Dongeng Cerita Rakyat Legenda Dunia

3904 views

Cerita Rakyat Legenda sudah banyak Kakak posting di blog kesayang kita ini. Namun sebagian besar dari kumpulan cerita legenda tersebut adalah cerita legenda indonesia yang sudah dikenal luas di masyarakat. Malam hari ini cukup spesial karena Kakak akan menceritakan tiga cerita rakyat dongeng Dunia yang cukup populer. Selamat membaca.

Cerita Rakyat Legenda : Asal-Usul Mawar Merah

Koleksi Cerita Rakyat Yunani

Cerita Rakyat Legenda  Asal-Usul Mawar Merah

Cerita Rakyat Legenda Asal-Usul Mawar Merah

Mawar merah melambangkan kasih sayang dan mawar putih melambangkan kesucian. Tapi, dahulu kala semua mawar berwarna putih. Tidak ada mawar yang berwarna merah. Begini kisahnya.

Dahulu kala, semua mawar di dunia berwarna putih. Tidak ada satu pun yang berwarna merah, merah muda, atau kuning.

Suatu pagi, mawar putih kecil bangun dari tidurnya. la melihat matahari memandang dirinya. la tidak tahu mengapa matahari terus memandanginya.

Mawar pun bertanya kepada matahari, "Mengapa engkau terus memandangiku?"

"Karena engkau sangat cantik," jawab matahari.

Mendengar pujian matahari, mawar putih tersipu malu dan bunganya berubah warna jadi merah. Sejak saat itu, mawar putih kecil itu berwarna merah.

Setelah ia dewasa, ia melahirkan anak yang juga berwarna merah. Mereka pun disebut mawar merah. Hingga kini, keturunan mawar itu selalu berwarna merah

Pesan moral dari Cerita Rakyat Legenda : Asal-Usul Mawar Merah adalah jadilah anak yang baik, seindah dan sewangi bunga mawar. Bangunlah pagi agar kamu bisa menikmati sinar matahari yang bagus untuk kulitmu.

Cerita Rakyat Pendek Dari Amerika Serikat : Tikus Rajin Dan Sepupunya Yang

Cerita Rakyat Pendek Dari Amerika Serikat

Cerita Rakyat Pendek Dari Amerika Serikat

Di sebuah padang rumput yang luas, seekor tikus kecil sibuk mengumpulkan kacang tanah.

Kacang tanah dikumpulkannya di atas kulit ular, lalu kulit ular berisi kacang itu dia seret ke dalam sarangnya. Tujuannya, sebagai persediaan makanan pada musim dingin.

Tikus kecil mempunyai sepupu yang suka sekali bernyanyi dan menari. Tapi, ia tidak mau bekerja. Selama musim gugur, ia tidak mau mengumpulkan makanan.

Musim dingin hampir tiba, sepupu tikus kecil tidak punya persediaan makanan sama sekali. la pun mendatangi tikus kecil dan berkata, "Sepupu, aku tidak punya kacang tanah. Sedangkan, musim dingin hampir tiba. Maukah engkau pinjami aku kulit ular untuk mengangkut kacang."

"Mengapa engkau tidak punya kulit ular sendiri? Ke mana saja engkau saat ular berganti kulit?" tanya tikus kecil.

"Aku ada di sini," kata sepupunya.

"Apa saja yang engkau lakukan?" tanya tikus kecil.

"Aku hanya menari dan bernyanyi," jawab sepupunya.

"Sekarang ini, kau kena batunya," kata tikus kecil.

"Kau selalu malas dan gegabah. Tapi, baiklah, aku pinjami kulit ularku. Semoga saja engkau lebih rajin lain kali," kata tikus kecil yang baik hati.

Pesan Moral dari Cerita Rakyat Pendek Dari Amerika Serikat : Tikus Rajin Dan Sepupunya Yang adalah lakukan persiapan yang matang sebelum ujian atau ulangan. Jangan menghabiskan waktu dengan percuma. Pergunakanlah waktumu sebaik-baiknya.

Kisah Malmo, Si T Ikus Yang Terluka (Prancis)

Terjemahan Cerita Legenda Dalam Bahasa Inggris

Terjemahan Cerita Legenda Dalam Bahasa Inggris

Terjemahan Cerita Legenda Dalam Bahasa Inggris

Dahulu kala, di Birmingham, Inggris, hiduplah seorang laki-laki miskin bernama Sam Tills. la hidup seorang diri dalam sebuah gubuk. la juga tidak punya banyak teman. Sam merasa sangat kesepian.

Suatu hari, Sam menemukan seekor tikus putih besar tergeletak di pinggir jalan seperti sudah mati. Saat Sam memeriksanya, ternyata tikus itu masih hidup. Namun, kakinya terluka parah.

Sam membawa tikus itu ke rumahnya. la mengobati kaki tikus yang luka dan memberinya makan hingga tikus itu sehat kembali.

Sejak saat itu, tikus tinggal bersama Sam. Sam memanggilnya Malmo. Sam mengajari Malmo berbagai trik. la juga mengajak Malmo ke tempat kerjanya di pemintalan kapas.

Malmo masuk ke dalam kantung jaket Sam dan memunculkan kepalanya yang putih keluar. Tingkah Malmo lucu sekali sehingga membuat para pekerja di pemintalan kapas gemas melihatnya. Orang-orang jadi bersikap baik pada Sam.

Hari Minggu, Sam berkunjung ke rumah kakaknya. Tingkah Malmo yang lucu memeriahkan suasana.

"Malmo, duduklah di topiku!" perintah Sam. Malmo menuruti perintah tuannya. Semua orang tertawa senang.

"Malmo, ayo kita pulang!" kata Sam. Lalu, Malmo segera masuk ke dalam kantung jaket Sam.

Setibanya di rumah, Sam dan Malmo tidur di ranjang yang sama. Sam membelai bulu Malmo yang halus. "Terima kasih, Malmo. Kini aku tidak kesepian lagi," kata Sam.

Pesan moral dari Terjemahan Cerita Legenda Dalam Bahasa Inggris adalah tolonglah makhluk Tuhan yang sedang kesulitan. Tolonglah orang yang kesusahan tanpa pamrih dan dengan penuh kasih sayang. Kemudian, jadilah anak yang bisa membalas budi.

Baca cerita legenda rakyat lainnya pada artikel kami berikut ini Contoh Cerita Legenda : Asal Mula Nama Irian dan 2 Contoh Cerita Rakyat Legenda Paling Populer Di Nusantara

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.