Beberapa Jenis Cerita Rakyat Dari Amerika Serikat

2529 views

Sudah banyak sekali jenis cerita rakyat yang pernah kami posting di blog ini. Sebagian besar berasal dari berbagai negara di seluruh dunia. Untuk malam hari ini Kakak akan posting Jenis Jenis Cerita Rakyat yang paling terkenal di Amerika Serikat. Selamat membaca.

Jenis Cerita Rakyat Amerika Serikat : Putri Duyung Bernama Sirena

Dahulu kala, di Kota Agana, Amerika Serikat, hiduplah seorang anak perempuan bernama Sirena. Ia adalah anak yang cantik dan periang. la suka sekali berenang di Sungai Minondo. Setiap hari, ia menyempatkan diri untuk berenang walaupun sebentar.

Suatu hari, Sirena disuruh ibunya mencari batok kelapa di ladang untuk bahan bakar. Sirena menuruti permintaan ibunya dan pergi ke ladang. "Cepat ya, Sirena. Ibu butuh batok kelapa secepatnya," pesan ibu.

Di tengah perjalanan, ia melewati Sungai Minondo. Melihat air yang begitu jernih, Sirena ingin sekali mandi. "Ah, segarnya kalau aku bisa berenang sebentar saja," pikir Sirena.

"Tapi ibu menyuruhku cepat-cepat. Bagaimana ya? Mandi tidak ya?" pikirnya lagi.

Jenis Cerita Rakyat Amerika Serikat

Jenis Cerita Rakyat Amerika Serikat

Sirena berjalan pelan di pinggir sungai sambil berpikir, "Ah, aku mau berenang sebentar saja."

Akhirnya, Sirena berenang di Sungai Minondo. Kesegaran air membuatnya lupa waktu. la pun berenang dan melupakan tugasnya mencari batok kelapa.

Sementara di rumah, Ibu Sirena mulai tidak sabar menunggu. "Sirena lama sekali. Pasti ia berenang dulu di sungai. Dasar anak nakal," kata ibunya.

Ibu Sirena berjalan keluar masuk rumah, tapi belum juga melihat Sirena kembali. la semakin kesal dan mengutuk, "Karena Sirena senang sekali berenang, biarlah separuh badannya menjadi ikan. Biarlah ia selamanya hidup di air."

Di sungai itu, Sirena kaget sekali mendapati tubuhnya berubah. Dari pinggang ke bawah, tubuhnya berubah seperti tubuh ikan dan kakinya berubah menjadi seperti ekor ikan. Sirena tidak bisa lagi berjalan di daratan dan hanya bisa berenang di sungai.

Sore harinya, ibu Sirena mencari Sirena ke sungai. la sangat kaget saat melihat anaknya telah berubah menjadi separuh manusia dan separuh ikan. la menyesal telah gegabah mengucapkan kutukan.

┬░Sudahlah, Ibu. Ini mungkin sudah nasibku. Aku akan pergi sekarang," kata Sirena.

"Maafkan ibu," kata sang ibu sambil menangis.

Sirena berenang sampai ke muara dan akhirnya menuju lautan lepas. Sejak itu, banyak pelaut yang bercerita bahwa mereka pernah bertemu dengan gadis berekor ikan di lautan lepas. Dialah Sirena, si putri duyung.

Pesan moral dari Jenis Jenis Cerita Rakyat Amerika Serikat adalah ingat dan taati nasihat orangtuamu, jangan sekali-kali membantahnya dengan kasar. Jika pesan orang tuamu salah, jelaskan dengan baik-baik. Anak yang suka melanggar nasihat orang tua akan mendapat celaka.

Jenis Jenis Dongeng dari Amerika Serikat : Legenda Pohon Kelapa

Pada zaman dahulu kala, hiduplah satu keluarga di desa suku Achote. Keluarga itu mempunyai seorang anak perempuan yang sangat cantik. la adalah anak perempuan tercantik di desa itu. Semua orang, baik laki-laki maupun perempuan, mengagumi kecantikan anak perempuan itu.

Pada suatu hari, anak perempuan itu menderita penyakit yang aneh. la sangat kehausan. la ingin minum dari buah yang istimewa. Tapi, ayah dan ibunya tidak tahu di mana mencari buah istimewa itu.

Semua laki-laki di desa membantu mencarikan buah istimewa itu, tapi tidak seorang pun yang bisa menemukannya. Lama-lama, penyakit yang diderita anak perempuan itu semakin menjadi. Akhirnya, ia meninggal.

Jenis Jenis Dongeng dari Amerika Serikat

Jenis Jenis Dongeng dari Amerika Serikat

Tidak hanya orang tuanya, tapi seisi desa menangisi anak perempuan yang cantik itu. Mereka turut serta menguburkan anak perempuan itu di atas bukit agar roh anak perempuan itu bisa dengan leluasa melihat ke arah desa.

Ayahnya menaruh batu nisan di atas kuburannya. Lalu, orang-orang desa menaburi makamnya dengan berbagai bunga yang cantik.

Hari berlalu, setiap hari orangtua anak perempuan itu datang ke kuburan. Mereka menyirami kuburan dan menaruh bunga segar.

Suatu hari, seorang penduduk desa melihat sebatang pohon tumbuh di makam anak perempuan itu. Mereka mengira itu adalah pohon ajaib. Akhirnya, mereka membangun sebuah pondok untuk melindunginya.

Lima tahun kemudian, pohon itu sudah setinggi sepuluh meter dan memiliki buah yang aneh. Suatu hari buahnya jatuh dan terbelah. Penduduk sekitar mengelilingi buah itu. Ayah si anak perempuan pun mencicipi buah itu.

"Rasanya kenyal. Aku akan memberi nama buah ini kelapa. Dan pohonnya adalah pohon kelapa,"

Pesan Moral dari Jenis Jenis Dongeng dari Amerika Serikat adalah jadilah anak yang baik dan berhati mulia. Semua orang akan menyayangi anak yang baik. Selain itu, walaupun telah tiada, kebaikan yang telah kita perbuatan baik kita untuk orang lain, akan selalu di kenang.

Baca berbagai macam cerita rakyat dunia menarik lainnya pada artikel kami berikut ini Kumpulan Cerita Pendek Untuk Anak dari Afrika Selatan

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.