpulan dongeng anak terbaik lainnya pada posting kami berikut ini Cerita Pendek Hewan : Anak Burung Unta Dan Ibunya dan Kumpulan Cerita Hewan Fabel Pendek Terbaru

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.