Contoh Dongeng Anak : Persahabatan Gagak dan Angsa

Contoh dongeng anak yang baik adalah yang mengandung pesan moral didalamnya. Dan perlu kami informasikan bahwa seluruh dongeng anak pendek di blog ini memiliki pesan moral didalamnya. Contoh nya adalah dongeng anak bergambar yang kami posting di malam hari ini. Selamat membaca.

Contoh Dongeng Anak : Kisah Persahabatan Gagak dan Angsa

Di sebuah danau yang sangat indah, hiduplah seekor angsa. Danau itu sangat jernih. Ada banyak makanan di sana. Angsa itu pun bahagia, karena ia tak perlu pergi jauh untuk mencari makanan.

Pada suatu sore yang cerah, Gagak melintas di atas danau itu. Ia pun melihat Angsa yang sedang berdiri di batu tepian danau. Karena merasa penasaran dengan Angsa, ia memutuskan untuk hinggap di salah satu dahan dekat danau.

"Wah, cantiknya Angsa. Andai aku secantik dia, pasti aku sangat bahagia," ucap Gagak.

Angsa yang sedang berdiri itu, melihat bayangan Gagak dari dalam air. Ia pun memanggil Gagak untuk bergabung dengannya.

"Apa yang kau lakukan di sana, Gagak? Kemarilah. Kita bermain bersama," pinta Angsa.

Rupanya, Angsa tak hanya cantik rupanya, namun juga cantik hatinya. Gagak pun terbang mendekat ke Angsa. Mereka lalu main bersama-sama.

Sejak saat itu, Angsa dan Gagak menjadi teman baik. Saking betahnya di danau itu, Gagak menginap di rumah Angsa. Setelah berhari-hari di sana, Gagak merasa rindu dengan saudaranya. Ia ingin pulang ke rumah.

"Aku harus pulang ke rumah. Mungkin keluargaku juga rindu denganku," ucap Gagak.

"Sayang sekali. Padahal, aku sangat senang bisa bermain denganmu. Pasti aku akan merindukanmu Gagak," ujar Angsa dengan sedih.

"Tak usah sedih, Angsa. Kapan-kapan, aku akan main ke rumahmu lagi. Jika kau ingin main ke rumahku pun tak apa. Rumahku ada di ujung hutan ini, Tak sulit menemukannya," jelas Gagak.

Mereka pun berpisah. Angsa melepas kepergian Gagak dengan perasaan berat hati.

Beberapa hari kemudian, Angsa merasa sangat rindu dengan Gagak. Ia pun memberanikan diri terbang melintasi hutan untuk menemui Gagak.

Benar raja, rumah Gagak tak sulit dicari. Kedua burung itu pun melepas rindu. Mereka saling bercerita banyak hal.

Tiba-tiba, Gagak menyadari bahwa ada pemburu yang sedang mengintai mereka. Gagak pun mengeluarkan suara yang sangat sumbang untuk memberitahukan kawanannya. Namun, pemburu yang kaget dengan suara itu, justru tak sengaja mengarahkan senapannya ke Angsa.

Contoh Dongeng Anak : Persahabatan Gagak dan Angsa

Contoh Dongeng Anak

Angsa pun tertembak dan mati. Betapa sedihnya Gagak, karena persahabatannya dengan Angsa justru harus berakhir pada kematian.

Pesan moral dari Contoh Dongeng Anak : Persahabatan Gagak dan Angsa adalah jangan suka mengganggu binatang ya, karena binatang juga ingin hidup bahagia.

Baca juga dongeng anak islami yang pernah kami posting di blog ini serta beberapa dongeng anak sebelum tidur yang lucu

Jangan lupa ikuti kami di facebook yah teman teman https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.