Dongeng Rakyat Belanda : Burung Bangau Mencintai Holland

Dongeng rakyat Belanda kali ini menceritakan alasan kenapa burung bangau setiap tahun datang ke Holland Belanda. Yuk kita ikuti bersama.

Dongeng Rakyat Belanda : Asalan Burung Bangau Mencintai Holland

Orang sering menyebut Belanda dengan nama Holland. Padahal, Holland hanya nama salah satu daerah di Belanda. Holland adalah daerah terpenting di Belanda. Karenanya, orang sering menyebut Belanda dengan Holland.

Siapa yang paling mencintai Holland? Maka jawabannya adalah burung bangau. Kamu tahu bagaimana awalnya bangau mencintai Holland? Begini ceritanya.

Dahulu kala, saat orang Belanda membendung laut dan mendirikan Kota Holland, katak banyak muncul di mana-mana. Jumlahnya mencapai jutaan. Tidak hanya di rawa-rawa, setiap sudut Kota Holland dihuni oleh katak.

Suara katak yang berisik mengganggu bangsa peri. Mereka tidak bisa tidur gara-gara suara katak.

Bangsa peri berpikir keras untuk mengatasi masalah katak ini. Lalu, mereka mendengar tentang burung bangau di Afrika yang suka memangsa katak. Bangsa peri pun mengirim utusan untuk bertemu bangau.

Mereka mengundang bangau ke Holland dan bangau menerimanya. Awalnya, mereka mengirimkan bangau muda saja untuk mencoba perjalanan jauh menuju Holland.

Dongeng Rakyat Belanda

Bangau terbang tinggi sekali dengan kepakan sayap yang mengagumkan. Dalam beberapa hari, rombongan bangau mencapai Holland. Mereka mendapatkan banyak makanan. Sejak, saat itu mereka jatuh cinta pada Holland. Mereka selalu datang ke Holland setiap musim semi.

Pesan moral dari Dongeng Rakyat Belanda  ini adalah jangan suka melukai atau membunuh binatang yang terlihat tidak berguna. Ketahuilah bahwa semua makhluk hidup yang diciptakan Tuhan, pasti memiliki tujuan dan kegunaan, terutama bagi manusia.

Baca juga Dongeng Cerita Anak Belanda : Wilem dan Irene serta posting kami lainnya yaitu Cerita Anak Dongeng Internasional dari Belanda