Contoh Contoh Dongeng Fabel Untuk Anak

1504 views

Jika sebelumnya kakak sudah memposting Kumpulan Contoh Dongeng Mite dan Dongeng Parabel, maka kali ini kakak memposting contoh contoh dongeng fabel yang bisa adik-adik ambil hikmahnya. Ceritanya sangat menghibur dan kakak yakin kalian semua akan menyukainya. Tidak perlu lama-lama ini dia kisah lengkapnya.

Kumpulan Contoh Contoh Dongeng Fabel Untuk Anak Indonesia

Hampir semua hewan yang ada di hutan sangat takut kepada harimau. Sebab, harimau memiliki gigi yang tajam, cakar yang kuat, dan tubuh yang gesit. Siapa pun yang berada di dekatnya bisa celaka, apalagi kalau harimau sedang marah.

Suatu hari, harimau berhasil menangkap buruan seekor rusa. Ia menyantap rusa itu dengan begitu lahap. Rusa itu memiliki tubuh yang besar dan daging yang tebal. Saking tebal dan banyaknya daging rusa itu, harimau sampai kekenyangan, padahal dagingnya belum habis. Maka ia pun beristirahat sejenak dan akan meneruskan aktivitas makannya nanti.

Harimau duduk santai di bawah pohon yang rimbun. Ia terkantuk-kantuk karena kenyang. Tidak jauh dari sana, ada seekor rubah yang mengincar hasil buruan si harimau yang belum habis. Si rubah melihat harimau yang terkantuk-kantuk. Ia menanti harimau memejamkan matanya, dan saat itu terjadi ia akan mengambil sisa daging rusa yang tidak dihabiskan oleh harimau.

Mata harimau sudah terlihat terpejam. Rubah pun mulai menghampiri sisa daging rusa dengan mengendap-endap. Namun, rupanya harimau belum tidur sepenuhnya. Pendengarannya yang tajam menangkap suara Iangkah kaki rubah. Ia membuka matanya, dan begitu marah melihat rubah yang hendak mengambil makanan miliknya.

"Berani-beraninya kau mencuri makananku!" seru harimau dengan wajah yang garang.

cerita dongeng rakyat rubah dan harimau

cerita dongeng rakyat rubah dan harimau

Rubah terperanjat. Ia tidak menyangka bahwa ternyata harimau belum tidur sepenuhnya. Ia merasa nyawanya sedang terancam. Namun, sebuah ide cemerlang terbersit dalam benaknya. Ia akan melakukan sesuatu untuk menyelamatkan diri dari bahaya itu.

Rubah berusaha memasang tampang garang, lalu berseru keras kepada harimau. "Berani-beraninya kau menuduhku pencuri! Aku adalah hewan yang paling ditakuti di hutan ini! Tidak mungkin aku mencuri!"

Harimau kaget melihat sikap harimau yang tidak kalah garang. Biasanya, hewan lain  akan langsung lari terbirit-birit jika mendengar auman dan ancaman harimau. Tapi rubah itu malah balik mengancam si harimau.

"Kau hewan yang paling ditakuti?" tanya harimau, bingung. "Itu tidak mungkin! Akulah hewan yang paling ditakuti oleh hewan-hewan lain! Setiap kali melihatku, mereka akan lari pontang-panting menghindariku!"

"Haha... bodoh sekali kalau kau tidak percaya," seru Rubah. "Sekarang ayo ikut aku! Aku akan membuktikan omonganku tadi!"

Tanpa menunggu jawaban harimau, Rubah berjalan ke sisi hutan lainnya sambil mendongakkan kepala, penuh percaya diri. Harimau sungguh heran dengan sikap si rubah. Ia merasa sangat penasaran dan karena itu mengikuti rubah.

"Bukti apa yang akan ia tunjukkan?" batin harimau, penasaran.

Tidak lama kemudian, sampailah mereka di sebuah sungai. Sekelompok kecil rusa sedang asyik meminum air di situ. Melihat kehadiran harimau, mereka Iangsung lari terbirit-birit. Pergi sejauh-jauhnya dari hadapan harimau. Takut dengan harimau yang garang itu.

"Nah, lihatlah, rusa-rusa itu lari setelah melihatku datang," Rubah mengaku-ngaku. "Ini adalah salah satu bukti bahwa aku adalah hewan yang ditakuti di hutan ini!"

Contoh Contoh Dongeng Fabel Untuk Anak

Contoh Contoh Dongeng Fabel Untuk Anak

Harimau merasa bingung sekaligus terpukau. Ia melihat dengan mata kepala sendiri bahwa rusa-rusa itu memang kabur dengan panik ketika mereka berdua datang. "Wah, ternyata benar apa yang dikatakan oleh si Rubah," batin Harimau.

"Ayo ikuti aku lagi!" ajak Rubah. Lagi-lagi ia berjalan dengan langkah jumawa. Dada membusung, dan kepala mendongak. Bukan main, sikapnya benar-benar tampak seperti jagoan sejati. Hal ini membuat harimau semakin terpukau.

Setelah beberapa lama, mereka bertemu dengan sekelompok monyet yang sedang bermain-main. Monyet-monyet itu langsung membubarkan diri dan kabur tunggang-langgang begitu melihat harimau. Mereka menjerit ketakutan.

"Lihatlah! Lihatlah!" seru Rubah sambil tertawa bangga. "Begitu melihatku datang, mereka ketakutan dan langsung kabur!"

Harimau hanya terpana, masih terkejut dengan peristiwa yang baru saja dilihatnya.

"Bagaimana, apa sekarang kau sudah percaya bahwa aku adalah hewan yang paling ditakuti di hutan ini? Kau sudah melihat sendiri buktinya, bukan?" tanya Rubah.

Awalnya Harimau sama sekali tidak percaya dengan perkataan rubah. Namun, Ia mulai berubah pikiran setelah melihat dua peristiwa yang dilihatnya. Ia tidak tahu bahwa sebenarnya kelornpok rusa dan monyet itu kabur karena melihat dirinya, bukan karena melihat si rubah. Ya, kenyataannya sosok yang ditakuti oleh rusa, monyet, serta hewan-hewan lainnya bukanlah Rubah, melainkan si Harimau.

"Iya, aku percaya," harimau mengangguk-angguk. "Aku minta maaf ya karena tadi telah menuduhmu sebagai pencuri. Sebelumnya aku tidak tahu bahwa kamu adalah hewan yang paling ditakuti. Seharusnya aku tadi menghormatimu. Maafkan aku atas kelancanganku tadi."

Dalam hati, Rubah girang bukan kepalang. Strateginya berhasil. Namun, ia berusaha memasang tampang yang biasa-biasa saja supaya Harimau tidak curiga.

"Baiklah, aku memaafkanmu," jawab Rubah dengan penuh wibawa. "Tapi, lain kali kau jangan mengulanginya lagi. Nah, sekarang pergilah! Aku mau bersantai dan tidak mau diganggu!"

Harimau mengangguk dengan penuh hormat, lantas pergi dari hadapan Rubah. Setelah harimau hilang dari pandangan, Rubah Iangsung tertawa terbahak-bahak.

cerita dongeng binatang rubah dan harimau

cerita dongeng binatang rubah dan harimau

"Aduh, hampir saja tadi aku gagal menahan tawaku, hahaha...," kata Rubah. "Harimau itu bodoh sekali! Hahaha.... Karena kebodohannya itu, aku bisa memperdayainya sehingga aku bisa selamat dari ancamannya. Hahaha...."

Hikmah dari Contoh Contoh Dongeng Fabel Untuk Anak adalah

Orang bodoh adalah orang yang sangat merugi, sebab ia mudah diperdaya oleh orang lain. Karena itu, kita harus belajar yang rajin serta banyak membaca supaya terhindar dari kebodohan.

Temukan cerita dongeng pendek terbaik lainnya pada artikel berikut ini cerita dongeng Indonesia

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.