Kumpulan Cerita Dongeng Nusantara Terbaik

1321 views

Kumpulan Cerita Dongeng Nusantara Terbaik yang kakak ceritakan hari minggu pagi ini bercerita tentang Harimau, Monyet dan Rusa. Cerita hewan atau fabel ini sangat cocok diceritakan untuk adik-adik kita dihari libur ini. Setelah membaca dongeng hewan ini, adik-adik harus lihat dan mempersiapkan untuk sekolah besok yah. Pastikan semua tugas sudah dikerjakan dengan baik dan jangan lupa belajar.

Kumpulan Cerita Dongeng Nusantara : Kisah Harimau, Monyet dan Rusa

Kumpulan Cerita Dongeng Nusantara Terbaik

Kumpulan Cerita Dongeng Nusantara Terbaik

Di sebuah hutan, hiduplah seekor Harimau yang sangat kuat. Semua hewan takut kepadanya. Di tengah hutan tersebut terdapat sebuah sungai yang sangat jernih airnya. Namun, Harimau tidak pernah pergi ke sungai itu. Karena ia sangat takut dengan air.

Pada suatu pagi, Harimau pergi berburu. Ia pun berhasil menangkap seekor Monyet. Harimau sangat senang, karena baru saja ia keluar dari rumahnya sudah mendapatkan makanan yang lezat. Ia pun bersiap untuk melahap Monyet tersebut.

Monyet sangat ketakutan. Namun, ia berusaha tidak memperlihatkan rasa takutnya.

‘’ Hei Tuanku, tolong jangan mangsa aku. Aku punya seorang anak yang masih kecil. Aku hanya seekor Monyet yang kurus. Dagingku tidak banyak. Aku bisa menunjukkan padamu hewan yang dagingnya banyak dan lezat.’’ Kata Monyet merayu.

‘’ Hewan apa itu?’’ Tanya Harimau sangat penasaran.

‘’ Namanya Rusa Tuan. Ia tinggal di seberang sungai. Akan aku ajak Tuan untuk menemuinya. Aku jamin, Tuan pasti tidak akan kecewa. Kata Monyet

Harimau diam sejenak. Ia tdak pernah bertemu dengan Rusa, karena ia sama sekali belum pernah kesebrang sungai.

‘’Hei hewan kecil! Aku tidak bisa menyebrang sungai. Aku sangat takut air.’’ Kata Harimau.

‘’ Tidak perlu merasa takut Tuanku, di seberang sana ada sebuah pohon yang tumbang. Pohon tersebut bisa kita gunakan sebagai jembatan untuk kita melewati sungai tersebut.’’ kata Monyet.

Harimau pun berpikir sangat keras. Akhirnya, Harimau pun setuju. Mereka berdua menyebrang melalui pohon yang tumbang tersebut. Harimau sangat ketakutan dan tidak berani melihat kebawah. Dengan gemetar Harimau dan Monyet sampai di sebrang sungai. Monyet langsung mengajak Harimau menemui Rusa Jantan yang sangat besar. Rusa Jantan sangat kaget melihat Monyet membawa Harimau. Rusa Jantan pun langsung berpikir dengan sangat cepat.

Selain Rusa yang terkejut melihat Monyet membawa Harimau menemuinya. Harimau pun sangat terkejut melihat seekor Rusa yang sangat gagah. Tiba-tiba, terdengar suara Rusa Jantan membentak.

‘’ Hei Monyet kecil! Bagaimana kau ini, bukannya kau sudah berjanji akan membawakanku seratus kulit Harimau. Tapi, kenapa hanya satu yang kau bawa ke sini?’’ bentak Rusa Jantan dengan suara keras dan berat.

Mendengar yang di ucapkan Rusa. Harimau sangat terkejut dan merasa sangat ketakutan. Ia pun langsung berlari dengat sangat cepat. Karena sangat ketakutan, pada saat ia menyebrang sungai. Harimau terpeleset dan jatuh ke dalam sungai tersebut. Ia berusaha meminta pertolongan. Namun, usahanya sia-sia.

Monyet dan Rusa Jantan pun berusaha untuk membantu Harimau. Namun, arus sungai yang sangat deras tidak dapat menyelamatkan Harimau. Harimau pun terbawa arus dan hilang dari pandangan Rusa dan Monyet.

Pesan moral dari Kumpulan Cerita Dongeng Nusantara : Kisah Harimau, Monyet dan Rusa adalah banyaklah membaca dan belajar agar kamu menjadi anak yang pintar dan memiliki banyak pengetahuan. Selain itu jadilah anak yang pemberani. Anak yang pintar dan pemberani akan menjadi anak yang dapat menyelesaikan masalah.

Baca kumpulan dongeng anak Indonesia lainnya Kumpulan Cerita Dongeng Rakyat Nusantara dari Sulawesi dan Kumpulan Cerita Anak Dongeng Nusantara

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.