Dongeng Fabel Populer Cerita Anak Bangsa Terbaik

1045 views

Selain dongeng si kancil masih banyak cerita anak bangsa yang bisa kita banggakan. Kakak yakin suatu saat nanti adik-adikpun bisa membuat cerita anak sendiri. Sekarnag kakak akan kembali mencritakan salah satu cerita rakyat Nusantara yang kakak suka. Selamat membaca.

Cerita Anak Bangsa : Pentingnya Saling Mengerti

Cici Cecak mengunjungi temannya, yakni Dida Kadal. Mereka memang sudah lama berteman, tetapi belum pernah saling mengunjungi rumah masing-masing. Hari ini Cici mengunjungi Dida, dan hal itu membuat Dida bahagia. Karena senang berbincang dengan Cici, Dida meminta Cici untuk tetap tinggal di rumahnya selama semalam.

"Kau mau kan, Cici?" tanya Dida.

Cici mengangguk tanda setuju. Namun, rumah Dida sangat berbeda dengan rumah Cici. Cici tinggal bersama manusia di atap rumah yang hangat. Sedangkan kadal tinggal di kebun yang sangat dingin. Semalaman Cici menggigil kedinginan. Ia tidak bisa tidur. Sedangkan Dida sudah mendengkur keras saking lelapnya. Sepulang dari rumah Dida, Cici jatuh sakit. Berhari-hari dia tidak keluar dari rumah.

Suatu hari, Dida bertemu Cici lagi. Ia merasa malu dengan apa yang dilakukannya. "Teman," ucap Dida." Maafkan aku atas kejadian waktu itu, Aku harap kau tidak marah."

"Sudahlah, aku tidak marah. Tidak usah kamu pikirkan," kata Cici."Besok datanglah ke rumahku. Aku ingin bersamamu sehari lagi!"

"Ya, aku akan ke sana!" sahut Dida, senang.

Cerita Anak Bangsa : Pentingnya Saling Mengerti

Cerita Anak Bangsa : Pentingnya Saling Mengerti

Esoknya, Dida tiba di rumah Cici di bawah atap rumah manusia. Cici meminta Dida untuk menginap di rumahnya juga. Tentu saja Dida tidak menolak. Namun malamnya, Dida merasa sangat kepanasan. Ternyata rumah Cici yang berada di bawah atap ini sangat tidak nyaman untuknya. Sepanjang malam Dida terjaga. Keringat bercucuran dari tubuhnya. Sedangkan Cici terlihat begitu pulas.

Keesokan hari, sebelum pulang, Dida berkata kepada Cici.

"Aku tahu kau sangat kecewa dengan sikapku kemarin, Cici. Aku sudah sadar. Seharunya aku lebih mengerti kau. Harusnya aku tahu kau waktu itu kedinginan. Seperti halnya aku kepanasan di rumahmu tadi malam," ucap Dida, sedih.

Cici terdiam melihat Dida begitu sedih. Dida meninggalkan rumah Cici saat itu juga. Ia pulang dengan hati yang sangat sedih. Ternyata persahabatan mereka belum seerat yang mereka kira. Harusnya mereka lebih saling mengerti lagi setelah ini.

Pesan moral dari Cerita Anak Bangsa : Pentingnya Saling Mengerti adalah kisah Cici dan Dida mengingatkan kita bahwa saling mengerti itu penting dalam persahabatan, agar tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari, yang akan membuat hubungan itu menjadi retak

Dongeng anak Bangsa : Iguana Penyendiri

Gugun Iguana sangat pendiam. Dia juga pemalu. Gugun Iguana hampir tidak pernah keluar dari rumahnya. Gugun hanya keluar pada saat dia punya kebutuhan yang mendesak. Itulah sebabnya Gugun sulit sekali mempunyai teman. Padahal jauh di lubuk hatinya, Gugun Iguana merasa kesepian karena selalu hidup sendiri. Apalagi ayah dan ibunya sudah tidak ada.

Suatu hari, Gugun Iguana bertemu dengan seekor lalat. Namanya Lala. Lala adalah lalat yang sangat periang, berbeda sekali dengan Gugun Iguana. Setiap kali Lala mendekat, Gugun selalu menghindarinya. Tapi Lala tidak menyerah. Hampir setiap kali Gugun keluar, Lala akan menyambutnya dengan senyuman.

"Selamat pagi, Gugun," sapanya setiap kali bertemu.

Perlahan Gugun sudah mulai bisa tersenyum walaupun jarang Lala tahu bahwa suatu saat dia akan berhasil berteman dengan Gugun. Gugun yang tadinya sangat terganggu dengan kehadiran Lala, kini mulai terbiasa. Namun, sudah beberapa hari Gugun Iguana tidak bertemu dan melihat Lala.

"Ke mana lalat itu? Biasanya ketika aku keluar, dia sudah berada di depan pintu menungguku," gumam Iguana.

Gugun mulai khawatir dengan keadaan Lala. Apa mungkin dia sudah bosan membujuk Gugun agar mau menjadi temannya? Rasa penasaran Gugun membawanya sampai ke rumah Lala. Baru saja hendak mengetuk, pintu rumah Lala terbuka. Rupanya Lala sedang sakit.

Dongeng anak Bangsa : Iguana Penyendiri

Dongeng anak Bangsa : Iguana Penyendiri

"Waah, aku tidak menyangka bahwa kau yang  begitu senang menyendiri, akhirnya menjengukku juga," ucap Lala.

Gugun Iguana hanya tersenyum. Lala paham, memang butuh waktu untuk membuat Gugun menjadi lebih baik. Apalagi Gugun Iguana sudah terlalu lama sendiri. Tapi, Gugun sudah mengalami banyak perubahan. Buktinya Gugun mau menjenguk Lala ke rumah. Semoga saja besok Gugun sudah bisa ia ajak bermain bersama-sama.

Pesan moral dari dongeng anak bangsa : iguana penyendiri adalah kita bisa karena terbiasa. Mungkin membiasakan sesuatu memang perlu bantuan dari orang lain. Seperti Gugun yang perlu Lala menjadi temannya. Meskipun dia tidak pernah mengungkapkan itu lewat kata

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.