Dongeng dari Jawa Barat : Purbasari dan Purbararang

Dongeng dari Jawa Barat yang ada di blog dongengceritarakyat.com sangatlah banyak. Semuanya sangat bagus untuk di baca dan di ketahui. Diantara sekian banyak cerita rakyat Jawa Barat, dongeng Purbararang dan Purbasari adalah salah satu yang paling menarik dan terkenal.

Dongeng dari Jawa Barat : Kisah Purbasari dan Purbararang

Dahulu di Jawa Barat, hiduplah seorang raja. Dia mempunyai dua orang putri. Si sulung bernama Purbararang, sedangkan adiknya bernama Purbasari.

Suatu hari, raja memilih Purbasari untuk menjadi ratu. Purbararang merasa iri dan kesal. "Harusnya aku yang menjadi ratu!" kata Purbararang.

Purbararang lalu menyuruh penyihir untuk mengutuk Purbasari. Seluruh tubuh Purbasari penuh dengan bisul berwarna hitam.

"Aku takut penyakit Purbasari akan menular, Ayah. Sebaiknya Ayah usir dia dari istana," kata Purbararang. Akhirnya, raja terpaksa mengusir Purbasari ke hutan.

Selama di hutan, Purbasari berteman dengan banyak hewan. Salah satu temannya adalah seekor lutung. Lutung itu berwarna hitam.

Purbasari memberinya nama Lutung Kasarung. Lutung Kasarung selalu menemani Purbasari ke manapun ia pergi.

Suatu malam, Lutung Kasarung menyuruh Purbasari mandi di sebuah telaga. Purbasari pun menurut.

Ketika sedang mandi, hal ajaib terjadi. Bisul di seluruh badannya tiba-tiba hilang. Kini, Purbasari sudah sembuh. Dia kembali ke gubuknya dengan gembira.

Sesampainya di gubuk, Purbasari terkejut. Dia melihat ada Purbararang di situ. Purbararang kesal karena Purbasari sudah cantik lagi seperti semula.

"Syukurlah penyakit kulitmu sudah sembuh. Tapi, seorang ratu harus memiliki suami yang tampan. Mana calon suamimu?" tanya Purbararang.

Dongeng dari Jawa Barat

Dongeng dari Jawa Barat

Purbasari kebingungan. Lalu, dia menarik Lutung Kasarung, "Ini calon suamiku," kata Purbasari.

Mendengar hal itu, Purbararang tertawa. "Apa? Calon suamimu seekor monyet?" katanya.

Tiba-tiba, Lutung Kasarung berubah menjadi seorang pangeran tampan. Ternyata, selama ini dia juga dikutuk. Kutukannya akan hilang kalau ada putri yang mau menikah dengannya.

Akhirnya, Purbararang meminta maaf pada Purbasari. Purbasari pun mau memaafkan kakaknya. Mereka lalu pulang ke istana dengan bahagia.

Pesan moral dari Dongeng dari Jawa Barat adalah saling menyayangi. Kita harus menyayangi saudara. Dengan kasih sayang, hidup kita menjadi damai dan bahagia.

Baca juga Dongeng dari Jawa Barat terbaik kami lainnya pada posting kami berikut iniĀ Kumpulan Cerita Rakyat Jawa Barat : Sangkuriang dan Lutung Kasarung

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.