Dongeng Cerita Hewan : Lebah Pekerja dan Lebah Jantan (FabelYunani)

Advertisements

Dongeng cerita hewan atau yang biasa di kenal dengan Fabel yang berasal dari Yunani cukup banyak. Semuanya memiliki kisah moral terbaik didalamnya. Salah satu yang paling sering kami ceritakan adalah dongeng hewan bergambar kisah antara Lebah Pekerja dan Lebah pejantan. Apakah kalian penasaran dengan cerita fabel bergambar ini. Yuk kita baca bersama-sama.

Dongeng Cerita Hewan (Fabel) : Lebah Pekerja dan Lebah Jantan Pemalas

Kemarin hujan sangat lebat, membuat lebah pekerja ingin membuat rumah baru.

Ya, rumahnya yang lama hampir rusak akibat hujan.

Lebah pekerja siap membuat rumah baru di sebuah dahan ranting. Ia mulai membangun rumahnya. Saat hari beranjak sore, rumah baru Lebah Pekerja selesai.

"Huf... selesai juga rumahku. Akhirnya, rumah yang nyaman bisa kubangun. Semoga bisa tahan dari hujan," ucap Lebah Pekerja.

Advertisements

Lebah Pekerja bergegas kembali ke rumahnya yang lama. Ia mengambil seluruh barang-barangnya. Namun, ketika kembali ke rumah baru, Lebah Pekerja kaget. Di dalam rumahnya sudah ada Lebah Jantan.

"Apa yang kamu lakukan di rumahku?" tanya Lebah Pekerja.

Dongeng Cerita Hewan Fabel Lebah Pekerja
Dongeng Cerita Hewan Fabel Lebah Pekerja

"Ini bukan rumahmu, ini rumahku! Mungkin kamu salah rumah," kata Lebah Jantan, bersikeras mengakui bahwa itu adalah rumahnya.

Tapi Lebah Pekerja sangat yakin, bahwa itu adalah rumah yang baru dibangunnya. Mereka pun berdebat lama. Masing-masing mengakui jika itu adalah rumahnya.

"Baiklah, kita meminta bantuan Hakim Lebah saja. Biar ia yang menentukan, siapa pemilik rumah ini." usul Lebah Pekerja, memberi jalan keluar.

"Siapa takut?" ucap Lebah Jantan, menyetujui usulan Lebah Pekerja.

Advertisements

Mereka lalu terbang menuju rumah Hakim Lebah. Sesampainya disana pun, keduanya masih berdebat memperebutkan rumah. Hal itu membuat Hakim Lebah kesal.

"Antarkan aku ke rumah yang kalian perebutkan," ucap Hakim Lebah.

Hakim Lebah dan kedua lebah yang berseteru itu pun menuju rumah yang diperebutkan. Hakim Lebah memeriksa rumah itu, sambil mencari cara untuk menyelesaikan masalah,

Aha! Hakim Lebah mempunyai ide. Ia meminta kedua lebah itu untuk membuat rumah yang sama. Lebah Pekerja dengan senang hati menyetujui perintah Hakim Lebah, sedangkan Lebah Jantan menolaknya. Seketika, Hakim Lebah tahu bahwa Lebah Jantan telah berbohong.

"Lebah Pekerja, ini adalah rumahmu. Tinggallah di rumah ini dengan nyaman. Dan Lebah Jantan, buatlah rumahmu sendiri. Jangan mengakui apa yang bukan milikmu," ucap Hakim Lebah.

Advertisements

Mendengar keputusan itu, Lebah Jantan menjadi sangat malu. Ia pun mengaku bahwa ia telah berbohong. Lebah Jantan lalu meminta maaf. Ia erjanji, tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Ia juga akan membangun rumahnya sendiri, yang nyaman dan aman.

Hikmah yang dapat diambil dari Dongeng Cerita Hewan : Lebah Pekerja dan Lebah Jantan adalah jangan mengakui sesuatu yang bukan milikmu, ya. Itu sungguh perbuatan yang tidak baik.

Untuk mendapatkan cerita rakyat dan dongeng terbaik dunia lainnya jangan lupa untuk ikuti kami di facebook yah https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.